9 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Sinusitis merupakan inflamasi pada dinding sinus yang umumnya disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri, jamur atau virus. Sinus merupakan rongga kecil yang berada di belakang tulang dahi dan pipi, dilapisi dengan membran yang menghasilkan lendir. Membran ini berfungsi untuk menyaring kuman, serta menghangatkan udara yang masuk melalui hidung. Jika lendir ini menumpuk karena macet, maka dapat memungkinkan adanya infeksi. Sinusitis dapat dialami oleh segala usia.


9 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami Tanpa Bahan Kimia
Pengobatan sinusitis secara alami bertujuan untuk mengobati penyakit ini secara total, tanpa kambuh kembali. Penggunaan obat-obatan kimia kadang memberikan efek kesembuhan yang bersifat sementara, yang berarti penyakit mungkin menyerang lagi.

Penyebab Penyakit Sinusitis

Penyakit yang menyerang sinus ini dapat timbul sebagai akibat alergi terhadap inhalansia, seperti jamur, serbuk sari, bulu binatang, dan tungau debu. Alergi juga dapat dipicu oleh paparan bahan kimia, klorin, dan polusi udara. Penyebab lainnya adalah penyumbatan oleh sekresi lendir di dalam rongga hidung.

Gejala Sinusitis

Penyumbatan pada sinus sering ditandai dengan inflamasi pada bagian mata, bagian atas alis dan pipi terasa nyeri, pilek, batuk, sakit kepala, dll.


9 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami Tanpa Bahan Kimia


Untuk menyembuhkan penyakit yang menyumbat sinus ini dapat menggunakan obat alami yang dibuat sendiri di rumah, seperti di bawah ini:

1. Lobak

Sayuran super ini mampu melarutkan lendir akibat infeksi sinus. Senyawa sulfur yang dikandung oleh umbi lobak dapat mematikan kuman penyebab sinusitis. Sifat anti inflamasi dan anti histamin alami dari lobak berguna untuk membuka saluran bronkial dan saluran hidung yang menyempit.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak alami ini memiliki zat cineole, senyawa yang dapat mengobati infeksi sinus. Untuk mempercepat pemulihan pada pasien sinusitis akut, minum 200mg minyak kayu putih sebanyak 3 kali dalam sehari. Penggunaan dalam bentuk inhalasi uap, dapat meredakan hidung yang tersumbat. Minyak kayu putih mengandung antibakteri dan berperan sebagai ekspektoran yang mampu membersihkan lendir dari saluran pernafasan.

3. Minyak Atsiri

Minyak atsiri merupakan minyak esensial yang efektif dalam membantu untuk mengatasi gejala sinusitis, seperti masalah gangguan pernafasan.


4. Cuka Apel

Campur cuka apel dengan sedikit madu, kemudian minum campuran ini setiap hari sebanyak 3 kali selama seminggu. Cuka sari apel mampu mengencerkan lendir yang padat, sehingga mudah dikeluarkan dari hidung.

5. Air Liur Lebah

Kombinasi sari pucuk daun dengan air liur lebah menghasilkan obat alami bagi penyakit sinusitis. Dengan menggunakannya sebagai obat tetes hidung dan mengkonsumsi secara langsung, akan membantu dalam melawan bakteri, virus, dan jamur penyebab sinusitis.

6. Air Garam

Caranya dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Gunakan air hangat ketika mandi, untuk meringankan gejala sinusitis.

7. Ekstrak Biji Anggur

Antibiotik alami yang terdapat pada biji anggur mampu melawan parasit, mikroba, virus, bakteri, dan jamur Candida. Ekstrak biji ini dapat digunakan sebagai alat semprot hidung untuk melegakan pernafasan.

8. Diet secara intensif

Untuk melawan infeksi, lakukan diet khusus dengan banyak mengkonsumsi jus jeruk, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lentil. Makanan ini mampu menguatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Perbanyak minum air untuk mencegah lendir mengental di rongga sinus. Jauhi makanan yang memicu pembentukan lendir seperti telur, produk tepung, cokelat, susu olahan, dan makanan yang digoreng.

9. Terapi gurah

Gurah adalah proses mengeluarkan dahak yang kotor dan mengandung banyak kuman, yang tertimbun di tenggorokan dan ongga hidung. Ada dua jenis gurah, yaitu langsung dan menggunakan kapsul.

Gurah langsung dilakukan dengan meneteskan ramuan khusus ke rongga hidung. Ramuan yang biasa digunakan adalah ekstrak daun sambiloto. Tuangkan 3 tetes ekstrak daun sambiloto ke rongga hidung. Cara ini cukup efektif untuk memicu pengeluaran lendir yang kotor. Tetapi cara ini menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada hidung.

Sedangkan gurah tidak langsung dilakukan dengan mengkonsumsi kapsul yang berisi ramuan khusus. Dengan cara ini maka lendir kotor akan larut bersama keringat, yang pada akhirnya keluar melalui pori-pori kulit atau saluran pembuangan lainnya. Gurah merupakan cara efektif untuk melegakan saluran pernafasan.

Itulah Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami Tanpa Obat Kimia. Konsultasi dengan dokter THT, jika dianggap perlu. Kombinasi dari obat alami dan kimia tidak bertentangan. Baca juga: 8 Cara Alami Menghentikan Mimisan Dengan Cepat. Bagi pembaca yang memiliki pengalaman terkait penyakit sinusitis, silahkan mengisi kolom komentar.

foto via organicfacts.net

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami Tanpa Bahan Kimia"

Posting Komentar