6 Cara Mencegah dan Mengatasi Demam Kuning

Demam kuning adalah salah satu penyakit hemoragik yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Virus ini dibawa oleh beberapa spesies nyamuk, termasuk Aedes aegypti. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gangguan pada kulit, yaitu perubahan warna kulit menjadi kuning.

6 Cara Mencegah dan Mengatasi Demam Kuning
Demam kuning merupakan penyakit berbahaya, yang ditandai dengan perubahan pada kulit menjadi berwarna kuning. Penyakit ini berasal dari Afrika, kemudian menyebar ke Amerika Selatan dan Eropa. Kasus demam kuning jarang terjadi di Asia.

Perubahan warna kulit disebabkan oleh biliburin yang menumpuk pada jaringan tubuh . Penyakit kuning dapat dipicu oleh gangguan kesehatan lainnya. Jadi, penderita harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat. Karena cara mengobati demam kuning sesuai dengan faktor penyebabnya.

Penyebab penyakit kuning

Sel darah merah yang berjumlah jutaan, mengalir dalam aliran darah. Sel darah merah umumnya hanya berumur 4 bulan, kemudian diganti dengan sel baru. Sel yang telah dihancurkan, akan menjadi limbah bahan kimia. Nah, salah satu limbah kimia itu disebut biliburin.

Biliburin akan dibawa ke hati, untuk diproses. Namun, terkadang biliburin yang tidak terproses oleh sel-sel hati akan menumpuk dalam darah. Jika biliburin tumpah, maka akan mengalir ke jaringan tubuh dan mengakibatkan penyakit kuning. Rusaknya sel darah dapat disebabkan oleh anemia, sferotosis, talasemia, malaria, atau sindrom uremik hemolitik. Kerusakan sel-sel hati dapat dipicu oleh hepatitis, sirosis hati, dan kerusakan pada empedu.

Gejala demam kuning

Penyakit kuning biasanya disertai dengan gejala seperti demam, nyeri, dan mual. Setelah beberapa hari, gejala akan hilang. Rusaknya organ hati akibat virus demam kuning, dapat menyebabkan kematian mendadak.


6 Cara Mencegah dan Mengatasi Demam Kuning


Solusi terbaik untuk mencegah demam kuning adalah penggunaan vaksin demam kuning. Sejumlah negara telah mewajibkan bagi turis untuk melakukan vaksinasi demam kuning. Cara lainnya adalah mengurangi populasi nyamuk pembawa virus demam kuning. Selain itu, beberapa bahan alami diyakini mampu untuk mencegah gejala demam kuning. Berikut cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kuning:

1. Capsicum


Sejumlah makanan yang mengandung capsaicin seperti cabe dan paprika ternyata dapat mengobati gejala demam kuning. Capsicum mampu mencegah demam kuning semakin parah. Senyawa capsaicin yang terdapat dalam paprika, akan meningkatkan imunitas dan energi tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang optimal, akan mempercepat proses kesembuhan dan pemulihan dari penyakit kuning.

2. Makanan yang kaya zat besi

Demam kuning sering menyebabkan tekanan darah melonjak, sehingga pembuluh darah tertekan dan distribusi oksigen ke jaringan tubuh akan berkurang. Makanan yang banyak mengandung zat besi berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah Hal ini akan membantu organ tubuh supaya fungsinya tetap normal.

3. Teh Catnip

Meski belum dapat dijelaskan cara kerjanya dalam mengobati demam kuning, ternyata catnip diyakini dapat mengurangi demam, sakit kepala, dan gangguan pada sistem cerna. Dengan rutin minum teh catnip akan mengurangi gejala penyakit kuning.

4. Bawang putih

Bawang putih berguna untuk meningkatkan nafsu makan yang menurun akibat demam kuning, dengan menstimulasi hormon rasa lapar. Bawang putih juga mampu menurunkan hipertensi yang dipicu oleh demam kuning. Bawang putih memiliki sifat antivirus dan mendongkrak sistem imunitas.

5. Biji Fenugreek

Fenugreek juga diyakini kemampuannya dalam mengatasi demam kuning. Untuk mendapatkan manfaat fenugreek, minum air yang digunakan untuk merebus bijinya. Cara lainnya dengan mengunyah biji fenugreek secara langsung. Cara ini berguna untuk mengurangi demam, mengobati gangguan usus, sistem cerna, dan mengurangi lendir berlebih pada saluran bronkial.

6. Perbanyak minum air putih

Air putih bermanfaat untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh. Sehingga fungsi ginjal dan hati tetap baik. Dengan asupan air yang cukup akan membantu sekresi keringat, yang pada akhirnya dapat menurunkan demam.

Pengobatan medis bagi penyakit kuning selama ini, dilakukan sesuai dengan kondisi yang terkait. Misalnya jika terjadi kanker empedu, maka pasien akan menjalani operasi, kemoterapi, atau terapiradiasi.

Nah, itulah 6 cara mencegah dan mengatasi demam kuning. Simak juga: 9 Cara Alami Mengobati Demam Berdarah. Obat demam kuning hingga kini belum ditemukan. Salah satu cara yang paling efektif adalah vaksinasi. Jika anda akan pergi ke luar negeri, sebaiknya lakukan vaksinasi demam kuning untuk mencegah penularan penyakit ini.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Cara Mencegah dan Mengatasi Demam Kuning"

Posting Komentar