25 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Banyak orang merasa penasaran, seperti apa bentuk tanaman meniran dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Meniran merupakan tanaman liar tak ubahnya rumput, tapi dilengkapi dengan zat penting yang berguna untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Mulai dari rematik hingga rabies dapat diobati dengan tumbuhan semak ini.

25 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Nama ilmiah dari meniran adalah Phyllanthus urinaria, masih keluarga phyllantaceae. Bagi orang yang tinggal di desa tentu tidak asing dengan tanaman ini. Batang tanamannya basah, dengan tinggi berkisar ½ meter saja.

Ciri-ciri meniran yang paling khas adalah bentuk daunnya sekilas mirip dengan putrid malu. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tanah yang berair dan berpasir. Bunganya muncul dari ketiak daun dan menghadap ke bawah.

Kandungan kimia dalam meniran seperti kalium, phyllanthin, zat samak, niranthin, quercetin, asam ricinoleic, asam ascorbic, hidroksinirantin, dammar, neolignan, dll.


25 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Meniran terbukti secara empiris dan ilmiah, mampu mengatasi berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan seperti di bawah ini:

1. Batu saluran kencing


Caranya, siapkan daun kering meniran, daun tempuyung, dan daun sendok. Masing-masing bahan sebanyak 30 gram. Panaskan 4 gelas air, masukkan semua bahan ke dalamnya. Saring setelah air tersisa 2 gelas. Minum di pagi dan malam harinya.

2. Demam

Seduh daun meniran bersama segelas air hangat. Air ini dapat diminum untuk meredakan demam tinggi pada anak-anak.

3. Hepatitis

Daun meniran efektif untuk mengatasi hepatitis. Air rebusan daunnya dapat mengeluarkan toksin dari hati anda. Takaran yang digunakan adalah 50 gram. Minum setiap hari selama seminggu.

4. Ayan

Cukup dengan minum air rebusan daun meniran, dapat mencegah penyakit ayan kambuh lagi.

5. Rabies

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan anjing gila dapat diobati menggunakan meniran. Rebus daunnya bersama daun tempuyung dan daun sendok. Minum airnya 2 kali sehari.

6. Malaria

Untuk mengobati malaria, minum rebusan daun meniran yang dicampur dengan kayu manis dan bunga cengkih.

7. Batu ginjal dan asam urat

Zat flavonoida yang terdapat dalam daun meniran efektif untuk mengobati asam urat dan batu ginjal. Daun meniran mengandung ion K yang mampu mengikat kristal asam urat yang kemudian dilarutkan dalam urin. Bukan hanya itu saja, daun ini juga bersifat diuretic.

8. Sakit kuning

Rebusan daun meniran yang dicampur dengan susu ternyata dapat mengatasi penyakit kuning. Takarannya adalah 10 daun beserta akarnya.

9. Rematik

Untuk meredakan gejala rematik, rebus 1 sdm daun meniran dan 7 helai daun kumis kucing bersama segelas air. Ketika airnya tertinggal setengah gelas, angkat. Minum dengan segera, saat airnya hangat.

10. Diabetes

Zat penting yang disebut hypophyllanthin dan phyllanthin yang ada dalam meniran, mampu mengontrol kadar gula darah.

11. Bisul di kelopak mata

Air rebusan daun meniran ampuh untuk mengatasi bisul yang tumbuh di kelopak mata. Gunakan air ini untuk mencuci mata anda. Lakukan pengobatan setiap malam sampai bisul hilang.

12. Risiko kanker

Senyawa kimia dalam daun meniran dapat berperan sebagai immunodulator dan anti-kanker, yang berguna untuk mencegah kanker.

13. Jamur kulit

Daun meniran dapat digunakan sebagai antibiotik alami. Senyawa aktif dalam tanaman ini efektif untuk menekan pertumbuhan jamur penyebab penyakit kulit.

14. Daya tahan tubuh menurun

Daun meniran mampu mendongkrak sistem metabolisme dalam tubuh, sehingga sistem imunitas dapat meningkat. Dengan adanya manfaat ini maka tubuh lebih kebal terhadap serangan bakteri dan virus.

15. Rabun senja

Penglihatan kabur di malam hari atau sering disebut rabun senja, dapat dipulihkan menggunakan daun meniran. Cukup rebus 25 gram daunnya dan hati ayam, bersama air secukupnya. Anda dapat mengkonsumsi makanan ini untuk menutrisi mata anda sehingga rabun dapat dicegah.

16. Gigitan serangga berbisa

Daun meniran dapat dimanfaatkan sebagai obat luar pada luka karena digigit oleh binatang berbisa.

17. Disentri

Air rebusan daun meniran efektif juga dalam mengobati disentri. Takaran bahan yang digunakan adalah sebanyak 30-60 gram.


Manfaat Daun Meniran Lainnya


Tanaman semak ini juga berguna untuk mengatasi beberapa penyakit di bawah ini:

18. Batuk
19. Kencing batu
20. Nyeri ginjal
21. Kencing nanah
22. Diare
23. Haid yang berlebihan

Sedangkan manfaat daun meniran untuk kecantikan termasuk sebagai obat jerawat dan korengan di kulit.

Nah, itulah 25 manfaat daun meniran untuk kesehatan dan kecantikan. Kini, makin banyak cara untuk mengatasi penyakit dengan bahan yang ada di sekitar kita. Mungkin anda belum tahu: 15 manfaat daun pohpohan bagi kesehatan. Semoga makin sehat.

Baca Juga Lainnya:

1 Response to "25 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"