9 Cara Cepat Menghaluskan Telapak Tangan Kasar

Setiap wanita tentu ingin memiliki telapak tangan yang halus dan lembut. Jadi, bukan hanya wajah dan tangan saja yang terlihat bersih dan halus. Bayangkan saja, ketika anda harus bersalaman dengan banyak teman di sebuah acara, dengan telapak tangan yang kasar. Tentu situasi ini membuat anda merasa sangat malu dan hilang rasa percaya diri. Inilah gambaran wanita, yang selalu mengutamakan penampilan.

Faktor Penyebab Telapak Tangan Kasar

Untuk mengetahui cara menghaluskan telapak tangan yang kasar, anda harus memahami faktor penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab telapak tangan menjadi kasar atau kapalan:

Gesekan dengan benda keras

Jika anda adalah seorang pekerja berat, maka wajar memiliki telapak tangan yang kasar. Atau mungkin kebiasaan menyetir tanpa sarung tangan juga dapat menjadi faktor penyebab.

Alergi deterjen

Bahan kimia di dalam deterjen, dapat menyebabkan alergi pada kulit. Hal ini biasanya terjadi pada kulit yang sensitif. Jika anda memiliki tipe kulit ini, sebaiknya hindari bersentuhan langsung dengan deterjen.

Jarang minum air

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering, termasuk kulit tangan. Kulit kering rentan dengan kondisi keriput dan kasar. Perbanyak minum air putih, sekitar 8 gelas per hari.


9 Cara Cepat Menghaluskan Telapak Tangan Kasar


Jika anda adalah pemilik telapak tangan yang kasar, jangan terlalu panik. Cobalah menggunakan sejumlah bahan alami yang mampu mengatasi telapak tangan yang kasar, seperti berikut ini:

1. Scrub Bubuk Kopi

Ampas kopi ternyata cukup efektif sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk pada telapak tangan yang mengeras. Caranya dengan menggosokkan bubuk kopi yang telah dicampur dengan sedikit air, pada telapak tangan terutama pada bagian yang kasar. Biarkan selama 5 menit supaya bahan ini meresap dalam kulit, kemudian bilas dengan air yang mengalir.

2. Gunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis sering digunakan untuk perawatan kulit. Air perasan jeruk nipis ternyata mampu untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada telapak tangan, sehingga membuat kulit menjadi halus kembali.

Cara menggunakan: Gosokkan irisan jeruk nipis pada telapak tangan secara merata. Biarkan airnya mengering, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari dengan rutin.

3. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu untuk menghaluskan permukaan kulit yang kasar atau kapalan. Pilih minyak kelapa yang tidak berbau menyengat. Gosokkan minyak kelapa pada telapak tangan anda sambil memijatnya dengan lembut, biarkan selama 15 menit.

Bilas dengan air dingin, tanpa menggunakan sabun. Biarkan sisa minyak melekat pada telapak tangan, karena nutrisi di dalamnya dapat menghaluskan telapak tangan. Lakukan perawatan alami ini setiap hari, sebelum tidur malam.

4. Gunakan Air Garam

Garam juga dapat digunakan sebagai scrub bagi telapak tangan yang kasar dan kapalan. Untuk menghaluskan telapak tangan, tuangkan garam ke dalam wadah berisi air hangat.


Rendam telapak tangan ke dalamnya, sambil menggosoknya selama beberapa menit. Bilas tangan dengan air dingin, gunakan handuk untuk mengeringkan. Terapkan lotion pelembab pada telapak tangan, untuk meredakan efek kekeringan. Lakukan perawatan ini minimal tiga kali dalam seminggu.

5. Gunakan Lidah Buaya

Telapak tangan yang kapalan dapat diobati dengan gel lidah buaya. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada telapak tangan yang kasar dan kapalan, biarkan gel menjadi kering di telapak tangan. Cuci tangan dengan air bersih, setelah perawatan.

6. Gunakan Kentang

Untuk mengatasi telapak tangan yang kasar, cobalah perawatan dengan kentang. Pertama kupas kentang, kemudian parut. Gosokkan parutan kentang secara merata pada telapak tangan anda. Tunggu selama 20 menit, kemudian bilas dengan jus lemon. Lakukan perawatan ini selama 2 minggu, untuk membuat telapak tangan halus dan lembut.

7. Gunakan Daun Pepaya

Daun pepaya ternyata efektif untuk menutrisi, menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit. Untuk melembutkan telapak tangan, gosokan daun pepaya muda pada telapak tangan hingga lumat. Biarkan selama 5 menit, sebelum dibilas.

8. Gula dan Madu

Gula yang dicampur dengan madu dapat berguna sebagai scrub untuk pengelupasan sel kulit mati pada telapak tangan. Tambahkan sedikit air untuk memudahkan perawatan. Gosok dan pijat telapak tangan dengan campuran kedua bahan ini. Dengan perawatan teratur, maka telapak tangan menjadi halus tanpa adanya kapalan.

9. Susu Cair

Susu tidak hanya menguatkan tulang, tetapi juga dapat mengembalikan kelembutan telapak tangan yang kasar. Susu cair adalah pelembab alami bagi kulit. Untuk melembutkan telapak tangan yang kasar, rendam tangan anda ke dalam wadah berisi susu cair hangat selama 15 menit. Jangan lupa untuk mencuci tangan, setelah selesai.

Nah, itulah 9 cara cepat menghaluskan telapak tangan yang kasar dan kapalan secara alami. Coba metode alami di atas, untuk membuktikan hasilnya. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi. Karena kulit pun butuh nutrisi untuk menjaga kelembutannya. Baca juga artikel tentang 5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit.

foto via livestrong

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Cara Cepat Menghaluskan Telapak Tangan Kasar"

Posting Komentar