Cara Mengobati Eksim Dengan 11 Bahan Alami

Penyakit eksim ada dua jenis, yaitu eksim kering dan basah. Jika warna kulit memerah, bersisik dan tebal maka tergolong eksim kering. Jika ditandai dengan bintil-bintil bernanah, maka termasuk eksim basah. Keduanya mengalami gatal dan panas pada kulitnya. Penyakit ini menyerang area paha, kaki, dan wajah. Ketika bintil pada kulit pecah dan mengelupas, maka kulit bagian dalam akan basah dan merah disertai munculnya nanah. Saat cairan mengering, kulit pun timbul kerak.


Cara Mengobati Eksim Dengan 11 Bahan Alami
Penyebab Eksim yang umum

Beberapa faktor pemicu eksim antara lain akibat paparan sinar matahari, alergi terhadap zat kimia ataupun makanan, dan lainnya. Penyakit ini akan semakin parah jika terkena busa deterjen, debu, depresi, klorin, parfum, dan suhu dingin tapi rendah kelembaban udara.

Pantangan bagi penderita adalah makanan dan minuman tertentu, seperti telur, susu sapi, ikan, udang, kacang, dan kerang.
Kulit yang terkelupas akibat penyakit ini dapat diobati dengan menerapkan minyak zaitun. Untuk mengobati kulit basah akibat eksim, tepung beras yang halus dapat digunakan. Konsumsi sayuran hijau dan buah dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh penderita.


Cara Mengobati Eksim Dengan 11 Bahan Alami


1. Asam Jawa dan Kunyit

Sediakan 1 genggam daun asam jawa dan 2 rimpang kunyit. Setelah dicuci, tumbuk kedua bahan sampai lumat. Aplikasikan pada kulit.

2. Bengkuang dan Belerang

Sediakan 4 sdm biji bengkuang, 3 sdm tepung belerang, dan 2 sdm minyak kelapa. Biji bengkuang ditumbuk, kemudian campur semua bahan. Aduk sampai merata. Terapkan pada kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan di pagi dan malam hari.

3. Daun Kecubung


Ambil 3 helai daun kecubung dan sedikit minyak kelapa. Tumbuk daun kecubung sampai halus, setelah dicuci sebelumnya. Campur dengan minyak kelapa, aduk sampai rata. Hangatkan dengan menggunakan api kecil, terapkan pada kulit yang terasa gatal.

4. Temulawak dan Daun Sambiloto

Ambil 7 lembar ngokilo, 1 genggam daun sambiloto, 5 rimpang temulawak, dan 10 gram asam. Bagian dalam temulawak dipotong-potong. Campur 4 bahan ini, rebus bersama dua gelas air sampai mendidih. Biarkan airnya berkurang 1 gelas. Setelah disaring, minum airnya setiap hari selama 5 hari.

5. Kapur Sirih dan Wortel

Sediakan umbi wortel dan 1 sdm kapur sirih. Cuci wortel, kemudian diparut. Tambahkan kapur sirih, aduk rata. Aplikasikan pada area kulit, gunakan perban untuk membalutnya.

6. Daun Bayam

Rebus daun bayam ke dalam panci berisi air, sampai airnya mendidih. Tempelkan pada kulit penderita. Biarkan selama ½ jam, sebelum dilepas.

7. Daun Ketepeng

Sediakan daun ketepeng, 1 rimpang kunyit, dan daun asam muda. Tumbuk semua bahan menjadi satu padu. Oleskan pada kulit yang gatal.

8. Daun Meniran

Sediakan 1 rimpang temulawak yang dipotong-potong, 1 sdm daun meniran, dan 15 helai daun remujung. Rebus semua bahan hingga mendidih selama beberapa saat, masukkan gula batu. Minum secara teratur setiap hari.

9. Biji Mahoni

Sediakan ½ sdm bubuk biji mahoni dan sedikit madu.Seduh bubuk mahoni  bersama ½ cangkir air hangat. Tambahkan madu untuk melawan rasa pahit. Minum ramuan ini, selagi hangat sebanyak tiga kali dalam sehari.

10. Kangkung Segar

Cuci kangkung segar secukupnya, rebus hingga mendidih selama 15 menit. Basuh kulit dengan air kangkung.

11. Biji Bungur

Siapkan 1 rimpang kunyit, ½ genggam biji bungur, 3 helai daun ketepeng, dan 2 sdm minyak kelapa. Tiga bahan ditumbuk, sedangkan biji bungur disangrai. Tambahkan minyak kelapa sembari meremasnya. Gunakan sebagai obat gosok bagi kulit, balut menggunakan kain bersih. Lakukan perawatan di pagi dan malam hari.

Itulah 11 Bahan Alami yang dapat digunakan untuk mengobati eksim secara tradisional. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit, untuk pengobatan lebih lanjut.


foto by huffpost.com via facebook

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Cara Mengobati Eksim Dengan 11 Bahan Alami"

Posting Komentar