5 Cara Mengobati Muntaber Secara Alami dan Cepat

Cara mengobati muntaber dengan cepat, penting untuk mencegah gangguan perut ini berlanjut ke kondisi yang serius. Muntaber atau disebut dengan penyakit flu perut merupakan gangguan kesehatan akibat infeksi virus atau bakteri eschericial coli di dalam usus. Terkadang mikro-organisme dapat menyerang saluran nafas khususnya tenggorokan dan pada saluran kemih.


5 Cara Mengobati Muntaber Secara Alami dan Cepat
Cairan tubuh penderita muntaber akan terkuras, sehingga mereka merasakan lemas dan tidak berdaya. Muntaber yang menyerang anak-anak harus segera diobati dengan segera, karena penganganan yang terlambat akan berakibat fatal.

Faktor penyebab muntaber

  • Virus atau bakteri yang tinggal pada makanan yang tidak higienis.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Infeksi pada tenggorokan.

Faktor penyebab yang paling umum seperti keracunan makanan, dan lingkungan yang kotor. Apalagi anak-anak yang menyukai jajan sembarangan, dan tidak mencuci tangan sebelum makan.

Gejala penyakit muntaber

  • Perut terasa mual, muntah-muntah, perih, dan kram.
  • Kepala pusing.
  • Sering berhalusinasi.
  • Naiknya panas tubuh yang tidak kunjung reda.
  • Nafsu makan menurun.
  • Tubuh tidak berenergi.
  • Wajah pucat.
  • Penglihatan berkunang-kunang.
  • Sering buang kotoran ke toilet.

Pengidap tifus sangat rentan dengan risiko muntaber. Penyakit muntaber yang menyerang balita dan anak-anak harus mendapatkan solusi yang tepat dan cepat, untuk mencegah kemungkinan buruk yang tidak diinginkan.

Anda perlu waspada ketika si kecil menderita muntaber, karena penyakit ini lebih rentan menyerang anak-anak berumur 2-9 tahun yang notabene imunitasnya belum stabil. Untuk itu, anda sebaiknya segera membawanya untuk berobat ke dokter di rumah sakit terdekat.


5 Cara Mengobati Muntaber Secara Alami dan Cepat


Untuk pengobatan awal, beberapa bahan alami dapat digunakan untuk mengatasi muntaber. Berikut ini adalah cara tradisional untuk mengobati penyakit muntaber:

1. Minum air kelapa


Untuk mengatasi muntaber pada tahap awal, minumlah air kelapa langsung dari buahnya tanpa gula dan es batu. Jangan gunakan gelas, langsung minum airnya yang masih segar. Air kelapa berguna untuk melawan racun yang mungkin terbawa bersama makanan kotor.

2. Larutan oralit

Untuk tindakan awal, buatlah larutan oralit untuk mencegah dehidrasi pada penderita. Cara membuat: masukkan 1 gram garam dapur dan 4 gram gula pasir, ke dalam 200cc air masak. Minum 2-3 gelas larutan oralit, setiap penderita habis muntah. Berikan larutan ini pada pasien hingga mendapat penanganan medis.


5 Cara Mengobati Muntaber Secara Alami dan Cepat
3. Bawang Putih

Rempah ini dapat digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati muntaber dengan cepat. Biasanya muntaber dapat sembuh setelah 4 jam dari waktu pengobatan.

Caranya, tumbuk beberapa rimpang bawang putih hingga halus. Tambahkan garam secukupnya, kemudian seduh bersama air panas. Minum airnya setelah agak dingin.

4. Daun Jambu Biji

Sediakan daun jambu biji dan teh hijau masing-masing sebanyak 7 lembar, dan 1 buah pisang bij. Tumbuk semua bahan sampai halus, tambahkan air seperlunya. Minum airnya, tiga kali dalam sehari.

5. Daun Sembung

Salah satu cara cepat untuk mengobati penyakit muntaber, dapat menggunakan daun sembung. Caranya, rebus 5 lembar pucuk daun sembung bersama 2 gelas air. Biarkan airnya mendidih dan berkurang segelas. Minum ramuan tradisional ini, 2 kali dalam sehari.

Nah, itulah 5 cara mengobati muntaber secara alami dan cepat. Simak juga: 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami. Semua cara yang telah disebutkan merupakan tindakan awal sebelum mendapatkan perawatan dari dokter atau tim medis. Pengobatan alami hanyalah bersifat sementara bagi penderita penyakit yang kondisinya parah. Jika penyakit masih berlanjut, segera menuju ke puskesmas atau rumah sakit terdekat di kota anda.

Baca Juga Lainnya:

1 Response to "5 Cara Mengobati Muntaber Secara Alami dan Cepat"