9 Manfaat Kemiri Untuk Mengobati Penyakit Secara Alami

Kemiri (Aleurites moluccana) punya banyak andil di dunia kesehatan, terkait nutrisi di dalam buahnya. Terlebih manfaatnya bagi kecantikan rambut, cukup terkenal dan tidak diragukan lagi. Jangan heran jika kemiri punya kekerabatan yang dekat dengan singkong, karena Anda belum melihat wujud tanaman ini.

Fakta nutrisi Kemiri

Buah kemiri tidaklah asing sebagai bumbu masak. Demikian pula, minyak kemiri sangat berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan rambut. Baca: 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami!

Nutrisi yang terdapat di dalamnya seperti saponin, dan polifenol, flavonoida, lemak, protein, dan karbohidrat. Mineral penting seperti fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium. Berbagai vitamin seperti vitamin A, folat, vitamin B1, dan fitosterol penghambat kolesterol.


9 Manfaat Kemiri Untuk Mengobati Penyakit Secara Alami


1. Mengobati sulit tidur (Insomnia)

Ketika Anda mengalami gangguan tidur sehingga begadang tiap malam, cobalan minyak kemiri. Zat benama melatonin yang ada di dalam minyak ini dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga mudah untuk tidur lelap. Pola tidur yang teratur dan berkualitas merupakan salah satu syarat hidup sehat. Baca: Tips Efektif Melenyapkan Insomnia Dengan Mudah!

2. Membantu mengobati wasir

Ambeien dapat menyebabkan berak mengeluarkan darah. Untuk mengatasi masalah ini secara tradisional dapat digunakan 20gr kulit pohon kemiri. Rebus bersama 400cc air, sampai airnya berkurang setengah dari semula. Minum airnya selagi masih hangat.

3. Mengobati Sariawan dan sakit gigi


Bibir pecah-pecah akibat sariawan dapat diobati dengan getah pohon kemiri. Caranya dengan mengelupas kulit batang kemiri, sehingga getahnya mengalir. Campur dengan santan kelapa, oleskan ke mulut yang retak.

Sedangkan untuk mengobati sakit gigi, caranya tidak berbeda. Ambil kapas untuk dibasahi dengan getah kemiri, tempelkan pada gusi yang terasa nyeri selama 10 menit. Ganti dengan kapas baru, ulangi hingga beberapa kali.

4. Meredakan demam pada anak

Untuk mengobati demam secara alami, rebus 15gr akar pulutan yang dicampur dengan beberapa tetes minyak kemiri. Minum obat alami ini selagi hangat.

5. Mengatasi infeksi oleh jamur

Jamur memiliki peluang untuk berkembang di berbagai media hidup, termasuk di kulit tubuh. Salah satu infeksi yang sering terjadi adalah panu, di mana penderita merasa risih dan minder. Untuk mengatasi masalah kulit ini, cukup dengan mengoleskan minyak kemiri ke area kulit yang timbul bercak-bercak putih atau hitam. Lakukan perawatan ini dengan rutin setiap hari.

6. Mengobati Diare

Untuk mengobati diare, sediakan 20gr kulit pohon kemiri yang langsung diambil dari pohonnya. Setelah dicuci, tumbuk sampai halus. Rebus bersama 600cc air hingga airnya tinggal separuh, kemudian saring. Minum airnya setiap pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak 150cc air.

7. Terkena racun serangga

Gigitan serangga dapat menimbulkan gatal dan rasa panas pada kulit. Kemiri dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Sediakan kunyit sebesar kelingking dan 2 biji kemiri. Kedua bahan dipanggang, kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan pada area tubuh yang terasa panas akibat gigitan serangga.

8. Mengatasi masalah sembelit

Kekurangan asupan serat dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti sembelit. Untuk mengatasi masalah ini, ada obat alternatif yang alami yaitu menggunakan ramuan alami. Sediakan 1 biji kemiri, 5gr pulasari, 2 siung bawang merah, 10gr kayu manis, ½ sdt garam, 30gr daun urang-aring, dan ½  sdt adas. Semua bahan ditumbuk sampai halus, kemudian rebus bersama 800cc air hingga airnya berkurang setengahnya. Minum ramuan ini ketika pagi dan sore hari, masing-masing 200cc air.

9. Meredakan rasa pegal

Minyak kemiri dapat berfungsi sebagai obat gosok, tak ubahnya minyak kayu putih. Minyak alami ini efektif dalam menghilangkan rasa pegal, serta meredakan masuk angin. Cukup dengan mengoleskan ke kulit tubuh.

Itulah 9 Manfaat minyak kemiri dan ramuan herbal dengannya. Kini Anda bahwa minyak ini tidak hanya berkhasiat untuk merawat rambut rontok, atau sekedar sebagai bumbu dapur.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Manfaat Kemiri Untuk Mengobati Penyakit Secara Alami"

Posting Komentar