14 Makanan yang Mengatasi Kelelahan Dengan Cepat

Kelelahan sering diderita oleh seseorang, setelah beraktivitas sepanjang hari. Apalagi bagi anda yang memiliki rutinitas harian yang padat, tak jarang energi terkuras habis sehingga tubuh merasa letih dan lelah. Tahukah anda, ada beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan energi dengan cepat?


14 Makanan yang Mengatasi Kelelahan Dengan Cepat
Kehilangan energi dalam rentang waktu yang lama, dapat menyebabkan kelelahan kronis. Kondisi ini memancing keinginan seseorang untuk mengambil minuman berenergi untuk mengembalikan stamina dan tenaga.

Minuman berenergi mungkin dapat menyegarkan tubuh dan mengurangi rasa lelah, namun minuman ini memiliki efek samping yang tidak menguntungkan bagi tubuh dalam jangka panjang.

Jadi, bagaimana cara mengembalikan stamina dan energi, tanpa minuman berenergi? Sejumlah makanan tertentu kaya akan berbagai nutrisi yang berguna untuk mencegah kelelahan kronis yang dapat disebabkan oleh kadar gula darah tidak stabil, sel-sel mengalami kekurangan asupan oksigen, dll.


14 Makanan yang Mengatasi Kelelahan Dengan Cepat>


Cara alami untuk memulihkan stamina tubuh dari kelelahan adalah mengkonsumsi makanan berenergi tinggi. Berikut ini adalah sejumlah makanan sehat yang mampu meningkatkan energi dan stamina tubuh:

1. Oat

Cobalah ganti nasi dengan oat untuk sarapan di pagi hari. Karbohidrat dalam oat akan disimpan sebagai glikogen di dalam tubuh. Glikogen ini berguna sebagai cadangan energi bagi tubuh kita. Jadi, ketika energi berkurang maka tubuh akan memecah glikogen untuk diubah menjadi energi.

2. Almond


Kacang almond mampu memberikan energi bagi tubuh dalam waktu lama. Hal ini disebabkan oleh kombinasi protein nabati dengan lemak sehat dalam makanan sehat ini, efektif untuk menstabilkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang labil merupakan salah satu pemicu turunnya energi.

3. Bayam

Bayam mengandung magnesium yang akan diubah dalam tubuh kita menjadi adenosin trifosfat. Adenosin trifosfat (ATP) merupakan molekul penting yang berperan dalam berbagai proses metabolisme dalam tubuh, termasuk pembentukan energi.

Magnesium juga berguna untuk melemaskan otot sehingga mengurangi ketegangan otot. Kekurangan magnesium akan menyebabkan anda mengalami kelelahan dan tidak berenergi.

4. Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang melimpah, yang menyehatkan sel-sel otak dan saraf. Dengan makan salmon secara rutin juga dapat mencegah gangguan pada fungsi kognitif, yang dapat disebabkan oleh kelelahan kronis. Alternatif lainnya seperti tuna, makarel, atau sarden.

5. Jamur

Jamur mengnadung berbagai jenis vitamin B yang sangat penting untuk proses produksi energi. Riboflavin dalam jamur akan membantu tubuh untuk menghasilkan energi. Niasin dalam jamur berguna untuk mengubah makanan menjadi energi dengan cepat. Asam pantotenat dalam jamur mampu mencegah kelelahan dan meningkatkan kinerja kelenjar adrenal.

6. Buah Citrus

Semua jenis buah yang tergolong ke dalam buah citrus, seperti jeruk keprok dan pamelo mampu untuk menyumbangkan energi bagi tubuh terkait jumlah tinggi vitamin C di dalamnya. Vitamin ini membantu untuk menyuplai oksigen ke otak, sehingga tubuh lebih berenergi dan segar.


14 Makanan yang Mengatasi Kelelahan Dengan Cepat
7. Kurma

Buah kurma memiliki gula alami dalam jumlah tinggi. Dengan makan tiga buah kurma, akan memulihkan energi dengan cepat. Serat dalam kurma juga berguna untuk menstabilkan kadar gula darah, sehingga energi tidak mudah menurun.

8. Semangka

Nutrisi dalam buah semangka berguna untuk mencegah kelelahan kronis. Semangka mengandung vitamin B, kalium, dan air yang berlimpah. Vitamin B dan kalium berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan mendongkrak energi. Sedangkan air dalam buah ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, penyebab tubuh mudah lelah.

9. Buah alpukat

Vitamin-B kompleks dalam alpukat sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan energi. Dengan minum jus alpukat sebelum beraktivitas, akan memberikan energi sepanjang hari.

10. Biji chia

Biji chia mengandung protein, serat, dan omega-3, yang mampu mencegah peradangan dan dibutuhkan untuk kesehatan otot. Mineral dalam biji chia termasuk zat besi, magnesium, dan quercetin. Quercetin memiliki sifat antioksidan yang dapat memulihkan energi yang hilang. Kini biji chia juga dijadikan sebagai bahan untuk produk minuman berenergi.

11. Buah berry

Golongan buah berry termasuk blueberry, raspberry, dan stroberi ternyata efektif untuk mencegah kelelahan kronis. Buah memiliki sedikit gula, tetapi cukup memadai untuk mengembalikan energi yang hilang. Serat yang melimpah di dalamnya baik untuk mencegah penurunan energi secara drastis. Demikian pula vitamin C dalam buah ini bersifat antioksidan yang baik untuk melawan kelelahan.

12. Telur

Telur dilengkapi dengan protein, zinc, dan zat besi. Protein digunakan untuk pembentukan otot dan memberi pasokan energi bagi tubuh. Protein akan diubah menjadi asam amino yang berperan dalam pertumbuhan otot dan proses pemulihan. Sedangkan vitamin B yang terdapat dalam telur juga turut meningkatkan energi tubuh.

13. Susu

Protein dan kalsium dalam susu berguna untuk menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh kita, sehingga terhindar dari kelelahan.

14. Brokoli

Brokoli kaya akan kromium, yaitu mineral penting yang berperan dalam mengatur kadar gula darah. Penurunan kadar gula darah dapat menyebabkan kelelahan.

Itulah 14 makanan yang mampu meningkatkan energi tubuh dan mencegah kelelahan kronis. Mengkonsumsi makanan sehat dengan rutin akan mencegah kehilangan energi secara drastis dan tiba-tiba. Simak juga tentang: 18 Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Solusinya. Pola makan yang benar akan membuat hidup anda lebih berkualitas dan tubuh lebih sehat dan bugar.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "14 Makanan yang Mengatasi Kelelahan Dengan Cepat"

Posting Komentar