9 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit wajah berminyak tentu membuat pemiliknya merasa risih dan tidak nyaman. Setelah berhias selama berjam-jam di salon kecantikan, dalam sekejap cuaca panas merusak make-up. Wanita pasti jengkel dengan situasi ini, riasan wajah menjadi berantakan gara-gara minyak yang berlebihan.

9 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak
foto: holisticvanity.ca

Kini, banyak produk kosmetik yang mampu mengurangi produksi kelenjar minyak. Namun, penggunaan bahan alami tentu lebih aman dan tidak berdampak buruk terhadap kesehatan dalam jangka panjang.


9 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak


1. Buttermilk

Celupkan kapas ke dalam buttermilk, kemudian olesi wajah dengannya. Diamkan selama sekitar ¼ jam sebelum dibilas menggunakan air hangat.

2. Bengkoang

Haluskan bengkoang ke dalam blender, setelah dicuci. Aplikasikan pada wajah sebagai masker, sebelum tidur malam. Masker ini dapat mengurangi minyak di wajah, serta mengecilkan pori-pori kulit.


3. Jeruk Nipis

Peras jeruk nipis yang telah dipotong-potong, gunakan wadah untuk menampung airnya. Oles wajah Anda menggunakan air jeruk nipis dengan merata, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan secara rutin cara ini setiap hari.

4. Pisang, madu, dan susu

Tumbuk buah pisang atau haluskan menggunakan blender, tambahkan madu dan susu. Terapkan sebagai masker wajah selama sekitar 30 menit, bilas wajah dengan air hangat kemudian air dingin. Lakukan perawatan wajah ini setiap minggu dua kali.

5. Putih telur

Terapkan putih telur pada wajah, sebagai masker alami. Biarkan melekat selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan rutinitas ini menjelang tidur malam.

6. Daun Seledri

Setelah dipotong-potong, rebus daun seledri ke dalam air mendidih selama beberapa saat. Gunakan airnya untuk mencuci wajah Anda, selagi hangat. Biarkan airya kering di wajah selama beberapa menit, bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini setiap hari.

7. Mentimun

Haluskan mentimun ke dalam blender, terapkan sebagai masker selama sekitar ½ jam. Basuh dengan air bersih. Lakukan perawatan setiap seminggu, sebanyak 2 kali.

8. Kentang

Kentang diiris-iris tipis, gunakan tiap irisan untuk menggosok kulit wajah. Setelah merata, biarkan airnya kering dengan sendirinya. Terakhir, gunakan air hangat untuk mencuci wajah.

9. Air Garam

Tuangkan garam ke dalam air hangat, gunakan untuk mencuci wajah Anda. Lakukan dengann rutin, untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah.


Tips Agar wajah bebas minyak secara alami



  • Cuci wajah Anda minimal sebanyak dua kali dalam sehari. Rajin mencuci wajah setiap saat akan membersihkan debu dan partikel lainnya, yang dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.
  • Sesekali cobalah menggunakan exfoliator kulit, lakukan pengelupasan kulit untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan minyak wajah.
  • Perbanyak mencuci wajah menggunakan air hangat. Cara ini lebih efektif dibandingkan dengan membasuh dengan air dingin.
  • Cobalah kosmetik perawatan wajah yang memiliki formulasi khusus untuk tipe kulit berminyak.
  • Kurangi penggunaan kosmetik cair. Jika terpaksa memakainya, pilih yang diformulasikan khusus untuk wajah berminyak. Makeup cair memiliki dampak buruk seperti menyumbat pori-pori kulit, sehingga dapat menimbulkan jerawat.
  • Penerapan masker wajah yang terbuat dari lumpur atau tanah liat dapat dilakukan, dua kali dalam seminggu. Masker ini juga berguna untuk menghaluskan kulit dan membuatnya lebih segar.
  • Hindari produk kosmetik yang rentan menyebabkan iritasi pada wajah.

Itulah ramuan alami untuk mengatasi kulit berminyak, dan Tips agar wajah bebas minyak dengan cara alami. Silahkan mencoba beberapa tips di atas dan memilih salah satu cara alami yang mudah dilakukan di rumah.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak"

Posting Komentar