10 Manfaat Daun Gandarusa Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Kini daun gandarusa mulai dikenal oleh banyak orang. Tanaman perdu ini memiliki beberapa efek farmakologis, yang membuatnya layak dimasukkan ke daftar tanaman obat-obatan. Manfaat daun gandarusa yang cukup fenomenal, salah satunya untuk melawan HIV penyebab AIDS. Tumbuhan semak ini juga efektif untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan dan penyakit, seperti sakit mata, sakit kepala,eksim, dan banyak lagi.

10 Manfaat Daun Gandarusa Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
Nama ilmiah dari gandarusa adalah Gendarussa vulgaris atau Justicia gendarussa Burm, tergolong ke dalam keluarga Acanthaceae. Warna pohonnya adalah ungu pekat, dan akan berubah menjadi coklat mengkilap saat tua.

Bunga gandarusa berukuran kecil, dengan warna putih tersusun dalam malai dan mempunyai banyak rambut yang keluar dari ketiak daunnya. Bentuk buahnya adalah oval, dengan tangkai hitam atau hijau.

Gandarusa diperkaya dengan berbagai zat kimia seperti alkaaloida, minyak atsiri, justicin, dan mineral penting termasuk kalium. Tanaman gandarusa memiliki sifat agak asam dan pedas.


10 Manfaat Daun Gandarusa Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan


Efek farmakologis dari gandarusa seperti anti rematik, melancarkan sirkulasi darah, dan lainnya. Anda dapat membuat racikan menggunakan gandarusa, untuk menangani berbagai keluahan kesehatan dan penyakit tertentu. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat daun gandarusa untuk kesehatan:

1. Mengurangi sakit kepala


Larutkan zat penting dalam daun gandarusa dengan merebusnya bersama air bersih, minum airnya di pagi dan malam hari. Segera ucapkan selamat tinggal kepada sakit kepala.

2. Meredakan nyeri

Sifat analgetik dalam gandarusa berguna untuk mengurangi nyeri pada bagian tubuh, meskipun rasa daunnya agak pedas dan getir.

3. Sebagai obat sakit telinga

Sakit pada telinga dapat diatasi dengan pengobatan tradisional. Caranya, rebus segenggam daun gandarusa bersama air. Biarkan mendidih dan airnya berkurang setengah bagian. Setelah airnya dingin, teteskan ke lubang telinga yang terasa nyeri.

4. Mengatasi keluarnya urin

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun gandarusa setiap 2 hari sekali, dapat melancarkan saluran urin sehingga terhindari dari sulit kencing. Baca juga: 17 makanan yang memiliki sifat diuretik.

5. Sebagai obat sakit mata

Infeksi kuman pada mata, dapat menyebabkan penyakit belek (mata merah). Selain menggunakan air rebusan sirih merah, solusi lainnya dengan daun gandarusa. Jadi, terapkan air rebusan gandarusa sebagai obat tetes mata.

6. Sebagai obat rematik

Nyeri dan bengkak karena penyakit rematik dapat diobati dengan ramuan daun gandarusa. Rebus 30 gram daunnya bersama air secukupnya, minum airnya saat masih hangat. Untuk menghilangkan nyeri, lumatkan daunnya kemudian terapkan pada persendiaan tubuh yang sakit.

7. Mencegah kelumpuhan wajah

Air hasil rebusan daun gendarussa vulgaris, ternyata efektif untuk melancarkan peredaran darah di wajah. Basahi wajah anda dengan airnya, pijat dengan lembut pada bagian wajah yang terasa kaku.

8. Pereda demam

Penggunaan gandarusa sebagai obat luar dan dalam, dapat menurunkan demam dan panas pada penderita.

9. Sebagai obat luar untuk menyembuhkan luka di kulit

Daun gandarusa dapat digunakan sebagai obat luar, untuk mengatasi memar, bisul, terkilir, bisul, dan eksim. Cukup dengan menerapkan daunnya yang sudah ditumbuk halus, pada kulit yang bermasalah.

10. Mengatasi haid yang tidak lancar

Air yang diperoleh dari rebusan daun gandarusa dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga menstruasi lebih lancar dan teratur. Simak juga: 7 cara mengatasi nyeri haid secara alami.

Berbagai jenis tumbuhan obat ternyata tersedia, tidak jauh dari tempat tinggal kita. Jadi, kita hanya berusaha untuk mempelajari kegunaan dari setiap jenis tumbuhan tersebut.

Nah, itulah 10 manfaat daun gandarusa sebagai obat tradisional. Di setiap daerah, tanaman ini memiliki sebutan yang berbeda, seperti andarusa, tetean, gandarisa, daun besi-besi, daun rusa, kisi-kisi, dan banyak lainnya. Orang Cina menyebut tanaman ini dengan Bo gu. Mungkin anda menyebutnya dengan nama lain?

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Daun Gandarusa Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan"

Posting Komentar