12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami, dapat menggunakan bahan yang tersedia di sekitar kita. Cara membuat obat alami untuk mengatasi kutu rambut tidaklah sulit. Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk menyingkirkan binatang kecil ini, sehingga mereka tidak kembali ke rambut anda.

12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat
Kutu rambut adalah hewan parasit yang dapat berpindah tempat dengan cara melompat. Kutu ini dapat menetap di handuk, penutup kepala, sisir, bantal, dan tempat lainnya.

Ketika kutu mulai menghisap darah di kulit kepala anda, maka air liurnya akan menyebabkan rasa gatal. Jika kulit kepala digaruk, maka dapat terjadi luka yang mungkin menimbulkan iritasi.

Kutu betina mampu bertelur sebanyak 6 butir per hari, dan akan menetas seminggu setelahnya. Telur ini tidak dapat dihilangkan dengan shampo biasa, karena melekat dengan kuat pada rambut. Kutu rambut merupakan masalah serius yang harus segera diatasi dengan cepat.


12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat


Untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat, dapat menggunakan shampoo khusus yang tersedia di apotek atau gunakan saja bahan alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah cara efektif untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya tanpa balik lagi:

1. Gunakan cuka putih

Cuka mengandung asam asetat yang efektif untuk membasmi kutu rambut dan telurnya yang belum menetas. Caranya, campur cuka dengan sedikit air kemudian aplikasikan secara merata pada kulit kepala anda. Tunggu selama 2 jam, kemudian bilas rambut anda dengan shampoo dan air yang mengalir.

2. Gunakan almond


Untuk memusnahkah kutu rambut dan telurnya, rendam 10 biji almond ke dalam air selama semalam. Keesokan harinya, kupas dan tumbuk biji almond hingga membentuk pasta. Tambahkan air jeruk nipis, kemudian terapkan krim ini pada rambut dan kulit kepala dengan merata. Biarkan selama 2 jam, sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini dengan rutin setiap hari.

3. Gunakan bawang merah

Allicin yang ada dalam bawang merah tidak hanya efektif untuk menyingkitkan ketombe, tapi juga mampu untuk menumpas kutu rambut beserta telurnya. Cara membuat obat tradisional kutu rambut, pertama tumbuk 5 siung bawang merah. Oleskan pasta ini pada rambut kepala, dari ujung hingga pangkal. Setelah satu jam, gunakan shampoo untuk membilas rambut anda.

4. Basmi kutu dengan gel lidah buaya

Aloe vera tidak hanya efektif untuk menebalkan dan menghitamkan rambut, tetapi juga dapat mengatasi berbagai masalah seperti rambut rontok, bercabang, kutu, dan ketombe. Terapkan gel lidah buaya pada kulit kepala secara merata, pijat dengan lembut selama 15 menit. Biarkan gel melekat pada rambut anda selama 2 jam, kemudian keramas dengan shampo dan air bersih.

5. Gunakan minyak kelapa

Untuk mengusir kutu rambut, cobalah minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kelapa pada kulit kepala secara menyeluruh, kemudian pijat dengan lembut. Gunakan shower cap untuk menutup kepala anda, biarkan selama semalaman. Di pagi hari, keramas hingga bersih. Gunakan sisir bergigi jarang, untuk menyisir rambut anda yang telah kering dan keramas lagi dengan shampoo dan air bersih.

7. Gunakan daun sirsak

Untuk mengatasi kutu rambut, ambil segenggam daun sirsak. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit. Ketika airnya masih hangat, gunakan untuk keramas. Tunggu selama 20 menit, sebelum membilas rambut anda.

8. Gunakan minyak zaitun

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan adalah untuk menghilangkan kutu rambut. Cukup dengan mengoleskan minyak alami ini pada tiap helai rambut anda, kemudian pakailah shower-cap selama semalam. Bilas rambut anda di pagi harinya.

9. Gunakan jus lemon

Buah lemon juga bersifat asam, sehingga membuat kutu rambut tidak betah untuk menetap di kulit kepala. Terapkan jus lemon pada kulit kepala selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

10. Gunakan mayones

Bukan hanya untuk menambah kelezatan burger, ternyata mayones juga efektif untuk membasmi kutu rambut. Cara menggunakannya seperti pada minyak zaitun.

11. Minyak kayu putih dan jeruk nipis

Kedua bahan alami ini terkenal sebagai pembasmi kutu rambut yang sangat efektif. Tuangkan 6 sdm minyak kayu putih ke dalam mangkuk, yang berisi air perasan dua buah jeruk nipis. Usapkan pada kepala anda, tanpa melewatkan sehelai rambut pun. Setelah 2 jam, keramas sampai benar-benar bersih.

12. Gunakan kapur ajaib

Kapur anti kecoa dan semut, ternyata ampuh untuk membunuh kutu rambut. Tumbuk kapur anti serangga, aplikasikan pada kulit kepala anda. Setelah tiga jam, gunakan air dingin dan shampo untuk membilas rambut. Cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan secara berlebihan, karena bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi kulit anda.

Nah, itulah 12 cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan cepat. Simak juga: 7 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dan Rontok. Jagalah kebersihan rambut dan hindari menggunaan benda secara bergantian dengan orang lain.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat"

Posting Komentar