15 Manfaat Buah Delima Dan Cara Memanfaatkan

Manfaat buah delima untuk kesehatan dan kecantikan memang tidak diragukan lagi. Delima memiliki beberapa varian warna, seperti merah, putih dan hijau. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung sebagai buah segar, atau diminum dalam bentuk minuman jus. Digunakan sebagai salad juga cocok, atau silahkan diminum dalam bentuk sirup.

Fakta nutrisi buah delima

Kulit buah delima mengandung beberapa nutrisi penting seperti alkaloid pelletierene, betulic acid, granatin, isoquercitrin, ursolic acid, elligatanin, triterpenoid, resin, kalsium oksalat, dan pati. Di dalam segelas jus delima terkandung asam malat, asam sitrat, fruktosa, glukosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, natrium, dan tanin.


15 Manfaat Buah Delima Dan Cara Memanfaatkan
photo: livingwellnaturalhealth.com

15 Manfaat buah delima dan Cara Memanfaatkan


1. Mencegah Anemia

Konsumsi buah delima berakibat melancarkan aliran darah. Buah ini mampu menymbangkan zat besi ke dalam darah, sehingga mencegah anemia, pusing, kelelahan, dan gangguan pendengaran.

2. Menyehatkan Jantung

Nutrisi yang ada di dalamnya dapat melancarkan aliran darah ke jantung, sehingga menurunkan risiko serangan jantung.

3. Mengurangi plak gigi

Buah delima bersifat antivirus dan antibakteri yang dapat melindungi dari berbagai masalah mulut, serta mengurangi efek plak gigi.

4. Mencegah Kanker Prostat

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan minum 227ml jus delima setiap hari, dapat menghambat perkembangan kanker prostat pada pria. Tetapi perlu ditemukan bukti lebih lanjut terhadap penelitian ini.


Manfaat Jus Delima Untuk Kecantikan Kulit


5. Memperbaiki Tekstur Kulit

Delima dapat memacu produksi kolagen yang menyebabkan kulit kencang dan mencegah timbulnya garis-garis halus dan kerutan di wajah. Jus delima juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit.

6. Anti Penuaan


Minum jus delima secara teratur dapat menghambat tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan kerutan di wajah. Nutrisi di dalamnya menjaga regenerasi sel-sel kulit, serta mencegah munculnya bintik-bintik gelap dan pigmentasi berlebihan.

7. Membantu memulihkan luka

Minyak biji delima kaya akan nutrisi yang dapat membantu regenerasi sel-sel kulit epidermis dan dermis. Di samping itu, jus buah ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

8. Cocok untuk semua jenis kulit

Jus buah delima dapat menjaga kelembaban dan hidrasi kulit. Jus buah ini efektif dalam mencegah kulit kering dan teriritasi. Tidak hanya itu, jus ini juga cocok bagi kulit berminyak, mencegah jerawat, dan mengontrol produksi sebum berlebihan.


Ramuan herbal menggunakan buah delima


9. Sariawan

Tumbuk dua buah delima masak sampai halus. Tuangkan segelas air sambil aduk sampai rata, saring. Berkumur dengan airnya, telan. Ulangi sebanyak 3 kali setiap hari, hingga sembuh.

10. Sering kencing

Sediakan buah delima matang dan segenggam kucai, kemudian dipotong-potong. Rebus bersama 3 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya, kemudian angkat dan biarkan dingin. Minum airnya sebanyak 2 kali dalam sehari, masing-masing ¾ gelas.

11. Batuk yang telah berlangsung lama

Kunyah buah delima setengah matang. Lakukan setiap malam menjelang tidur, buang bijinya.

12. Penyakit Cacingan

Jus buah delima dicampur dengan jus wortel secara merata, masing-masing sebanyak ½ gelas. Minum airnya sekaligus. Baca: 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami!

13. Suara parau dan tenggorokan kering

Belah delima segar, ambil isinya. Kunyah isi buahnya, bijinya dibuang. Ulangi sebanyak 3 kali dalam sehari.

14. Radang gusi

Berkumur dengan buah ini dapat menenangkan radang gusi atau gigi berlubang.

15. Meredakan demam dan batuk

Tumbuk biji delima, jemur di bawah sinar matahari. Campurkan 1 sdm bubuk biji delima dengan ½ gelas jus nanas setengah matang. Aduk keduanya, minum ketika perut kosong.

Itulah 15 manfaat buah delima untuk kesehatan dan ramuan herbal untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "15 Manfaat Buah Delima Dan Cara Memanfaatkan"

Posting Komentar