10 Cara Mengobati Asma Dengan Bahan Alami Dan Akupuntur

Asma merupakan salah satu gangguan pada pernafasan dimana produksi lendir meningkat dan terjadi peradangan dan penyempitan pada saluran nafas, sehingga penderita sulit untuk bernafas. Cara mengobati asma secara alami bertujuan untuk meredakan penyakit tanpa menimbulkan efek samping.

10 Cara Mengobati Asma Dengan Bahan Alami Dan Akupuntur
Pasien asma umumnya mengalami sesak nafas, nyeri dada, nafas mengeluarkan bunyi, nyeri dada, dan batuk. Gejala asma cukup bervariasi sesuai dengan penyebabnya. Penyakit asma akan semakin parah, jika tidak diobati dengan tepat.

Gejala penyakit Asma pada tahap awal

Untuk mendeteksi penyakit ini, ada beberapa gejala asma yang sering dialami oleh penderita seperti di bawah ini:

  • Nafas menjadi berat.
  • Gangguan tidur, gelisah.
  • Batuk kecil di malam hari.
  • Emosi menjadi labil dan mudah sedih.
  • Kelelahan.
  • Nyeri tenggorokan, hidung tersumbat atau mengeluarkan ingus, dan mirip dengan gejala influenza lainnya.

10 Cara Mengobati Asma Dengan Bahan Alami dan Akupuntur



Beberapa bahan alami yang banyak tersedia di alam dapat digunakan sebagai obat asma, tanpa mengakibatkan efek samping pada jangka panjang. Berikut beberapa bahan alami yang dapat mengobati asma, meredakan gejala dan mengatasi gangguan yang sering muncul.

1. Bawang Putih

Pengobatan terhadap asma pada tahap awal dapat menggunakan bawang putih. Bawang putih berguna untuk melegakan saluran nafas dan mengurangi lendir di dalam organ pernafasan. Penggunaan sebagai obat alami dengan merebus 2 siung bawang putih bersama 100 ml air. Minum airnya ketika dingin.

2. Jahe

Jahe mampu meringankan gejala sesak nafas dan peradangan akibat asma. Rebus jahe segar bersama air selama beberapa menit. Minum air jahe setiap hari, untuk meredakan sesak napas.

3. Buah Cermai

Obat asma tradisional selanjutnya adalah buah cerme. Siapkan 6 biji cermai, ¼ genggam akar kara, 2 siung bawang merah, dan 8 butir kelengkeng. Untuk membuat ramuan, tumbuk semua bahan alami ini dan rebus dengan 2 gelas air hingga menyisakan ½ gelas saja. Saring, kemudian minum airnya.

4. Bunga Kenanga Kering

Bunga kenanga diyakini sebagai obat asma yang cukup efektif. Rebus 3 kuntum bunga kenanga kering, bersama 200 cc air hingga mendidih selama beberapa saat. Minum obat herbal ini dengan rutin setiap hari.

5. Daun Kitolod


Bunga bintang lima atau pitolod dapat digunakan untuk mengobati katarak dan mata minus. Silahkan baca artikel mengenai 6 Cara Alami Mengobati Katarak dan Mata Minus. Selain itu, daun kitolod ternyata juga efektif sebagai obat asma. Pertama rebus 2 lembar daun kitolod ke dalam panic berisi 2 gelas air sampai menyisakan segelas saja. Saring dan minum airnya ketika pagi dan sore hari. Cara alami ini efektif untuk meredakan sesak nafas.

6. Madu

Madu berguna untuk mengencerkan lendir yang menyumbat saluran nafas, sehingga mudah dikeluarkan. Untuk mengobati asma, campur madu dengan 1/4 sdt bubuk kunyit. Minum dengan rutin, setiap malam.

7. Kopi tanpa gula

Kopi hitam yang rasanya pahit mampu mencegah serangan asma. Kafein di dalamnya berguna untuk melegakan dan mengatasi gangguan pernafasan. Namun, Anda harus proporsional dalam mengkonsumsi minuman ini.

8. Bawang Bombay

Zat anti inflamasi yang terdapat di dalam bawang bombay mampu mengurangi peradangan pada paru-paru dan saluran nafas akibat asma. Perbanyak makan bawang bombay mentah untuk mendapatkan manfaat ini.

9. Senam Pernafasan

Senam ini bertujuan untuk melatih paru-paru supaya mendapatkan kapasitas normal. Gerakan senam ini berguna untuk menjaga kesehatan, menenangkan fikiran dan mencegah stres.

10. Akupuntur

Cara mengobati asma secara alami juga dapat menggunakan tehnik akupuntur. Metode ini dikenalkan oleh orang China. Caranya dengan terapi jarum pada beberapa titik tubuh tertentu. Banyak pasien asma dapat sembuh dengan terapi akupuntur yang dilakukan dengan teratur.

Demikian 10 Cara Mengobati Asma Menggunakan Bahan Alami dan Akupuntur. Simak juga: 9 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami. Konsultasi dengan dokter spesialis, jika penyakit tidak segera sembuh dalam waktu lama.

ilustrasi foto by forumhealthcentre.nhs.uk

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Cara Mengobati Asma Dengan Bahan Alami Dan Akupuntur"

Posting Komentar