11 Tips Agar Awet Muda Meski Usia Lanjut

Usia semakin tua merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari semua orang. Usia dapat ditinjau secara psikologis dan biologis. Usia psikologis merupakan pengalaman subjektif ,pemikiran, dan tingkat kedewasaan Anda. Sedangkan usia biologis biasanya terkait dengan beberapa faktor seperti hormon, tekanan darah, kadar lemak tubuh, kemampuan indra pendengaran dan penglihatan, kemampuan gerak, kepadatan tulang, dan sebagainya.

11 Tips Agar Awet Muda Meski Usia Lanjut
foto: pleasingcare.com

11 Tips Agar Awet Muda Meski Usia Lanjut


1. Olahraga teratur

James M. Rippe, M.D seorang cardiolog dan pendiri Rippe Lifestyle Institute menjelaskan bahwa aktif secara fisik memang tidak lagi dilakukan di usia tua. Dengan meningkatkan latihan fisik yang proporsional, maka jam biologis dapat diperbaiki kembali. Sehingga risiko terkena serangan penyakit berat menurun.

2. Anggap bahwa diri Anda masih muda

Menurut psikolog Becca Levy, Ph.D. dari Universitas Yale, persepsi seseorang bahwa semakin tua akan menurunkan kemampuan berfikir mereka dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik mereka. Seseorang seharusnya optimis dan berfikir positif mengenai hari tua, ini akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

3. Pertahankan sikap positif


Menurut David Snowdon dari Universitas Kentucky, kondisi emosi positif dapat menghilangkan rasa cemas dan membuat hidup lebih nyaman. Sikap seseorang sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental dalam jangka panjang.

4. Menyikat gigi hingga bersih setiap hari

Mungkin terdengar aneh, kenyataannya ada kaitan antara penyakit cardiovascular dan periodontitis. Periodontitis umumnya disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk. Sikatlah gigi dengan teratur, gunakan benang gigi, dan cek kondisi gigi Anda ke dokter untuk mencegah risiko penyakit ini.

Menurut sebuah studi, ada hubungan antara membersihkan gigi dengan penyumbatan pembuluh darah. Bakteri yang terdapat di plak gigi sama dengan yang bakteri pada lemak yang terakumulasi di pembuluh darah.

5. Menjaga kesehatan kulit

Amy Wechsler adalah seorang penulis di situs kecantikan menjelaskan bahwa retinoids mampu mengurangi keriput di wajah. Retinoids dapat ditemukan pada krim kecantikan ataupun wortel. Konsumsi wortel secara rutin dapat menyeimbangkan pH kulit. Tingkat keasaman kulit pun meningkat sehingga menghilangkan bakteri yang hinggap. Cokelat juga membantu untuk memperbaiki tekstur, kelembaban, ketebalan, dan sirkulasi darah di kulit.

6. Kelola stres dengan baik

Umumnya seorang yang berkunjung ke psikiatris, tidak mampu mengelola stres dengan benar. Stres dapat memicu penyakit berat seperti penyakit jantung, depresi, hipertensi, gangguan kesuburan, dan diabetes. Peluang untuk hidup sehat lebih lama dapat dilakukan dengan mengurangi tingkat stres.

7. Perbanyak asupan serat

Salah satu kunci agar awet muda menurut Dr. Oz adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sistem pencernaan akan lebih baik dengan konsumsi 25gr serat per hari. Serat berguna untuk menjaga nutrisi yang diserap oleh tubuh. Sumber serat seperti sayuran, gandum dan buah-buahan. Oatmeal merupakan pilihan terbaik untuk sarapan Anda.

8. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Asupan makanan yang mengandung antioksidan baik untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Perbanyak konsumsi blueberry atau buah berry lainnya. Makanan berwarna gelap umumnya mengandung zat antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel-sel tubuh oleh radikal bebas.

9. Tidur yang cukup

Sebuah studi oleh Universitas Medis Chicago menunjukkan bahwa semakin singkat durasi tidur akan mempengaruhi fungsi endokrin dan kadar glukosa, dalam waktu sekejap. Kekurangan tidur dapa memicu beberapa penyakit berat seperti obesitas, hipertensi, diabetes, dan hilang ingatan.

10. Mengasah otak setiap hari

Neuron dan jaringan di otak terus berkembang seumur hidup. Dengan stimulasi otak yang baik akan menurunkan risiko penyakit otak. Dr. Yakov Stern, seorang kepala salah satu Divisi di Universitas Columbia menyatakan bahwa sibuk bekerja dan berfikir sesuai hobi akan menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga sebesar 35 persen.

11. Menggunakan masker pelindung debu

Menurut Dr. Rippe, dengan menghisap debu ataupun polutan lainnya dapat menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kerutan di wajah.

Itulah 11 Tips Agar Awet Muda Meski Usia Tua. Baca juga: Rahasia Kecantikan Wajah Yang Dimiliki Oleh Wanita Jepang! Gaya hidup dimulai dengan menjaga pola makan yang teratur, rutin berolahraga, dan menjauhi kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Tips Agar Awet Muda Meski Usia Lanjut"

Posting Komentar