8 Cara Mengobati Penyakit Kutil Secara Alami

Kutil merupakan daging tumbuh di area tubuh tertentu, yang disebabkan oleh Human Papiloma Virus. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, terkadang membuat risih dan malu bagi orang yang memilikinya. Kutil memiliki beberapa varian, penyakit ini dapat diobati secara alami menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam.

Penyakit Kutil (Papilloma) terjadi akibat infeksi ataupun tumor jinak yang bersarang di lapisan kulit luar. Gejala awal penyakit ini dimulai dengan timbulnya bintik-bintik kecil. Kutil mudah menyebar dari satu area tubuh ke bagian lainnya. Kutil umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.


8 Cara Mengobati Penyakit Kutil Secara Alami
Jenis-jenis Kutil

Kutil Datar

Biasanya kutil ini memiliki warna merah muda hingga coklat, muncul di area tubuh seperti wajah, lutut, lengan, janggut dan kulit kepala.

Kutil Genital

Kutil ini sering muncul sebagai akibat dari pergaulan yang tidak benar.

Kutil Biasa

Kutil ini memiliki batas yang jelas dan permukaan yang tidak teratur. Biasanya muncul pada jari-jari, daerah paronikia, dorsum tangan, lutut, wajah, dan siku.

Kutil Plantar

Kutil ini berwarna kemerahan, timbul pada permukaan telapak kaki atau tangan akibat tekanan dari berat badan dalam jangka waktu tertentu. Kutil ini dapat menimbulkan rasa nyeri.

Kutil Mosaik

Kutil gabungan yang membentuk plak besar.


8 Cara Mengobati Penyakit Kutil Secara Alami


1. Bawang Putih

Zat aktif yang terdapat pada bawang putih juga efektif dalam menghilangkan kutil yang menonjol di kulit. Tumbuk bawang putih hingga lumat, oleskan pada daging tidak normal ini. Biarkan kering dengan sendiri.

2. Biji Jali


Sediakan 15-60gr biji Jali yang telah kering. Rebus bersama 6 gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang sebanyak 4 gelas air. Setelah dingin, minum ketika pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.

3. Kulit Pisang

Kutil juga dapat dihilangkan menggunakan kulit pisang. Kulit pisang yang basah dikelupas menggunakan sendok, haluskan hingga menjadi bubur. Oles pada area bermasalah, biarkan kering dengan sendiri. Lakukan secara rutin setiap hari hingga kutil hilang.

4. Daun Dewa

Ambil 5 lembar daun dewa, kemudian tumbuk sampai halus. Tempelkan pada kulit yang timbul kutil, gunakan perban untuk membuatnya tertap lekat dan biarkan selama semalaman.

5. Daun Baru Cina

Cuci daunnya, kemudian giling sampai lumat. Tempelkan pada kulit yang dihinggapi kutil. Lakukan perawatan sebanyak 3 kali setiap hari selama sebulan.

6. Detergen dan Kapur Sirih

Campur 4 sdt detergen dengan sedikit kapur sirih, oles pada bagian tubuh yang menderita kutil. Biarkan melekat selama beberapa menit sampai kering, sebelum dibilas dengang menggunakan air bersih dan sabun.

7. Cuka Apel

Basahi kapas dengan meneteskan cuka apel padanya. Terapkan pada bagian kulit yang tumbuh kutil. Gunakan perekat agar kapas tidak lepas dari kulit. Segera ganti kapas jika kering. Lakukan secara berulang selama beberapa hari.

8. Sabun Colek dan Daun Sirih

Siapkan kapur sirih yang telah dilelehkan dan sabun colek. Campur kedua bahan hingga padu. Bersihkan kulit yang terserang kutil menggunakan air hangat. Setelah kering, oles kedua bahan pada kutil. Tunggu hingga timbul reaksi berupa rasa sakit seperti tertusuk jarum.

Lakukan beberapa kali sampai kutil menjadi kering dan mengelupas dengan sendiri. Ketika darah kotor keluar dari kutil, cegah nanah mengering karena dapat mengganggu lepasnya kutil. Jika Anda tidak ingin menunggu kutil lepas sendiri, goyang daging kering itu hingga lepas. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati, jangan dipaksakan.

Itulah 8 Cara mengobati penyakit Kutil secara alami. Simak juga 8 Cara Mengobati Panu Dengan Bahan Alami. Setelah kutil lepas dari kulit, jangan biarkan terkena iritasi oleh bakteri. Cara alami yang telah dibahas harus dilakukan selama beberapa hari hingga kutil lenyap dari jaringan kulit.

ilustrasi foto via myadvancedderm.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "8 Cara Mengobati Penyakit Kutil Secara Alami"

Posting Komentar