17 Manfaat Buah Bligo Atau Kundur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Buah kundur atau bligo sering diolah sebagai manisan yang disebut sukade. Sedangkan di Pakistan, bligo digunakan sebagai bahan makanan yang disebut petha. Di balik semua itu, buah kundur ternyata mengandung berbagai gizi dan nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

17 Manfaat Buah Bligo Atau Kundur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Nama latin untuk tanaman beligo adalah benincasa hispida, cucurbita hispida, benincasa cerifera, atau lagenaria dasystemon. Tumbuhan ini tergolong famili cucurbitaceae dan memiliki nama lain seperti kundo, lela, gundur, komelingan, dan kundus. Orang India biasa menambahkan buah ini bersama curries.

Jika tidak dikupas kulit luarnya, buah bligo akan awet selama setahun. Hal ini disebabkan oleh lapisan lilin yang mencegahnya dari serangan mikro-organisme pembusuk. Jadi wajar jika orang luar negeri menyebutnya labu berlilin.

Kandungan bligo

Buah kundur mengandung nutrisi gizi dan non gizi seperti protein, thiamin, vitamin C, karbohidrat, alkaaloid kukurbitina, minyak lemak, asam nikotinat (niasin), riboflavin, vitelin, asam resin, miosina, dan cucurbitacin. Senyawa penting yang terdapat di dalamnya termasuk tannin, poliffenol, saponin, dan flavonoida. Senyawa ini bersifat antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas.


17 Manfaat Buah Bligo Atau Kundur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Efek farmakologis terdapat di dalam bligo seperti diuretic, ekspektoran, dan haemostatic. Berbagai zat penting yang ada di dalamnya, membuatnya efektif untuk melawan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang mampu diobati oleh buah kundur:

1. Mengontrol kadar kolesterol


Buah kundur diperkaya dengan serat tapi rendah kalori. Serat yang berlimpah di dalamnya berguna untuk membantu penyerapan lemak berlebih, dan mengikatnya sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh.

2. Membantu pengobatan beri-beri

Buah bligo kaya akan kalium tapi rendah sodium, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita beri-beri.

3. Menurunkan kadar gula darah tinggi

Serat dalam bligo juga membantu penyerapan karbohidrat. Zat fitokimia di dalam buah ini berperan dalam mengontrol kadar insulin, sehingga kadar gula darah tidak melonjak.

4. Mengobati edema

Penumpukan cairan dengan tidak normal pada jaringan tubuh, dapat menyebabkan bengkak pada kaki. Kondisi medis ini disebut edema. Nah, secangkir jus bligo yang dikonsumsi tiap hari dapat mencegah gejala edema.

5. Mencegah risiko kanker

Bligo dilengkapi dengan vitamin C dan senyawa molybdenum yang bersifat antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas dan zat karsinogen penyebab kanker.

6. Mengobati radang lambung dan usus

Buah kundur memiliki sifat anti ulcerogenik yang mampu menenangkan peradangan usus akibat panas dalam, dan mencegah radang lambung yang dipicu oleh stres.

7. Mengatasi sembelit

Kandungan serat dan air yang melimpah dalam buah kundur berguna untuk melancarkan pergerakan makanan di dalam usus, sehingga konstipasi dapat dicegah.

8. Menjaga kesehatan ginjal

Studi oleh institute of feed and food, menemukan fakta bahwa ekstrak bligo ternyata mampu mencegah kerusakan ginjal dan mengurangi kadar kreatinin.

9. Mencegah dehidrasi

Produksi keringat akan meningkat setelah beraktivitas berat dan saat cuaca panas. Kondisi ini rentan dengan risiko dehidrasi, sehingga tidak jarang menimbulkan gangguan kencing. Dengan mengkonsumsi jus bligo, kadar air dalam tubuh dapat dikontrol sehingga sekresi urin menjadi lancar.

10. Mengeluarkan toksin dalam tubuh

Dengan rutin minum jus buah kundur, maka racun yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan atau udara dapat dinetralisir.


Manfaat Bligo Untuk Kecantikan


11. Menurunkan berat badan

Bagi pelaku diet, buah kundur merupakan makanan sehat yang dapat dimasukkan ke dalam menu harian. Hal ini karena rendahnya kalori di dalamnya, serta serat dalam jumlah tinggi. Baca: 7 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Yang Aman

Ramuan herbal menggunakan buah kundur

12. Mengatasi disentri dan sakit perut akibat panas dalam

Siapkan 10 buah adas, buah bligu, 1 sdt madu, dan sedikit bubuk kayu pulosari. Kukus semua bahan, atau diolah menjadi minuman. Minum 1 sdm airnya dengan rutin selama 4 hari.

13. Menumpas cacing pita

Bligo ternyata juga efektif untuk mengobati penyakit cacingan yang disebabkan oleh cacing pita.

14. Mengobati radang paru-paru

Sediakan 4 gram biji bligo, 4 gram temu lawak, 5 gram temu putih, 1 gram buah kemukus, dan 4 gram kunyit. Bahan tersebut diolah menjadi minuman, tambahkan 10 ml air. Minum 100 ml airnya setiap hari selama 2 minggu,

15. Meredakan batuk berdahak

Untuk menghentikan batuk berdahak, tumbuk 15 gram biji bligo sampai lembut. Rebus bersama air, tambahkan gula aren, Saring kemudian minuam airnya.

16. Sebagai penawar racun

Keracunan makanan dapat diobati dengan cara tradisional. Cuci 20 gram buah kundur, parut dan peras untuk mengambil airnya. Minum sarinya untuk menyembuhkan keracunan makanan.

17. Sebagai obat wasir

Ambil 3 gram biji bligo, 6 gram daun duduk, dan 8 gram daun wungu. Campur dengan 100 ml air, kemudian dipipis. Minum airnya dengan rutin selama 14 hari.

Efek samping dari bligo

Kalsium oksalat yang terdapat di dalam buahnya yang masih muda, dapat mengakibatkan iritasi pada mulut. Jadi bersihkan getahnya menggunakan air garam dan kapur sirih, sebelum diolah menjadi makanan.

Beligo memiliki efek dingin yang dapat menambah rasa nyeri pada penderita rematik.

Penderita batu ginjal sebaiknya menghindari asupan buah kundur, disebabkan kalsium oksalat di dalamnya. Simak juga: 17 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan.

Nah, itulah 17 manfaat buah kundur untuk kesehatan dan kecantikan. Mungkin anda tertarik untuk menanamnya di kebun?

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "17 Manfaat Buah Bligo Atau Kundur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar