11 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan

Bengkuang merupakan makanan segar yang dilengkapi dengan vitamin C, mineral penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan lainnya. Bengkuang sering digunakan sebagai bahan produk kecantikan, sabun wajah, lulur, pelembab kulit, dan lotion. Umbi ini punya efek melembabkan serta mendinginkan.



Di dalam umbi ini terkandung vitamin C, saponin, dan flavonoid. Semua zat itu bersifat antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk melawan radikal bebas. Ada lagi zat fenolik yang terdapat di dalamnya yang mampu menghambat produksi melanin, sehingga mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari ataupun hormon. Nutrisi lainnya seperti protein, energi, lemak, karbohidrat, vitamin B1, dan vitamin C.


11 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan


Bengkuang dalam istilah latin disebut dengan Pachyrhizus erosus, berbentuk bulat mirip gasing. Warna kulit luarnya kuning pucat, sedangkan dagingnya berwarna putih cerah. Oligosakarida khusus yang dikenal sebagai inulin, menyebabkan rasanya menjadi manis. Gula alami ini aman bagi pasien diabetes. Berikut beberapa manfaat umbi bengkuang untuk mengobati beberapa penyakit:

1. Menyehatkan ginjal


Bengkuang mengandung potasium dan fosfor yang baik untuk empedu dan ginjal. Bagi orang yang bermasalah dengan kedua organ tubuh ini, sebaiknya menyertakan bengkuang ke dalam menu harian.

2. Mencegah sembelit dan wasir

Serat dalam jumlah tinggi yang dikandung umbi ini, baik untuk sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit (konstipasi).

3. Mengobati Demam

Sifat dingin dari umbi ini berkhasiat untuk menurunkan demam. Jika kurang minat untuk makan secara langsung, dapat diminum sebagai jus segar.

4. Meredakan diare

Serat yang ada di dalam umbi bengkuang efektif dalam mengatasi gangguan pada sistem pencernaan seperti diare.

5. Mengobati Sariawan

Sariawan umumnya disebabkan kekurangan vitamin C, daya tahan menurun, atau alergi. Vitamin C yang ada pada umbi ini berguna untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Anda dapat meminum jus yang dicampur dengan madu.

6. Membantu menjaga kadar gula darah

Serat alami di dalamnya bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Serat ini bekerja di saluran pencernaan, sehingga hanya sebagian makanan yang diubah menjadi glukosa.

7. Mencegah tulang keropos

Umbi bengkuang dilengkapi dengan fitoestrogen yang dibutuhkan oleh wanita di usia lanjut. Pada masa menopause, wanita umumnya kekurangan estrogen sehingga cenderung mengalami keriput, penurunan tenaga, tulang rentan rapuh dan patah. Bengkuang memiliki estrogen, baik dikonsumsi oleh wanita khususnya di masa menopause. Baca: 14 Cara Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat Di Usia Lanjut!

8. Mengobati penyakit Maag

Menurut ahli Naturopathic, konsumsi bengkuang segar akan menyebabkan tubuh menyerap asam lambung yang naik. Umbi ini tergolong ke dalam jenis makanan alkali.

9. Menurunkan Kolesterol di dalam darah

Jus bengkuang kaya serat dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, serta menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

10. Meningkatkan Imunitas tubuh

Vitamin C yang bekerjasama dengan fitonutrien di dalam tubuh, akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga daya tahan lebih kuat ketika terkena serangan penyakit oleh bakteri, virus dan mikroorganisme lainnya. Tubuh tidak mudah mengalami infeksi.


Manfaat Umbi Bengkuang untuk kecantikan kulit


Berbagai produk kecantikan seperti krim dan lotion, kini banyak terbuat dari umbi bengkuang. Masker wajah dari bengkuang dikenal sebagai cara tradisional untuk menjaga kecantikan kulit . Cukup dengan memarut bengkuang, tumbuk lalu terapkan di wajah sebagai scrub dan masker. Cara alami ini dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Di samping itu juga mencerahkan warna wajah Anda.

11. Mencerahkan kulit

Umbi ini memiliki vitamin B1 dan vitamin C. Paduan keduanya membuat kulit lebih berseri, cerah, dan sehat. Konsumsi jus bengkoang tanpa pemanis yang dilakukan dengan teratur akan membuat kulit segar dan bercahaya.

Perhatian: Hindari konsumsi biji bengkuang, karena bersifat racun (Pembasmi serangga). Cukup konsumsi daging bagian dalam, bukan bijinya.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan"

Posting Komentar