10 Manfaat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Cara Natural sehat - Bunga tasbih sering juga disebut bunga kana memiliki sejumlah manfaat kecantikan, termasuk untuk menghilangkan jerawat. Lebih dari sekedar tanaman hias, bunga tasbih juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti wasir, hepatitis, keputihan, penyakit kuning, vertigo, haid terlalu banyak (metrorrhagia), dan lainnya. Manfaat ini terkait efek farmakologis yang terkandung di dalam daun, akar, dan bunganya.

10 Manfaat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan dan Kecantikan
Bunga kana memiliki beberapa varietas seperti Canna indica L, Canna edulis Ker.Gawl, dll. Bunga tasbih dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 1 km di atas permukaan air laut. Tanaman yang masih keluarga kana adalah ganyong, bedanya pada kelopak bunga ganyong lebih kecil.

Bunga kana memiliki variasi warna seperti merah, kuning, dan putih. Daunnya lebar, besar, dengan bentuk menyirip. Umbi tanaman ini dapat dikonsumsi dengan aman. Di Australia, umbi kana diolah menjadi tepung yang disebut "arrow-root of queensland".

Kandungan nutrisi dalam bunga tasbih

Berbagai zat penting yang terdapat di dalam bunga tasbih seperti pati, fenol, glukosa, coumarin, alkaloid, lemak, terpene, dan getah. Zat tersebut terutama banyak ditemukan dalam rimpangnya. Bunganya memiliki efek pendingin (antipiretik), penyejuk, sedatif, dan anti-hipertensi (hipotensif).


10 Manfaat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Untuk mengobati beberapa jenis penyakit, bagian tanaman yang sering digunakan adalah rimpang, biji, daun, dan bunganya. Berikut ini adalah manfaat bunga tasbih dan cara membuat ramuan untuk pengobatan:

1. Mengatasi keputihan (leucorrhoea)


Bagi wanita, masalah keputihan tentu menyebabakan rasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Bau yang tidak sedap, dan rasa nyeri yang kadang menyiksa. Untuk mengatasi gangguan kesehatan ini, ada dua cara. Pertama, rebus 25 gram rimpang bunga tasbih dan 25 gram kulit buah delima yang dikeringkan ke dalam 600 ml air. Biarkan airnya mendidih dan tersisa 300 ml saja. Setelah dingin, saring dan minum airnya.

Cara kedua, sediakan rimpang bunga kana yang telah kering, daging ayam yang diiris-iris, dan beras ketan. Masing-masing bahan sebanyak 30 gram. Rendam semua bahan setelah dicuci sebelumnya, ke dalam mangkok. Olah dengan cara penguapan, bahan dapat dikonsumsi setelah masak. Lakukan pengobatan dengan cara ini, sampai gejala hilang.

2. Mengatasi haid berlebih (metrorrhagia) dan batuk darah

Bunga kana memiliki efek haemostatic, sehingga dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan pada haid berlebih dan batuk berdarah. Cara membuat ramuan, rebus 15 gram bunga kana kering dan 60 gram rimpang teratai ke dalam 2 gelas air sampai airnya tersisa segelas saja. Biarkan airnya dingin, minum dengan segera sampai air habis. Lakukan cara ini di pagi dan malam hari, sampai sembuh. Pelajari: 7 Cara mengatasi nyeri haid secara alami

3. Mengobati sakit kuning (acute icteric hepatitis)

Untuk mengobati sakit kuning, gunakan ramuan tradisional yang cukup terkenal. Caranya, siapkan 35 gram daun serut dan 70 gram akar bunga kana. Rebus keduanya bersama  3 gelas air hingga airnya tersisa 1 ½ gelas saja. Saring dan minum airnya di pagi dan malam hari, masing-masing ¾ gelas. Tentu saja saat air telah menjadi dingin. Lakukan pengobatan dengan rutin selama 20-47 hari. Setelah pengobatan selama seminggu biasanya warna bola mata yang menguning, akan pudar secara berangsur-angsur.

4. Mengatasi pembengkakan kelenjar limpa

Untuk memulihkan kelenjar limpa yang bengkak, buatlah ramuan alami. Rebus 1 ons daging sapi dan 60 gram umbi bunga kana ke dalam seliter air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa 300 ml saja. Minum airnya setelah agak dingin, makan dagingnya.

5. Mengobati wasir / ambein (hemorrhoids)

Penyakit wasir disebabkan oleh sembelit yang berkepanjangan, akibat kekurangan serat. Untuk mengatasinya, anda harus mencukupi kebutuhan serat setiap harinya. Untuk mengobati sembelit dan wasir dapat digunakan akar bunga tasbih.

Caranya, ambil 60 gram umbi bunga tasbih kemudian diiris-iris tipis. Rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa segelas. Setelah air menjadi dingin, saring dan minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.


10 Manfaat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan dan Kecantikan
6. Membantu untuk mengobati kanker kandungan

Cara membuat ramuan tidaklah sulit. Sediakan 60 gram rumput mutiara, 60 gram rimpang bunga kana, dan 50 gram sambiloto. Rebus semuanya dengan 700 ml air hingga berkurang 400 ml. Minum airnya setelah agak hangat dan disaring, dua kali dalam sehari.

7. Menenangkan otot yang keseleo

Haluskan rimpang bunga kana, tambahkan tepung terigu yang digoreng tanpa minyak hingga warnanya kuning. Campur kedua bahan dengan sedikit air, balurkan pada bagian yang bermasalah.


Manfaat Bunga Tasbih Untuk Kecantikan


8-10. Mengobati jerawat

Tumbuk akar tanaman tasbih yang masih segar sebanyak 50 gram, terapkan pada area kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan setiap hari. Cara ini juga berguna untuk mengatasi radang kulit bernanah, dan luka berdarah. Pelajari juga: 5 cara cepat menghilangkan Jerawat secara alami!

Nah, itulah 10 manfaat bunga tasbih untuk pengobatan dan cara membuat ramuannya. Anda dapat menanam bunga ini dengan menyemaikan bijinya, sehingga halaman rumah menjadi indah dan mudah untuk mendapatkan khasiat bunga ini. Mungkin anda belum perbah melihat bunganya?

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan dan Kecantikan"

Posting Komentar