7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami

Rambut kering, kusam dan mengembang menjadi masalah tersendiri bagi banyak wanita. Menggunakan produk kecantikan dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik di kemudian hari. Cara mengatasi rambut kasar, bercabang dan mudah rontok, tidaklah terlalu sulit seperti yang dilakukan oleh banyak wanita. Kali ini kita akan memberikan tips mengenai masalah ini, termasuk cara melembabkan rambut yang kering.

7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami
Penyebab rambut kering dan sulit diatur


  • Menggunakan cat warna rambut secara berlebihan.
  • Penggunaan hairspray ataupun produk kecantikan yang mengandung bahan kimia.
  • Sering terkena paparan sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.
  • Sering menggunakan alat catok ataupun hairdryer untuk menata rambut.
  • Terkena polusi udara.
  • Penggunaan shampo yang tidak cocok dengan jenis rambut.
  • Memanaskan rambut menggunakan hair dryer setelah keramas dengan segera.


7 Cara Merawat rambut bercabang dan rontok secara alami


1. Hindari tidur dengan rambut terikat

Kebiasaan sebagian orang yang berambut panjang saat tidur mereka mengikat rambutnya agar nyaman padahal hal ini akan menyebabkan rambut anda cepat rusak dan kering. JIka memang anda ingin tidur uraikan nama anda dan biarkan tanpa ikatan. selain itu usahakan rambut panjang anda tidak terikat secara keras jika memang masih berkeringat biarkan keringatnya hilang baru anda mengikat dengan perlahan.

2. Gunakan minyak zaitun


Salah satu manfaat minyak zaitun bagi rambut adalah memberi kelembaban. Hangatkan minyak zaitun dengan microwave, kemudian oleskan pada rambut yang telah basah. Biarkan minyak zaitun menempel di rambut selama 5 menit, sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Hindari penggunaan hair dryer terlalu sering

Panas yang timbul dari alat pengering rambut dapat merusak rambut. Hindari pemakaian alat catok, dan pemanas lainnya secara berlebihan. Alat-alat tersebut akan menyebabkan rambut kering dan rontok. Gunakan cream penata rambut anti panas ketikan meluruskan rambut atau mencatok.

4. Hindari mencuci rambut menggunakan air panas

Bagi sebagian wanita, mandi menggunakan air hangat sangat menyenangkan. Tapi jangan gunakan air ini untuk mencuci rambut anda. Rambut akan kehilangan nutrisi akibat dicuci dengan air panas. Biasakan keramas menggunakan air dingin, agar rambut tidak tersiksa.

5. Jangan mencuci rambut setiap hari

Untuk mempertahankan kelembaban rambut, hindari keramas setiap hari. Kelenjar minyak di kulit kepala berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut. Bagi sebagian wanita yang memiliki kandungan minyak sedikit di kulit kepalanya, sebaiknya mencuci rambut setiap 2 atau 3 hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah rambut menjadi kusam, kering, bercabang dan rontok.

6. Hindari kebiasaan menggosok rambut menggunakan handuk

Terutama bagi wanita dengan rambut panjang, mereka sering menggosok-gosok rambut dengan handuk supaya cepat kering setelah keramas. Gesekan antara rambut dengan handuk, ataupun antar rambut, akan merusak lapisan luar pada rambut. Kebiasaan ini dapat menyebabkan rambut kering, rusak dan mudah rontok. Untuk menghindari kerusakan rambut, gunakan handuk lembut kemudian cukup dengan meremas-remas rambut seperlunya.

7. Berhenti untuk pergi ke salon kecantikan sementara waktu

Jika anda sering pergi ke salon kecantikan untuk merawat rambut, sebaiknya hentikan sejenak aktivitas ini. Tindakan ini bertujuan untuk memberi waktu istirahat bagi rambut dari berbagai alat kecantikan yang memiliki dampak kurang baik terhadap rambut. Anda akan terhindar dari efek samping penggunaan alat pengering, pelurus rambut, hair dryer, dan berbagai bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan rambut dalam jangka panjang. Cobalah untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat rambut anda. Anda bisa menggunakan alpukat, buah lemon, atau lainnya. Rambut akan mengalami metamorphosis akibat penggunaan bahan alami yang aman dan tidak berisiko.

Itulah cara merawat rambut rontok atau bercabang. Simak juga Cara Merawat Rambut Keriting Dengan Smoothing Yang Awet! Dengan mengikuti perawatan mudah ini, semoga meningkatkan kecantikan rambut Anda.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami"

Posting Komentar