5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit

Kecantikan kulit merupakan sebuah aspek berharga bagi seorang wanita. Itulah alasan wanita untuk melakukan berbagai cara perawatan wajah dan tubuh, demi mendapatkan penampilan sempurna. Sayangnya, tidak semua cara yang mereka lakukan dapat menyelesaikan masalah kecantikan. Bahkan, sebagian ritual kecantikan justru menimbulkan masalah bagi kulit. Bukan bertambah cantik, namun yang terjadi adalah sebaliknya.

5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit
ilustrasi foto: makeup.allwomenstalk.com / allw.mn

Dikutip dari goodhousekeeping, beberapa ritual kecantikan yang dilakukan oleh wanita dapat menyebabkan kulit makin keriput. Apa saja, ritual kecantikan yang dimaksud?


5 Kesalahan Perawatan kecantikan yang Yang Justru Merusak Kulit


1. Menggunakan kombinasi dari beberapa produk untuk mencegah tanda penuaan

Berbagai produk perawatan kulit kini tersedia di pasaran, seperti pembersih wajah, cairan penghapus make-up, serum, toner, pelembab wajah, tabir surya, gel mata, wrinkle filler, minyak wajah, dll. Semua produk yang disebutkan, menjanjikan kulit menjadi cantik dan bersih. Tidak heran jika semua wanita sangat menyukai produk tersebut. Namun, penggunaan produk kecantikan secara bersamaan justru buruk bagi kulit Anda.

Menurut Dr Mona Gohara, asisten profesor klinis dermatologi dari Yale School of Medicine di USA bahwa semakin sedikit produk kecantikan yang digunakan akan lebih bagus. Mencampur berbagai produk kecantikan yang berbeda, dapat menyebabkan iritasi dan luka pada kulit. Langkah yang benar dengan hanya menggunakan produk yang bekerja pada kulit tubuh. Pilihlah produk yang memiliki SPF, antioksidan, dan retinol.


2. Menarik kulit kelopak mata ketika menggunakan eyeliner

Mewarnai kulit sekitar kelopak mata menyerupai mata kucing menggunakan eyeliner biasa disebut eyeliner cat eye kini banyak disukai oleh wanita. Masalahnya, tidak semua eyeliner cocok digunakan. Kulit di sekitar kelopak mata sangat lembut dan sensitif. Penerapan eyeliner di sekitar mata dengan disertai menarik kulitnya, dapat menyebabkan masalah kulit.

Menurut Dr Julia Tzu dari Wall Street Dermatology New York, kebiasaan buruk itu dapat menyebabkan kulit sekitar area mata menjadi bengkak, keriput, bahkan berakibat pembuluh darah rusak. Pilihlah eyeliner yang mudah diterapkan, ketimbang menarik kulit di sekitar area mata.

3. Membersihkan riasan mata dengan kasar

Sebagian wanita menghapus riasan wajah dengan terburu-buru di malam hari, terkadang dilakukan dengan kasar. Menghapus make-up di wajah memang penting untuk dilakukan, tetapi harus dengan lembut. Sebagian riasan wajah tahan terhadap air, seperti maskara. Jangan membersihkan riasan di area mata dengan kasar dan agresif.

Menurut Gohara, area kulit mata yang rapuh dapat membengkak dengan sentuhan keras. Bahkan, menggosoknya terlalu keras dapat merusak pembuluh darah di dalamnya.

4. Memilih Produk Kecantikan Organik

Makanan organik memang lebih baik untuk kesehatan tubuh, namun tidak selalu berlaku untuk produk kecantikan. Produk kosmetik dengan bahan organik justru sering menyebabkan kulit terluka dan meradang. Misalnya bahan organik yang berasal dari tanaman toxicodendron radicans (poison ivy) sangat buruk untuk kulit Anda, tutur Dr Mona.

5. Terlalu sering beralih ke produk kecantikan yang lain

Penggunaan salah satu produk kecantikan terkadang tidak memberikan hasil memuaskan bagi kulit dan wajah, sehingga mendorong keinginan untuk mencoba produk lainnya. Namun melakukan kebiasaan ini terlalu sering, tidaklah baik untuk kulit Anda.

Dr Janet Prystowsky, dermatolog asal New York menuturkan bahwa produk kosmetik misalnya cream, akan perlu waktu hingga beberapa bulan untuk menunjukkan hasil. Sebelum mengganti dengan produk baru, pertimbangkan dengan baik-baik. Jangan tergesa-gesa untuk beralih ke produk lain, kecuali produk kosmetik yang digunakan selama ini merusak kulit Anda. Simak: Cara Membuat Masker Beras Untuk Memutihkan Kulit!

Demikian 5 Kesalahan Perawatan kecantikan yang dapat merusak kulit, menyebabkan makin keriput dan masalah kulit lainnya. Pilih dan terapkan produk kecantikan dengan hati-hati, mintalah saran dokter spesialis kulit jika diperlukan.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit"

Posting Komentar