9 Latihan Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit merupakan masalah yang sangat berat bagi pria, apalagi wanita. Seseorang akan kehilangan rasa percaya diri ketika memiliki perut yang gendut dan berlemak. Mereka dengan masalah ini, biasanya mengenakan pakaian super longgar untuk menutupi perutnya. Selain merusak penampilan, kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Anda yang memiliki perut gendut, tentu sangat faham dengan berbagai kendala akibat kegemukan.


9 Latihan Untuk Mengecilkan Perut Buncit
Penyebab Perut Buncit yang Tanpa Sadar dilakukan Banyak Orang

Sebelum membahas olahraga yang dapat mengecilkan perut, harus diketahui tentang penyebab perut buncit. Penyebab utama perut buncit adalah kebiasaan tidak sehat, terutama ngemil atau makan di malam hari. Jika anda adalah seorang wanita yang masih melakukan kebiasaan ini, sebaiknya hentikan secara bertahap. Aktivitas malam hari sangat minim, sehingga tubuh tidak memerlukan banyak kalori. Kebiasaan ngemil, akan menyebabkan lemak menumpuk di perut.

Penyebab berikutnya adalah minuman keras. Minuman ini tinggi kalori dan gula, mirip dengan kandungan pada makanan berlemak. Organ hati akan bekerja ekstra keras untuk menetralkan cairan tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh. Penyaringan gula menjadi tidak sempurna, sehingga banyak tertimbun di perut.

Penyebab selanjutnya adalah kebiasaan duduk terlalu lama. Terutama bagi anda pekerja kantoran, posisi duduk sering condong ke depan. Posisi duduk ini menyebabkan perut tertekan.

Penyebab perut buncit yang lain adalah kebiasaan tidur setelah makan. Tubuh akan berhenti melakukan aktivitas ketika sedang tidur, sehingga proses pencernaan berjalan kurang optimal. Makanan pun tidak dapat dicerna dengan baik.


9 Latihan Untuk Mengecilkan Perut Buncit


1. Latihan Sit-up

Sit-up dapat menjadi pilihan bagi anda yang memiliki perut buncit. Jika anda merasa kesulitan untuk melakukannya, gunakan sebuah karet atau benda yang dapat menahan kaki. Latihan ini akan memperkecil perut anda secara perlahan, namun pasti.

2. Berjalan atau berlari


Meskipun kaki dan tangan yang lebih banyak bergerak, setidaknya secara berangsur-angsur lemak di dalam tubuh ikut terbakar. Termasuk lemak yang tertimbun di perut. Olahraga paling sederhana ini akan membuat tubuh langsing, tanpa mengeluarkan biaya mahal.

3. Latihan Back Up

Gerakannya merupakan kebalikan dari sit-up, dengan posisi tengkurap kemudian bagian atas tubuh digerakkan naik-turun. Tahan kaki agar tidak terangkat.

4. Sepeda santai

Ini adalah salah satu cara paling mudah dan menyenangkan untuk mengecilkan perut. Bersepeda selama 30 menit, akan membakar lemak di tubuh sekitar 300 kalori.

5. Vertical Leg Crunch

Latihan yang tidak jauh beda dengan sit-up ataupun ball crunch, angkat kaki anda tinggi-tinggi sewaktu menarik tubuh ke depan. Letakkan tangan di belakang kepala, dalam posisi berbaring. Kaki diangkat ke udara dalam posisi menyilang. Pertahankan posisi bahu dan kepala supaya tetap menempel di lantai. Masih pada posisi kaki di atas, tubuh ditarik ke depan secara berulang-ulang sesuai kemampuan.

6. Bycicle Exercise

Tubuh berbaring dengan kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Lutut diangkat ke arah dada,sambil mengangkat kepala. Pertahankan bahu agar tetap menempel di lantai. Lutut kiri meraih siku kanan, demikian pula sebaliknya.

7. Elliptical Trainner

Jika anda sering pergi ke tempat fitness, tentu tidak asing dengan alat olahraga ini. Gerakannya merupakan gabungan antara berjalan kaki dan menaiki tangga. Latihan ini juga berfungsi untuk membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah.

8. Ball Crunch

Gerakan ini seperti sit-up, bedanya dilakukan di atas sebuah bola besar. Lakukan sebanyak beberapa kali, sesuai kemampuan anda.

9. Sikap Lilin

Latihan ini juga diyakini mampu untuk memperkecil perut, dengan melakukannya secara teratur. Tubuh dibaringkan di atas lantai, kemudian kaki diangkat ke atas sampai perut ikut terangkat. Kedua gunakan tangan untuk mrnahannya selama beberapa saat, lalu turunkan perut secara perlahan. Lakukan cara ini sebanyak beberapa kali.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Latihan Untuk Mengecilkan Perut Buncit"

Posting Komentar