Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang dan sangat berbahaya. Memang ada sebagian kasus kanker yang dapat sembuh, dengan pengobatan intensif yang mengeluarkan banyak biaya. Bukan hanya faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat dituduh menjadi penyebab utama risiko kanker. Faktor lain yang menjadi penyebab kanker adalah radiasi berbahaya.


Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui
Sangat penting untuk diperhatikan mengenai kanker, olahraga teratur dan pola hidup sehat sangat membantu dalam upaya mencegah kanker.

Semua ini merupakan faktor kuat yang menentukan upaya dalam menghindari penyakit berbahaya ini. Meskipun tidak ada jaminan pasti, namun beberapa hal di bawah ini merupakan upaya terbaik:


Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui


1. Olahraga dengan teratur

Untuk membakar lemak di dalam tubuh, olahrag sangat diperlukan. Olahraga secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Dengan olahraga, keringat yang bersifat racun bagi tubuh akan dibuang.

2. Rajin konsumsi Teh Hijau

Minumlah teh hijau tawar untuk menurunkan risiko kanker. Antioksidan kuat yang ada di dalam minuman ini efektif dalam melawan kanker.


3. Perbanyak makan Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu dalam melawan kanker. Sebaiknya ikan dimasak setengah matang, untuk menjaga omega-3 di yang dikandung di dalamnya.

4. Sering makan buah Paprika

Zat aktif yang disebut lykopene ada di dalam paprika, cukup efektif untuk mencegah risiko kanker. Silahkan pilih baik paprika merah ataupun kuning.

5. Perbanyak makan Bawang putih

Senyawa aktif yang dimiliki oleh bawang putih juga sangat efektif untuk mencegah kanker, dan meningkatkan imunitas tubuh.

6. Perbanyak Minum Air

Dengan minum banyak air, tubuh akan lebih mudah untuk mengeluarkan racun.

7. Perbanyak makan sayuran hijau dan buah-buahan

Untuk melindungi tubuh dari ancaman kanker, zat antikarsinogen punya peran yang cukup signifikan. Zat ini dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin A, C, E, D, betakaroten, niasin, selenium, asam folat, kalsium, seng,  dan magnesium. Serat yang banyak terdapat pada kedua jenis makanan ini baik untuk mencegah kanker kolon. Cerdas dalam memilih sayuran organik, agar terhindar dari racun pestisida.

8. Kurangi asupan Gula

Mungkin selama ini Anda mengira bahwa hanya semut yang menyukai gula. Faktanya, sel kanker sangat membutuhkan gula untuk proses perkembangan. Mulai kurangi makanan dan minuman yang mengandung gula dan rasanya manis.

9. Teliti saat memilih makanan

Jauhi makanan dan minuman yang pengolahannya tidak dilakukan dengan baik, tercemar, dan makanan kadaluarsa. Hindari makanan yang diolah pada suhu tinggi dan waktu lama. Jangan konsumsi makanan gosong, atau proses pengolahan dengan pengasinan maupun pengasapan. Cara mengolah makanan seperti ini akan menimbulkan prokarsinogen. Baca: 11 Makanan Yang Menguatkan Imunitas Tubuh!

10. Kenakan Masker

Untuk mengurangi dampak buruk dari polusi udara yang rentan radikal bebas, gunakan masker. Racun terbang bebas di udara. Saat berkendara, jangan lupa untuk memakai masker yang dapat menyaring udara dengan baik.

11. Hati-hati dengan pengawet dan pewarna makanan

Pola makan sehat salah satunya dengan memilih makanan segar. Snack yang tinggi kandungan gula buatan seperti siklamat dan sakarin, berpotensi memicu tumor kandung kemih. Formaldehida merupakan zat pengawet yang sering ditambahkan pada bakso dan tofu, dapat menimbulkan kanker hati. Zat pewarna pakaian seperti methanyl yellow dapat menyebabkan kanker hati. Rhodamin adalah pewarna merah pada sirup, sering menyebabkan kanker hati.

12. Kurangi makan Daging Merah

Bahaya daging merah terletak pada kolesterol buruk dan lemak jenuh yang terdapat pada daging merah, yang pada akhirnya dapat menimbulkan kanker usus.

13. Jauhi kebiasaan menghisap asap dan Minuman keras

Baca tulisan pada kemasan, fikirkan akibatnya sebelum menghisap isinya. Minuman keras sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumi, apalagi bagi wanita karena dapat meningkatkan risiko kanker.

14. Kurangi berat badan Anda

Orang dengan tubuh gemuk rentan dengan risiko kanker, apalagi wanita.

Jadi, untuk mencegah kanker harus dilakukan dengan serius dan komitmen terhadap diri sendiri. Beberapa tindakan yang disebutkan di atas mungkin sangat merepotkan. Tetapi akan lebih susah lagi untuk mengobati kanker. Baca juga: 12 Cara Mengobati Wasir Dengan Obat Alternatif. Kesehatan adalah aset yang sangat mahal bahkan tidak dapat ditukar dengan benda apapun. Jadi, lakukan gaya hidup sehat dan tinggalkan kebiasaan buruk.

foto via theblackstack.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar