11 Manfaat Daun Simpur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Mungkin sedikit orang yang mengenak tanaman simpur. Padahal di daerah tertentu, daunnya sering digunakan sebagai bungkus nasi. Nasi akan menjadi harum, jika dibungkus dengan daun sempur. Tapi tahukah anda, tanaman perdu ini ternyata berguna untuk kesehatan kita? Ya, beberapa penyakit dapat diobati menggunakan kayu atau bagian tumbuhan lainnya.

11 Manfaat Daun Simpur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Bunga simpur sering juga disebut sempur atau simpu, merupakan tumbuhan yang biasanya tumbuh di rawa atau dataran rendah yang banyak air. Ukuran batang pohon cukup besar, dengan tinggi tanaman mencapai sekitar 15 meter.

Pohon simpu memiliki banyak cabang, yang dapat digunakan sebagai kayu bakar. Meskipun kuat, tapi kayu simpur biasanya bengkok. Jadi, jarang dipakai sebagai bahan bangunan.

Kulit pohonnya tebal, retak-retak, warnanya coklat bercampur merah atau abu-abu. Kulit batang ini mengandung getah cair. Ukuran daunnya lebar, dengan tangkai bersayap tidak ada penopang.

Ciri-ciri tanaman simpur yang mudah dikenali adalah bunganya yang tumbuh di ujung ranting, dengan sepal bulat berwarna hijau kekuningan. Mahkota bunga memiliki bentuk oval, dengan warna putih.

Ketika buahnya membuka, maka bentuknya mirip dengan bintang. Rasa buah ini agak masam, tapi dapat dikonsumsi dengan aman.

Dalam bahasa latin, tanaman simpur disebut Dillenia indica masih tergolong keluarga dilleniaceae. Tumbuhan ini berasal dari Indonesia, kemudian menyebar ke segala penjuru dunia termasuk India dan Vietnam.


11 Manfaat Daun Simpur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Banyak cara untuk mengobati penyakit tertentu, salah satunya menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar kita. Demikian pula daun simpur, ternyata dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati beberapa macam penyakit. Berikut ini adalah khasiat daun simpur untuk kesehatan tubuh:

1. Mengobati panas dalam


Tumbuhan dillenia indica juga efektif sebagai obat panas dalam. Jadi, tak perlu cemas saat gangguan kesehatan ini menyerang.

2. Mengontrol kadar gula darah

Simpur sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, sehingga kadar gula dalam darahnya tidak melonjak.

3. Mengatasi radang usus

Jika anda mengalami peradangan pada usus, atasi dengan tanaman simpur. Pengobatan dengan rutin dapat meredakan gangguan cerna yang satu ini.

4. Sebagai obat sariawan dan bibir kering

Salah satu gejala kekurangan vitamin C adalah timbulnya sariawan pada mulut. Nah, simpur merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kondisi buruk ini.

5. Membantu mengobati leukemia

Daun simpur bersifat anti-leukemia, sehingga sangat membantu dalam penyembuhan terhadap penyakit ini.

6. Mengobati diare dan demam

Dengan rutin minum jus simpur dapat meredakan diare, serta menurunkan demam pada anak kecil.

7. Meredakan rematik

Ekstrak sempur dapat mengurangi nyeri yang disebabkan oleh gejala rematik.

8. Mengobati penyakit kulit

Bunga simpur ternyata mampu untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Tentu saja, digunakan sebagai obar luar saja.

9. Sebagai obat flu dan pilek

Ekstrak kayu simpur dalam bentuk bubuk, berguna untuk meredakan gejala pilek dan gangguan pernafasan.


Manfaat Tanaman Simpur Untuk Kecantikan


10. Menghilangkan ketombe dan kutu rambut

Simpur dapat digunakan sebagai obat luar untuk membasmi ketombe dan kutu rambut.

11. Sebagai pencuci rambut

Kayu simpu juga dapat digunakan sebagai shampo untuk membersihkan rambut anda.

Cara menggunakan

Cukup dengan merebus kayu simpur, daun, atau bunganya bersama air secukupnya. Air ini dapat diminum setelah dingin. Untuk takaran, silahkan konsultasi dengan herbalis di kota anda.

Nah, itulah 11 manfaat daun simpur untuk kesehatan tubuh. Mungkin masih banyak khasiat daun simpur lainnya, yang belum disebutkan. Anda dapat menambahkan di kolom komentar, sesuai pengalaman anda dengan tumbuhan ini. Simak juga: 14 manfaat daun saga bagi kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Manfaat Daun Simpur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar