21 Manfaat Jus Tomat Untuk Kecantikan Rambut Dan Kesehatan

Tomat sering dianggap sebagai sayuran, sebagian yang lain menganggap sebagai buah. Tomat aman dikonsumsi, baik daging ataupun biji buahnya. Buah segar ini sangat familiar. Kelemahannya adalah mudah busuk, sehingga diperlukan pengawetan agar lebih bertahan untuk dikonsumsi. Bisa juga dengan cara disimpan di kulkas.



Vitamin C dan air yang melimpah di dalamnya sangat bermanfaat untuk kecantikan, yakni mencerahkan kulit dan merapatkan pori-pori. Semua orang tentunya menyukai buah yang terlihat segar ini. Nutrisi yang dikandungnya memiliki segudang manfaat kesehatan.


21 Manfaat Jus Tomat Untuk Kecantikan Rambut Dan Kesehatan


1. Menguatkan tulang dan gigi

Tomat kaya akan kalsium yang berperan dalam menjaga tulang agar tidak mudah menjadi rapuh dan keropos, juga meningkatkan kekuatan gigi.

2. Mencegah diabetes


Kromium yang terdapat di dalam buah ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah jumlah gula darah melonjak naik.

3. Menurunkan kadar lemak tubuh

Lemak yang tertimbun di dalam tubuh dapat memicu darah tinggi dan kenaikan berat badan. Konsumsi buah tomat yang diiringi dengan olahraga akan mempercepat penurunan berat badan. Tomat bebas lemak, namun tinggi protein dan kalori sehingga baik untuk mengatasi masalah berat badan. Penting: 9 Latihan Untuk Mengecilkan Perut Buncit!

4. Mencegah kanker

Menurut studi yang dicantumkan pada Journal of the National Cancer Institute, ada kaitan antara konsumsi tomat dengan tingkat risiko kanker. Konsumsi tomat secara proporsional dapat menurunkan risiko kanker usus besar, leher rahim, pankreas, dan paydara.

5. Membentuk otot tubuh

Ketika tidur, otot yang telah rusak akan diperbaiki kembali. Aktivitas tubuh ini juga dipengaruhi oleh asupan makanan. Buah tomat kaya akan protein nabati yang berguna dalam pembentukan otot.

6. Melawan radikal bebas

Tomat memiliki flavonoid dan zea-xanthin, antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas.

7. Menyehatkan mata

Buah tomat sangat baik dikonsumsi oleh penderita mata minus, untuk mencegah kondisi makin parah. Semua nutrisi -  vitamin A, niacin, asam folat, dan thiamine, dan asam folat – sangat beguna untuk mencegah gangguan kesehatan pada mata.

8. Menjaga kolesterol tetap stabil

Dengan makan buah tomat setiap hari, dapat mengontrol keseimbangan kolesterol tubuh. Mineral di dalam buah ini sangat berperan dalama hal ini.

9. Menyehatkan jantung

Kalium di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengontrol denyut jantung, sehingga darah dipompa dengan baik dan stabil. Kondisi ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit


Tomat dapat digunakan sebagai krim alami ketika dipadukan dengan bahan alami lainnya, seperti madu ataupun jeruk nipis. Kulit akan menjadi lebih kenyal, cantik, dan segar.

10. Mencerahkan warna kulit

Untuk mengatasi kulit kusam, gosok wajah dengan irisan tomat segar. Jika dilakukan tiap hari, dalam seminggu kulit akan tampak lebih bersinar dan cantik.

11. Mengecilkan pori-pori wajah

Haluskan tomat ke dalam blender, terapkan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit, sebelum dicuci.

12. Menghilangkan jerawat

Cukup dengan menggosokkan irisan tomat segar ke wajah atau gunakan sebagai masker selama 60 menit.

13. Melindungi kulit dari sinar UV

Sinar ultraviolet dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, dan bersisik. Tomat sdapat bekerja sebagai tabir surya alami. Likopen di dalam buah tomat dapat melindungi kulit tubuh dari kerusakan akibat sinar UV. Cukup dengan konsumsi secangkir besar jus tomat, akan memberikan perlindungan terhadap kulit dari dalam.

14. Mengatasi kulit berminyak

Wajah berminyak disebabkan produksi sebum yang berlebihan. Masalah ini dapat memicu jerawat, komedo, ataupun flek hitam. Campur jus tomat dan mentimun, kemudian terapkan pada wajah yang mengkilap akibat minyak.

15. Menghilangkan kantung mata

Caranya dengan menempelkan irisan tomat pada kedua kelopak mata, ketika tidur malam.

16. Menghaluskan kulit

Campur madu dengan tomat yang telah dihaluskan, sehingga terbentuk sebuah pasta. Oleskan ke wajah, pijat dengan lembut dan arah gerakan melingkar. Lakukan sampai krim habis, bilas dengan air hangat.

17. Memutihkan kulit tubuh

Basuh kulit Anda sampai bersih. Campurkan 1 sdt yoghurt, oatmeal, dan 2 sdt tomat yang telah dihaluskan. Balurkan krim alami ini pada wajah dan sekitarnya. biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Manfaat Tomat Untuk Rambut

Tomat dapat menjaga kesehatan rambut terkait nutrisi penting di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

18. Menghilangkan ketombe

Haluskan 3 buah tomat segar, campur dengan 2 sdm jus lemon. Usapkan pada kulit kepala, jangan menggunakan kuku untuk menggaruk kepala. Biarkan selama ½ jam, sebelum dibilas.

19. Kondisioner alami

Gunakan tomat sebagai kondisioner harian, rambut akan bebas dari kekusutan dan kerontokan. Baca: 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami!

20. Mengatasi kerontokan rambut

Konsultasi dengan dokter tentang sensitivitas rambut, sebelum menerapkan tomat pada rambut.

21. Melenyapkan bau pada kulit kepala

Guyur rambut dengan jus tomat, pijat kulit kepala sebentar. Biarkan jus tomat kering selama 30 menit. Bilas rambut dengan shampo biasa.

Itulah manfaat jus tomat untuk kecantikan kulit wajah dan kesehatan. Hindari konsumsi secara berlebihan, untuk mencegah efek samping yang membahayakan tubuh.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "21 Manfaat Jus Tomat Untuk Kecantikan Rambut Dan Kesehatan"

Posting Komentar