14 Makanan Yang Menyehatkan Rambutmu

Rambut yang indah dan berkilau adalah impian semua wanita. Makanan yang menyehatkan rambut, sangat dibutuhkan untuk menutrisi rambutmu. Berbagai kerusakan pada rambut dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, termasuk mencatok, meluruskan, mewarnai, dan sebagainya.


14 Makanan Yang Menyehatkan Rambutmu
Rambut memiliki sifat yang sangat sensitif. Kekurangan nutrisi pada rambut dapat merusak keindahannya, serta membuatnya tidak sehat. Kekurangan asupan zat besi dan protein akan menurunkan kualitas rambutmu. Bahkan dapat berakibat buruk seperti rambut rontok, bercabang, atau masalah ketombe. Baca: 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami.

Rambut membutuhkan asupan gizi yang memadai, untuk menunjang pertumbuhannya. Seperti yang kalian ketahui bahwa rambut tumbuh dengan sangat cepat. Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita sangat mempengaruhi kesehatan rambut.


14 Makanan Yang Menyehatkan Rambutmu


Kesehatan rambut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti genetik, stres, penyakit tertentu, dan produk perawatan rambut. Namun dari semua faktor tersebut, yang paling menentukan sehat atau tidaknya rambut adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita setiap hari.

Beberapa jenis makanan mampu menyehatkan rambut, menambah kilau, dan mencegah kerontokan. Makanan yang sehat bagi rambut adalah makanan yang banyak mengandung protein, vitamin, omega-3, zinc, dan zat besi. Apa saja makanan sehat yang menutrisi rambut kita? Jangan khawatir, tentu kalian menyukai deretan makanan di bawah ini:

1. Quinoa

Gandum ini sangat lengkap sebagai nutrisi bagi rambutmu. Quinoa dilengkapi dengan protein berkualitas, niacin, biotin, vitamin B6, dan vitamin B12. Semua syarat rambut sehat ditemukan dalam Quinoa.


2. Salmon

Salmon mengandung banyak protein, zat besi, omega-3, vitamin B12, dan vitamin D. Asam lemak omega-3 membantu menjaga kelembaban pada kulit kepala. Kekurangan asam lemak ini dapat berakibat rambut kusam dan rontok. Empat nutrisi lainnya berguna untuk menguatkan rambut.

3. Almond dan Mede

Kacang mete dan almond merupakan makanan yang mampu menutrisi rambutmu. Kacang almond diperkaya dengan zinc yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga menyehatkan dan melembabkan rambutmu. Almond juga dilengkapi dengan omega-3 yang juga berguna untuk menambah kilau rambut. Vitamin E dalam almond juga efektif dalam mencegah rambut bercabang dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

4. Kacang Merah

Selain cemilan ini rasanya gurih, kacang merah adalah pilihan baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sehat. Kacang merah mengandung protein, zinc, zat besi, dan biotin. Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok. Protein berguna untuk menguatkan dan menyuburkan rambutmu. Sedangkan kekurangan biotin akan berakibat rambut rapuh.

American Dietetic Association menyarankan untuk mengkonsumsi 3 cangkir kacang merah dalam seminggu, untuk mendapatkan rambut tebal, kuat, dan berkilau.

5. Kacang Walnut

Pilihan lain untuk menutrisi rambutmu adalah walnut. Kacang ini juga kaya akan vitamin E dan asam lemak omega 3. Nutrisi dalam walnut mampu melindungi sel-sel rambut dari kerusakan DNA.

6. Kacang Hijau

Kacang hijau diperkaya dengan kalium, zinc, dan zat besi. Semua nutrisi ini baik untuk menguatkan rambutmu.

7. Tiram

Tiram merupakan sumber zinc tinggi, selain kacang-kacangan. Zinc dalam tiram berguna untuk mencegah kerusakan pada rambut, dan kekeringan pada kulit kepala. Jika kamu kurang menyukai tiram, alternatif lain untuk mendapatkan zinc adalah telur, gandum, atau daging.

8. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

Radiasi UV dan polusi dapat merusak rambutmu. Masalah ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti pada buah-buahan. Buah berry adalah pilihan tepat untuk menjaga kesehatan rambutmu, karena kaya akan antioksidan dan vitamin C.

9. Alpukat

Jika rambutmu rapuh dan kering, perbanyak minum jus alpukat. Asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya mampu melembabkan rambutmu. Untuk melembutkan rambut, terapkan jus alpukat pada kulit kepala dan rambutmu. Jangan lupa untuk mencuci rambutmu, setelah perawatan ini.

10. Telur

Rambut tersusun dari sejenis protein yang disebut keratin. Protein yang berkualitas dapat diperoleh dari telur. Selain itu, vitamin B dan biotin yang ada di dalam telur mencegah masalah kerontokan.

11. Yogurt

Kalsium juga dibutuhkan untuk pertumbuhan folikel rambut yang sehat. Yogurt adalah makanan sehat untuk tubuh dan rambutmu. Kamu bisa menikmati yogurt bersama kacang kenari dan blueberry.

12. Daging Non Lemak

Sumber protein dan zat besi dapat diperoleh dengan makan daging sapi. Kedua nutrisi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

13. Keju

Keju cottage mengandung protein berkualitas seperti whey dan kasein, yang mencegah kekeringan pada kulit kepala. Keju juga dilengkapi dengan vitamin D dan vitamin B-5, yang meningkatkan pertumbuhan rambut. Keju cottage juga kaya akan asam amino esensial yang menutrisi rambutmu, dan membuatnya makin indah dan sehat.

14. Brokoli

Vitamin A dan vitamin C yang banyak terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk membantu produksi sebum. Nutrisi lain di dalamnya termasuk zat besi, kalsium, magnesium, kalium, dan omega-3 yang menyehatkan rambutmu. Jadi, brokoli adalah makanan sehat sebagai kondisioner alami bagi rambutmu.

Itulah 14 makanan sehat yang mampu menutrisi rambutmu. Baca juga artikel sebelumnya tentang 6 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Bahan Alami. Cukupi kebutuhan gizi untuk rambut, supaya lebih sehat dan kuat.

ilustrasi foto by idiva.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "14 Makanan Yang Menyehatkan Rambutmu"

Posting Komentar