Inilah 10 Khasiat Buah Tin Yang Menakjubkan

Buah tin kaya akan manfaat kesehatan terkait nutrisi yang dikandungnya. Demikian pula, buah ini menyumbang kontribusi besar di dunia kecantikan. Professor J. A. Vinson dari Scranton Amerika Serikat menyebutkan bahwa buah Tin tidak memiliki lemak, kolesterol, dan garam. Buah berkah ini mengandung banyak zat besi, kalium, dan serat alami.

Kandungan Gizi yang ada pada buah Tin

Buah tin (Ficus carica L) memiliki berbagai nutrisi super, antara lain vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, karbohidrat, Protein, gula, serat, dan energi. Di samping itu terdapat mineral penting seperti kalsium, Magnesium, zat besi, fosfor, Zinc, dan Potassium.



Inilah 10 Khasiat Buah Tin Yang Menakjubkan


1. Mencegah Penyakit Encok

Makan daging merah terlalu sering dapat merusak asam sel somatic. Buah Tin mengandung zat yang dapat mengubah trimethyl menjadi folat, sehingga memperbaiki kinerja enzim tubuh. Zat ini mencegah asam urat tertimbun di persendian, sehingga tubuh terhindar dari Encok.

2. Melawan Kanker


Buah Tin memiliki antioksidan yang dikenal dengan poliffenol, efektif dalam melawan radikal bebas pemicu kanker. Buah ini juga dilengkapi coumarins dan benzaldehyde, yang mampu mencegah kanker prostat, jamur, mikro-organisme patogen, dan virus. Baca: Cara Mencegah Kanker Yang Seharusnya Anda Ketahui!

3. Mengatasi Insomnia

Di dalam buahnya terkandung Tryptophan, yaitu asam amino yang meningkatkan produksi serotonin di otak. Serotonin berfungsi untuk menimbulkan perasaan tenang dan nyaman. Dengan adanya zat ini, maka Anda akan terhindar dari gangguan tidur seperti insomnia.

4. Menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit Jantung

Buah super ini diperkaya dengan omega-3, omega-6, kalium, fenol, dan magnesium. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyakit jantung koroner.

5. Mencegah Kenaikan Gula Darah

Tingginya serat yang ada di dalam buah tin, menghambat penyerapan gula oleh usus kecil. Serat dan gula sederhana di dalamnya mencegah peningkatan kadar gula darah. Meskipun begitu, jangan makan dengan berlebihan.

6. Menguatkan Tulang

Buah Tin juga kaya akan kalsium yang diperlukan oleh tubuh untuk kepadatan tulang, sehingga tulang lebih kuat dan padat. Kebutuhan akan kalsium harus dicukupi oleh semua orang, khususnya manula.

7. Mengurangi Tingkat Kolesterol Darah

Pektin yang dikandung didalamnya mampu menurunkan tingkat kolesterol darah. Serat pektin bekerja dengan mengikat kolesterol yang tertimbun di usus kemudian dibuang dari dalam tubuh.

8. Baik untuk Wanita Hamil

Buah Tin membantu pemulihan stamina bagi wanita setelah melahirkan. Setelah melahirkan bayi, banyak zat besi yang hilang. Dengan makan buah ini, lebih baik daripada suplemen zat besi yang biasanya menimbulkan masalah sembelit.


Manfaat Buah Tin Bagi Kecantikan


9. Mengobati jerawat

Buah Tin juga dilengkapi dengan mineral alkali yang berguna dalam mengontrol keasaman darah, dan menyehatkan kulit. Untuk mengatasi jerawat, perbanyak makan buah ini dan aplikasikan jus buah tin pada wajah sebagai masker. Diamkan selama ¼ jam, kemudian bilas wajah.

10. Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Buah dengan serat larut ini, sangat cocok bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah kegemukan. Perbanyak makan buah ini untuk menjaga berat badan Anda.

Buah tin juga sering digunakan untuk mengatasi konstipasi kronis, pereda nyeri, diuretik, dan laxative. Tidak hanya itu, buah yang penuh berkah ini dapat digunakan untuk mengobati luka borok, penyakit maag, flu burung, dan menstruasi tidak teratur. Rutin makan buah tin akan mencegah tubuh lelah, dan meningkatkan memori otak.

Demikian manfaat buah tin yang menakjubkan. Mungkin banyak lagi manfaat lain yang tersembunyi.

foto: buah-tin naturedugard.org

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Inilah 10 Khasiat Buah Tin Yang Menakjubkan"

Posting Komentar