12 Cara Mengobati Wasir Dengan Obat Alternatif

Ambeien atau sering disebut dengan wasir merupakan gangguan kesehatan berupa pembengkakan pada bantalan yang terletak di pembuluh darah dubur. Wasir awalnya dipicu oleh sembelit, pada akhirnya penderita mengejan lebih kuat saat berak. Menu harian menjadi faktor penentu dari masalah ini. Pola makan dengan minim serat dapat memicu masalah BAB. Untuk mencegah masalah ini, perbanyak makan buah-buahan dan sayuran hijau.


12 Cara Mengobati Wasir Dengan Obat Alternatif
Aktivitas yang banyak melibatkan duduk juga seringkali menyebabkan gangguan konstipasi. Jangan terpaku pada satu posisi duduk, dan gunakan kursi empuk dengan lubang di bagian tengah. Kursi dengan bentuk ini akan mengurangi tekanan berlebihan pada anus. Wasir juga dapat diakibatkan oleh diare berkepanjangan, obesitas, hubungan yang salah, dan penuaan.

Tanda-tanda awal penyakit wasir

  • Ketika posisi duduk sangat tidak nyaman.
  • Ketika mengeluarkan kotoran ada rasa mengganjal, dan mengejan lebih kuat dari biasanya.
  • Darah keluar ketika berak.
  • Gatal dan nyeri pada dubur (penyebabnya adalah infeksi virus).

12 Cara Mengobati Wasir Dengan Obat Alternatif


Untuk mengatasi Ambeien dapat menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Mereka aman digunakan dan punya efektivitas tinggi dalam meredakan masalah ambeien. Inilah bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan wasir:

1. Daun jambu batu muda

Tumbuk daun dan buah jambu batu tanpa mengupas kulitnya. Minum air yang keluar, secara teratur tiap hari sampai sembuh.

2. Daun Sembung


Sediakan 25gr daun sembung, 5gr adas, dan 3gr kapur sirih. Campur semua bahan, rebus bersama 3 gelas air biarkan mendidih selama beberapa saat. Dinginkan, minum tiap pagi, siang dan malam.

3. Daun Ungu dan Akar Jeruk Nipis

Rebus 15gr daun ungu segar dan 20gr akar jeruk nipis bersama 3 gelas air hingga air tersisa segelas saja. Minum sebanyak 2 kali setiap hari.

4. Perbanyak Minum air

Minum air sekitar 2 liter per hari akan membantu untuk melancarkan sirkulasi darah. Jauhi minuman keras dan bersoda.

5. Bayam berduri

Sediakan batang dan daun bayam. Rebus sampai airnya mendidih, kemudian angkat. Arahkan uap yang keluar pada area tubuh yang bermasalah. Air hangat dari ramuan ini dapat digunakan untuk berendam.

6. Buah Makasar

Sediakan 7 buah makasar, tumbuk sampai halus. Tuangkan serbuk makasar ke dalam kapsul kosong untuk memudahkan ketika diminum.

7. Daun Sosor Bebek

Obat wasir tradisional berikutnya adalah tanaman sosor bebek. Rebus 25gr daun sosor bebek dengan 2 gelas air sampai air berkurang 1 gelas.

8. Kangkung

Tumbuk kangkung yang telah ditaburi dengan garam. Terapkan ke area yang sakit.

9. Lidah buaya

Tanaman ini dapat digunakan untuk mengurangi peradangan akibat wasir.  Lidah buaya memiliki sensasi dingin yang mampu meredakan rasa panas akibat ambeien. Dapatkan gel lidah buaya dengan cara memotong atau membuang kulit luarnya. Oleskan gel ini pada area yang sakit.

10. Bawang Putih

Hancurkan 2 siung bawang putih yang tentu saja dikupas kulitnya. Selanjutnya peras dan terapkan ke organ yang sakit.

11. Es batu

Es batu cukup efektif dalam meredakan rasa nyeri dan melancarkan aliran darah. Masukkan es batu ke dalam plastik, lapisi dengan handuk. Selanjutnya duduklah di atas handuk berisi es batu ini selama sekitar 10 menit.

12. Jambu muda

Ambil biji pisang dan daun jambu. Parut pisang beserta kulit luarnya. Tumbuk kedua bahan, peras agar airnya keluar.

Itulah 12 Cara Mengobati Wasir Dengan Obat Alternatif. Baca artikel sebelumnya tentang Dua Cara Cuci Ginjal Dengan Alami Dan Murah! Jika penyakit tidak kunjung sembuh, konsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan yang efektif.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Cara Mengobati Wasir Dengan Obat Alternatif"

Posting Komentar