6 Manfaat Buah Carica Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Buah carica memiliki rasa asin dan segar, sangat sulit ditemukan di toko buah ataupun supermarket. Sekilas buah carica mirip dengan pepaya. Namun carica hanya tumbuh di dataran yang sangat tinggi seperti Dieng, atau sebagian tempat di Bali. Buah Carica (Carica pupescens) juga mengandung enzim papain yang dapat diserap oleh tubuh dengan baik, sehingga sangat berpengaruh terhadap produksi hormon pertumbuhan manusia.


Manfaat Buah Carica Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
Menurut sebuah penelitian, buah carica mengandung zat arginin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Buah carica juga memiliki antiseptik yang mencegah perkembangan bakteri merugikan di usus, serta menjaga tingkat keasaman di usus sehingga flora usus dapat normal kembali.

Fakta Nutrisi buah carica

Vitamin C yang terdapat di dalam buah carica lebih tinggi dibandingkan buah jeruk, vitamin A yang dimiliki oleh buah ini lebih banyak dibandingkan wortel. Di samping itu, buah carica juga dilengkapi dengan vitamin E dan B kompleks. Nutrisi lain yang terdapat di dalam buah Carica seperti serat, dan kalsium.


6 Manfaat buah carica bagi kecantikan dan kesehatan


Berbagai jenis makanan dapat diolah dari buah ini, seperti selai, sirup, manisan, ataupun dodol. Carica merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti di bawah ini:

1. Menyehatkan organ mata

Vitamin A yang berlimpah di dalam buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Jika Anda kurang menyukai wortel, buah ini dapat menjadi alternatif lain untuk mendapatkan asupan vitamin A.

2. Untuk mengobati penyakit kulit


Di Amerika, Carica telah digunakan sebagai obat penyakit kulit dalam bentuk kemasan. Hal ini terkait zat penting yang terkandung di dalamnya.

3. Sebagai bahan kosmetik dan perawatan kulit

Khasiat buah carica lainnya adalah membantu produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen efektif dalam menjaga kelembaban kulit, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus di wajah.

4. Mengobati rabun senja

Vitamin A yang ada di dalam buah carica diyakini mampu mengatasi penyakit rabun senja. Manfaat ini merupakan salah satu alas an warga Wonosobo untuk makan buah ini.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Buah Carica kaya akan vitamin C dan serat, keduanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Di Wonosobo, buah ini sering dimakan dalam keadaan mentah untuk mendapatkan manfaat tersebut.

6. Meningkatkan metabolisme

Buah carica mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin, kalsium, dan serat. Semua nutrisi ini membantu menguatkan fisik tubuh dan mencegah bakteri ataupun virus. Terlebih vitamin B kompleks yang ada di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Fakta mengenai Buah Carica


Buah ini sering juga dikenal dengan Pepaya Gunung, meskipun bukan termasuk jeni pepaya. Pohon carica hampir sama dengan pohon pepaya. Warna buah dan dagingnya kuning terang berbeda dibandingkan pepaya. Biji buah lebih kecil dibandingkan biji buah Pepaya, mirip biji Markisa yang berlendir. Sebelum dikonsumsi, buah ini harus dicuci sebanyak 3 kali atau lebih, untuk menghilangkan getah yang tebal. Ketika mencuci buahnya dengan air, orang biasanya menggunakan sarung tangan untuk menghindari terkena getah. Getah buah ini dapat menyebabkan gatal-gatal dan iritasi jika mengenai kulit, atau bibir.

Untuk mendapatkan buah ini, silahkan berkunjung ke Dieng. Di sana Anda dapat mengetahui proses pengolahan buah ini, hingga menjadi produk yang siap di pasarkan ke berbagai wilayah termasuk luar negeri.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Manfaat Buah Carica Untuk Kecantikan Dan Kesehatan"

Posting Komentar