10 Manfaat Adas Pulosari Sebagai Obat Herbal

Adas adalah salah satu tanaman obat yang sering ditambahkan pada minyak telon untuk bayi. Minyak Adas didapatkan dari proses penyulingan serbuk buah adas pulosari, yang memiliki rasa pahit ataupun manis. Tanaman ini tergolong ke dalam rempah yang sering digunakan sebagai obat tradisional.

10 Manfaat Adas Pulosari Sebagai Obat Herbal

Fakta nutrisi Adas pulosari

Rempah satu ini terkenal khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit, disebabkan beberapa senyawa penting yang terdapat di dalamnya. Adas pulosari mengandung minyak atsiri (Oleum Foeniculi), fenkon, anetol, pinen, dipenten, limonen, felandren, anisaldehid, metilchavikol, minyak lemak, dan asam anisat. Di dalam biji dan akarnya memiliki stigmasterin. Tanaman ini memiliki bau khas yang timbul dari atenol yang dikandung olehnya.


10 Manfaat Adas sebagai obat herbal alami


1. Mengatasi sesak nafas

Untuk atasi masalah ini, sediakan ½ sdt adas, 2 jari kencur, ¼ jari pulosari, 1 jari temulawak, ¼ genggam daun poncosudo, dan 1 sdt jintan hitam. Rebus ke dalam 4 ½ gelas air sampai air susut separuhnya. Minum ramuan ini setelah dingin, sebanyak 3 kali per hari masing-masing ¾ gelas. Lakukan dengan teratur hingga sembuh.


2. Untuk mengatasi diare dan perut kembung

Cara membuat ramuan untuk meredakan diare dengan menyediakan 3 sdt adas, 10 cm kulit kayu, dan 5 lembar daun jambu biji muda. Setelah semua bahan dicuci, memarkan. Rebus ke dalam 2 gelas air hingga berkurang separuhnya. Saring, minum ramuan ini setelah dingin di pagi dan malam hari. Baca: 6 Cara Alami Mengobati Kenaikan Asam Lambung!

3. Sebagai obat batuk bagi anak-anak

Untuk membuat obat batuk alami, sediakan 1 sdt adas pulosari, 4 cm kulit pohon adas, dan 1 siung bawang merah. Cuci semua bahan, tumbuk sampai lumat. Rebus bersama segelas air hingga mendidih, biarkan airnya tersisa setengah dari semula. Masukkan gula batu, biarkan airnya menjadi dingin. Saring, minum airnya di pagi dan sore hari.

4. Ramuan untuk mengobati wasir

Herbal adas juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan wasir. Siapkan 3 sdt adas, secangkir daun patikan cina, sebutir bawang merah, 1 sdt jintan putih, dan 1/2 cangkir daun meniran. Cuci semua bahan, rebus bersama seliter air sehingga airnya tersisa setengahnya. Tambahkan gula batu atau madu, saring. Minum airnya sebanyak 4 kali dalam sehari. Lakukan sampai penyakit sembuh.

5. Meredakan biduran

Gangguan ini dapat disebabkan oleh alergi terhadap makanan tertentu, seperti udang atau lainnya. Untuk menanganinya, sediakan 2 sdt adas, 2 buah bawang merah, dan 7 cm kunyit. Tumbuk semua bahan sampai halus, seduh bersama 1 ½ gelas air panas. Tunggu sebentar, saring. Minum airnya selagi hangat, sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Ramuan herbal untuk menghilangkan bau mulut

Bau mulut dapat ditimbulkan akibat sariawan atau sakit tenggorokan. Untuk mengatasinya, sediakan segenggam daun beluntas, 1 sdt adas, dan 2 buah kapulaga. Rebus semua bahan dengan segelas air, tambahkan sedikit garam. Tunggu airnya mendidih selama beberapa menit, biarkan dingin. Saring, minum airnya sambil berkumur dengannya. Lakukan sebanyak tiga kali sehari.

7. Meredakan demam

Demam umumnya terjadi sebagai reaksi alami untuk mematikan virus atau bakteri yang menginfeksi tubuh, sehingga suhu tubuh menjadi panas. Namun terkadang dipicu oleh kelelahan atau kehujanan. Untuk meredakan demam, siapkan 2 sdt adas, 2 sdm madu, labu air, dan 4 cm kulit batang pulosari yang dimemarkan. Rebus semua bahan (kecuali labu) dengan 1 gelas air sehingga airnya menyusut setengahnya. Labu diparut, saring untuk mendapatkan airnya. Campur ½ gelas air labu bersama ramuan pertama. Tuangkan sedikit madu, minum sekaligus.

8. Menyembuhkan penyakit batu empedu

Ambil 5gr serbuk adas, seduh bersama segelas air panas. Saring airnya, minum selagi hangat.

9. Mengobati kejang demam (stuip)

Gangguan ini biasanya diderita oleh anak balita. Ambil 4 sdt adas, 7 biji anyang-anyang, dan 6 cm kulit batang pulosari. Rebus ke dalam 2 gelas air sehingga air menyusut setengah dari semula. Minum airnya ketika dingin.

10. Melancarkan haid

Siapkan segenggam bunga dan daun srigading, ½ sdt adas, 2 kuntum bunga kesumba keeling, 1 sdt jintan hitam, ½ jari pulosari, dan 2 buah jeruk nipis.

Rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa 2,25 gelas air saja. Minum airnya setelah dingin, sebanyak 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas air.

Itulah beberapa manfaat adas sebagai obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Semoga menambah pengetahuan seputar dunia herbal.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Adas Pulosari Sebagai Obat Herbal"

Posting Komentar