12 Manfaat Jus Nanas Di Balik Rasanya Yang Manis Asam

Nanas merupakan buah dengan rasa manis dan asam yang dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun dalam bentuk makanan olahan lainnya. Buah ini sering juga dimakan sebagai rujak, asinan, atau diminum sebagai jus segar. Nanas banyak ditemukan di supermarket, pasar tradisional, atau dapat ditanam sendiri di kebun.

12 Manfaat Jus Nanas Di Balik Rasanya Yang Manis Asam

Tidak semua orang menyukai buah nanas. Salah satu alasannya adalah butuh waktu lama untuk mengupas kulit buahnya. Sebagian lain benar-benar tidak suka nanas karena alergi pada mulut berupa rasa gatal, setelah mengkonsumsi buah ini. Sebenarnya ini dapat disiasati dengan merendam buah berwarna kuning ini ke dalam air lemon, atau air garam.


12 Manfaat Jus Nanas di Balik Rasanya Yang Manis Dan Asam


Di balik manis dan asam rasanya, buah nanas menyimpan manfaat kesehatan yang cukup menakjubkan. Inilah khasiat nanas di balik manis asamnya:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Asam amino dan antioksidan berupa vitamin C yang ada di dalam buah nanas mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Asam amino juga bermanfaat untuk menyuplai energi bagi tubuh sehingga tidak mudah mengalami kelelahan.

2. Terhindar dari Degenerasi Makula

Degenerasi makula merupakan gangguan pada penglihatan sehingga mata sulit digunakan untuk mengenali suatu benda atau membaca tulisan dengan benar. Nanas mengandung betakaroten yang menyehatkan penglihatan sehingga mencegah gangguan mata.

3. Baik untuk Pencernaan

Tingginya kandungan serat pada buah nanas berguna untuk menjaga kesehatan usus. Bahkan kelebihannya dari buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas memiliki enzim bromelain yang dapat memecah protein sehingga melancarkan saluran cerna. Fakta ini dipublikasikan oleh American Cancer Society.

4. Mengatasi Mual

Bagi wanita hamil yang mengalami morning sickness, jus nanas cukup efektif dalam meredakan masalah ini. Jus buah nanas juga membantu menghilangkan rasa mual, ketika dalam perjalanan.

5. Mencegah Kenaikan tekanan darah

Nanas memiliki jumlah kalium yang tinggi dan sodium yang rendah, sehingga mampu mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi.

6. Menguatkan Tulang

Kalsium baik untuk kesehatan tulang, tidak hanya diperoleh dari susu. Jus nanas kaya akan kalsium dan mangan yang berguna untuk menguatkan tulang dan jaringan ikat.


Enam Manfaat Buah Nanas Untuk Kecantikan Kulit


7. Melembutkan Kulit

Gunakan jus nanas sebagai scrub alami untuk meluruhkan kaki bersisik dan kapalan. Cara alami ini mampu mengembalikan kehalusan dan kelembutan kulit kaki. Di samping itu perawatan ini berguna untuk menenangkan radang dan bengkak akibat tumit retak. Baca: 5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit!

8. Menjaga Kelenturan Kulit

Kolagen sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan kelenturan kulit. Jus nanas menyediakan nutrisi ini, asam amino dan vitamin C di dalamnya mampu memperbaiki kerusakan sel-sel dan jaringan kulit dengan cepat. Anda dapat menerapkan jus nanas sebagai masker wajah, biarkan selama sepuluh menit sebelum dicuci dengan air hangat.

9. Menjaga kelembaban Kulit

Nanas efektif dalam mencegah dehidrasi kulit dan tubuh. Untuk mengatasi kulit kering dan kusam, campur 3sdm jus nanas dengan susu dan kuning telur. Aplikasikan pada kulit yang bermasalah. Diamkan selama beberapa saat, cuci menggunakan air hangat setelah perawatan.

10. Melembutkan Kuku

Kuku rapuh dapat terjadi akibat kekurangan asupan vitamin A dan vitamin B. Cukup dengan sering makan buah nanas akan mencukupi kebutuhan harian dari kedua vitamin tersebut. Aplikasikan pada kuku Anda untuk meredakan infeksi, serta menguatkan dan melembutkan kuku.

11. Mengobati Bibir Pecah-pecah

Campuran yang dibuat dari jus nanas dan minyak kelapa dapat mengatasi bibir pecah-pecah dan melembutkannya. Campuran ini juga berguna untuk membuat bibir lebih berkilau.

12. Mengurangi Lemak tubuh

Buah nanas dilengkapi dengan vitamin A, tiamin, vitamin C, tembaga dan serat. Buah ini juga mengandung enzim bromelain yang efektif dalam mengurangi lemak berlebihan di sekitar pinggul dan perut. Menurut penelitian, enzim bromelain bekerjasama dengan lipase untuk mencerna lemak yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi. Keduanya juga berperan untuk meningkatkan sekresi lemak di dalam tubuh.

Itulah 12 manfaat buah nanas yang memiliki rasa manis dan asam. Jangan makan buah ini secara berlebihan ya, karena bisa menyababkan alergi dan masalah lain.

foto via weeklyhealthylife.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Manfaat Jus Nanas Di Balik Rasanya Yang Manis Asam"

Posting Komentar