8 Makanan Pantangan bagi Penderita Penyakit Ginjal

Makanan pantangan bagi penderita penyakit ginjal harus menjadi perhatian yang serius, untuk mencegah kondisi makin parah. Beberapa jenis makanan mengandung nutrisi tertentu yang baik untuk semua orang, namun memiliki dampak duruk bagi penderita gangguan ginjal.

Makanan-Pantangan-Sakit-Ginjal
Orang sehat tentu saja membutuhkan asupan protein, garam, fosfor, kalium, dan cairan yang memadai. Namun kebutuhan ini berbeda dengan pasien gagal ginjal. Mereka harus membatasi asupan protein, dan mineral tertentu lainnya.

Seseorang yang menderita gagal ginjal kronis, harus mengubah diet atau pola makan secara total. Terutama bagi mereka dengan kesehatan ginjal yang sangat buruk dan sering menjalani dialisis (cuci darah), perubahan menu diet adalah wajib. Diet khusus ini bertujuan untuk mencegah penumpukan limbah secara berlebih dalam tubuh, serta mencegah cairan melimpah di jantung dan paru-paru.


8 Makanan Pantangan bagi Penderita Penyakit Ginjal


Jadi, apa saja makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal? Berikut ini adalah daftar makanan yang wajib dijauhi bagi penderita gangguan ginjal:

1. Berbagai jenis buah dan sayur


Buah-buahan yang mengandung potasium dan kalium, tidak cocok bagi penderita gangguan ginjal. Pasien sebaiknya menjauhi buah pisang, semangka, alpukat, jeruk, dan pepaya. Mineral yang umumnya terdapat dalam sayuran, akan sulit dicerna oleh ginjal yang telah rusak sehingga akan menumpuk pada paru-paru.

2. Garam dan gula

Makanan yang mengandung gula dan garam, juga menjadi pantangan bagi penderita penyakit ginjal. Garam akan memicu naiknya tekanan darah sehingga gangguan ginjal makin parah. Sedangkan makanan manis akan menimbulkan rasa haus yang harus dihindari oleh pasien.

3. Telur dan daging

Protein tinggi dalam telur akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih berat, untuk menyaringnya. Bagi penderita gagal ginjal, protein dapat menumpuk dan meracuni ginjal itu sendiri. Makanan lain yang mengandung banyak protein termasuk daging sapi dan ayam.

4. Nasi

Nasi merupakan makanan yang memiliki karbohidrat tinggi dan gula, yang akan menimbulkan dahaga setelah mengkonsumsinya. Makanan lain yang kaya akan karbohidrat seperti ubi jalar, kentang dan singkong juga tidak cocok dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal.

5. Keju dan cokelat

Olahan susu ini diperkaya dengan kalium, potasium, dan fosfor. Kalium tidak baik untuk penderita gagal ginjal. Sedangkan fosfor yang memenuhi aliran darah akan menyedot kalsium dari tubuh pasien.

Cokelat juga mengandung mineral yang tidak jauh berbeda dengan keju. Potasium dalam cokelat jika diasup oleh pasien penyakit ginjal kronis, tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal sehingga dapat mengakibatkan gagal jantung.

6. Gorengan

Makanan yang mengandung minyak berlebih dapat menyebabkan keracunan asam, karena tidak dapat dicerna oleh ginjal yang mengalami gagal fungsi.

7. Makanan yang mengandung bahan pengawet

Khusus bagi pasien, hindari semua makanan dengan bahan pengawet seperti sarden kaleng, sosis, dan sebaginya. Sodium dan potasium dalam bahan pengawet akan bersifat racun bagi ginjal yang rusak parah.

8. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang umumnya memiliki jumlah fosfor yang tinggi, mineral yang tidak disarankan untuk pasien gagal ginjal.


Pola makan bagi seseorang yang menderita penyakit ginjal kronis


Konsumsi makanan lunak dan mudah dicerna. Cukup kebutuhan energi dengan mengkonsumsi makanan yang rendah protein, sesuaikan dengan tingkat kegagalan fungsi ginjal. Konsumsi makanan yang mengandung serat larut seperti agar-agar, untuk mendapatkan energi.

Itulah 8 makanan pantangan bagi penderita penyakit ginjal. Supaya nafsu makan tidak menurun, sebaiknya pasien gagal ginjal berkonsultasi dengan dokter. Setidaknya kini anda mengetahui alasan dokter untuk mengurangi atau menghindari makanan yang telah disebutkan. Baik untuk kesehatan ginjal: Dua Cara Cuci Ginjal Dengan Alami Dan Murah!

ilustrasi foto oleh Lecic/iStock/Getty Images

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "8 Makanan Pantangan bagi Penderita Penyakit Ginjal"

Posting Komentar