9 Khasiat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Yang Tak Terduga

Jamur adalah makanan favorit bagi banyak orang, yang menyehatkan tubuh. Jamur tiram kaya akan polisakarida kitin dan asam lemak jenuh, inilah yang menyebabkan rasa lezat. Jamur tiram aman dikonsumsi, meski terkandung mineral mikroelemen yang termasuk logam, namun dengan kadar rendah. Makanan murah ini punya gizi tinggi dan tentunya rasanya enak.

Kandungan Gizi dari Jamur Tiram

Jamur dilengkapi dengan aneka asam amino, seperti valin, lisin, metionin, triptofan, threonin, fenilalanin, leusin, histidin, dan isoleusin.Jamur tiram mengandung protein yang lebih tinggi dari tempe ataupun daging ayam.Jamur termasuk makanan sehat yang mengandung mineral penting, seperti kalium, kalsium, magnesium, zat besi, dan fosfor.Jamur tinggi kandungan asam folat, yang mampu meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh.

9 Khasiat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Yang Tak Terduga
Jamur tiram diperkaya dengan vitamin B1, B2, B3, B5, dan vitamin C.Zat Flofastin yang dikandung di dalam makanan ini dapat mencegah kenaikan kadar kolesterol buruk.

Zat pleuran yang terdapat di dalam jamur tiram bersifat anti inflamasi, serta melembabkan kulit.Jamur memiliki zat Glucan yang berfungsi sebagai antioksidan, anti tumor, anti virus, antibakteri, mendongkrak imunitas tubuh, dan mampu membunuh cacing.Jamur tergolong rendah kalori, namun tinggi kandungan serat dan air.


9 Khasiat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Yang Tak Terduga


1. Menurunkan kelebihan berat badan

Jamur mengandung banyak protein, tetapi rendah kalori dan kolesterol. Makanan ini tinggi kandungan serat dan air. Alasan inilah yang membuat jamur sebagai makanan diet yang dapat menurunkan berat badan.

2. Menyehatkan Jantung


Satu porsi jamur tiram matang telah memenuhi sekitar 30% kebutuhan tubuh akan tembaga setiap harinya. Mineral ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3. Mencegah kenaikan tekanan darah dan stroke

Kalium yang dikandungnya lebih banyak dari pisang dan jeruk. Mineral ini sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah risiko stroke.

4. Mengobati deman dan flu

Di negara Jepang dan China, jamur shiitake dikenal efektif dalam mengatasi flu dan demam. Ini disebabkan lentinan yang ada di dalam makanan ini, mampu mendongkrak kekebalan tubuh, dan melawan infeksi.

5. Aman dikonsumsi oleh penderita Diabetes

Penderita diabetes sebaiknya menjalani diet rendah energi. Salah satu pilihan yang mudah dan enak adalah mengkonsumsi jamur. Makanan ini rendah karbohidrat dan kolesterol, memiliki enzim dan insulin alami yang mencegah penyerapan gula. Senyawa tertentu di dalamnya mampu mengaktifkan fungsi hati, pankreas, dan kelenjar endokrinal lainnya. Jamur juga mengandung antibiotik alami yang melindungi tubuh pasien diabetes dari kemungkinan terkena infeksi. Jamur juga dapat memacu produksi sel-sel darah putih. Baca: 7 Cara Mengobati Kencing Manis Dengan Bahan Alami!

6. Mencegah radikal bebas

Senyawa penting juga disediakan di dalam jamur, seperti riboflamin, niacin, dan selenium. Mereka berkolaburasi dengan vitamin E untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

7. Mencegah kanker pyudara

Jamur bersifat anti karsinogenik disebabkan kandungan Asam Linoleat dan Beta-glucan yang hadir di dalamnya. Asam Linoleat berfungsi untuk melawan efek estrogen, pemicu kanker payyudara pasca menopause. Beta-glucan mampu menekan pertumbuhan sel-sel kanker prostat. Jamur kancing yang diekstrak mengandung efek kemoterapi yang melawan sel tumor. Efek ini didapatkan dengan makan 100gr jamur per hari.

8. Melawan kanker prostat

Selenium juga hadir di dalam jamur, mineral ini berguna untuk mencegah kanker prostat. Studi oleh Baltimore mengungkap bahwa dengan mengasup selenium dua kali lipat dari kebutuhan harian akan mencegah risiko kanker prostat hingga sebesar 65%.

9. Menyehatkan Ibu Hamil

Di usia kehamilan dianjurkan untuk sering makan jamur tiram putih. Dengan diet sehat ini, maka kebutuhan tubuh akan gizi akan terpenuhi. Bahkan nilai gizi dari sebuah makanan akan menjadi berlipat.

Itulah 9 khasiat jamur tiram yang tiada terduga. Selain harganya murah, makanan sehat ini memiliki segudang manfaat kesehatan dan kecantikan.

Penting: Hati-hati mengkonsumsi makanan ini, sebagian jenis jamur mengandung racun yang dapat membahayakan kesehatan. Kenali jenisnya dengan baik, atau membeli di supermarket terdekat.

foto: jamur-tiram opengreens.okno.be

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Khasiat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Yang Tak Terduga"

Posting Komentar