6 Cara Alami Mengobati Kenaikan Asam Lambung

Ketika asam lambung naik, perut terasa kembung dan perih apalagi setelah makan siang. Penyakit asam lambung tinggi atau maag dapat dipicu oleh makanan yang tinggi lemak dan memiliki pH yang tinggi. Jadi, untuk mencegah gangguan perut ini seharusnya memilih jenis makanan yang dikonsumsi.


6 Cara Alami Mengobati Kenaikan Asam Lambung
Asam lambung sangat diperlukan dalam sistem pencernaan, untuk mematikan bakteri yang masuk ke tubuh bersama makanan. Fungsi lainnya adalah menormalkan kadar gula dan menstimulasi produksi enzim pencernaan. Makanan yang masuk harus bertemu dengannya, sebelum darah mengedarkan nutrisi. Artikel lainnya tentang 5 Cara Efektif Mengatasi Kepikunan Dini

Penyebab penyakit maag

Gangguan ini biasanya disebabkan sering terlambat makan, pola makan tidak teratur, dan stres.

Gejala sakit maag seperti bau nafas kurang sedap, sakit tenggorokan, perut terasa kembung, dan tubuh tidak bersemangat.


6 Cara Alami Mengobati Kenaikan Asam Lambung


Banyak orang memilih obat-obatan golongan antasida ketika maag kambuh. Padahal, obat jenis ini hanya bersifat pereda sementara. Sedangkan menggunakan obat alami dibolehkan, asalkan berhati-hati supaya tidak terkena infeksi.

1. Buah Apel

Makan dua buah apel setiap hari dapat meredakan sakit maag. Buah ini bekerjasama dengan enzim dalam tubuh untuk mengontrol produksi asam lambung.

2. Makanan yang kaya vitamin B


Vitamin B2 dan B6 dapat menekan tingkat produksi asam lambung. Konsumsi vitamin B juga dianjurkan bagi ibu hamil untuk mencegah gangguan maag yang biasanya menyerang selama masa kehamilan. Vitamin ini banyak ditemukan pada bayam, kacang-kacangan, tuna, salmon, dan ikan sarden.

3. Buah Pisang

Kalium di dalamnya diperlukan oleh tubuh untuk mengontrol produksi asam lambung. Buah pisang juga meningkatkan produksi lendir di dalam perut sehingga mengurangi tingkat asam lambung. Konsumsi buah ini sebelum makan.

4. Jahe

Zat penting yang terdapat di dalamnya dapat mengatasi sakit perut atau rasa tidak nyaman akibat asam lambung naik.

5. Minum Susu Segar

Susu segar kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk mengurangi kadar asam lambung.

6. Teh hitam

Pilihlah sesuai selera, teh hitam atau hijau. Minuman teh mengandung senyawa tertentu yang dapat menenangkan kenaikan asam lambung dengan relatif cepat. Minumlah teh hangat, bukan teh panas.

Tips mencegah maag kambuh


Asam lambung sangat penting di dalam sistem metabolisme tubuh. Produksi terlalu rendah dapat memicu penyakit yang serius, produksi berlebihan akan menimbulkan maag. Di bawah ini beberapa tips untuk mencegah penyakit maag agar tidak kambuh:

Atur pola makan

Makanan merupakan pemicu paling utama masalah lambung dan usus. Buatlah jadwal waktu makan dan sesuaikan porsi dengan aktivitas harian. Kurangi beberapa jenis makanan seperti sambal, makanan yang terlalu asam, dan gorengan. Hindari konsumso minuman bersoda ataupun kafein tinggi. Hindari makan secara berlebihan, minum es setelah konsumsi karbohidrat. Jauhi diet yang tidak sehat, penuhi asupan nutrisi yang seimbang.

Lakukan gaya hidup sehat

Kurangi kebiasaan buruk, lakukan olahraga ringan dengan rutin selama 20 menit tiap hari. Perbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi yang dapat memicu kenaikan asam lambung. Atur waktu tidur dan hindari stres.

Itulah penyebab, gejala, dan cara mengobati penyakit maag secara alami. Kelebihan menggunakan bahan alami adalah terhindar dari efek penggunaan bahan kimia. Obat maag yang beredar di pasaran hanya mampu untuk meredakan sementara, tidak mengobati penyakit maag. Cara alami lebih baik, jika pasien berada di tahap gejala ataupun maag ringan Cara tersebut cocok untuk mengatasi penyakit maag yang belum terlalu parah. Bagi pasien maag kronis dan sangat parah, sebaiknya hubungi dokter Anda.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Cara Alami Mengobati Kenaikan Asam Lambung"

Posting Komentar