7 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

Kini sehat - Minyak zaitun merupakan hasil ekstraksi dari buah zaitun yang sarat dengan manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Minyak alami ini dapat dikonsumsi secara langsung, dan digunakan secara eksternal. Kini, minyak zaitun banyak digunakan sebagai bahan kosmetik untuk kecantikan wajah dan rambut.

7 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut
Buah zaitun berasal dari timur tengah, yang telah digunakan sejak ribuan tahun silam. Tentunya anda sering mendengar nama Cleopatra, ratu Mesir di masa lalu ini menggunakan minyak zaitun untuk merawat kecantikan kulitnya. Sehingga wajar jika semua orang terpukau dengan kecantikannya.

Kandungan minyak zaitun

Semua jenis vitamin terdapat di dalam minyak zaitun, terutama vitamin E dengan kadar tinggi. Minyak zaitun juga diperkaya dengan lemak tak jenuh, seperti asam oleat (omega 9). Nutrisi lain yang ada di dalamnya termasuk betakaroten, flavonoida, fitosterol, fenol, sterol, tokoferol, dan squalene.


7 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut


Bagi anda yang ingin memiliki wajah cantik alami dan rambut yang sehat, maka minyak zaitun adalah solusi terbaik. Berikut ini adalah manfaat minyak zaitun untuk kecantikan:

1. Membersihkan sisa-sisa riasan di wajah


Gunakan minyak zaitun sebagai toner bagi wajah anda. Basahi kapas dengan minyak ini, kemudian sapu wajah anda dengannya. Lakukan cara ini sampai sisa-sisa make-up luntur dari kulit wajah.

2. Melembutkan kulit

Untuk mendapatkan kulit wajah yang lembut dan bersinar, cobalah cara tradisional. Campur minyak zaitun dengan jus alpukat, terapkan pada wajah anda sebelum tidur malam. Lakukan pijatan dengan lembut. Asam linoleic dalam minyak zaitun efektif untuk melembabkan kulit anda, sehingga mampu untuk menjaga elastisitas kulit yang pada akhirnya mencegah keriput dini.

3. Mengecilkan pori-pori kulit

Pori-pori wajah yang membesar merupakan salah satu dari beberapa tanda penuaan. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara alami. Basuh wajah anda dengan air hangat, untuk membuka pori-pori wajah. Aplikasikan minyak zaitun pada wajah dengan merata, biarkan selama 10 menit. Bilas wajah anda menggunakan air hangat, kemudian cuci wajah dengan air dingin untuk mencegah kotoran masuk ke dalamnya.

4. Mengatasi wajah berminyak

Wajah anda belepotan oleh minyak? Tentunya hal ini merusak penampilan anda, atasi dengan masker zaitun. Caranya, campur minyak zaitun dengan bubuk cendana hingga terbentuk pasta. Aplikasikan pasta ini pada wajah anda selama 15 menit, kemudian cuci wajah anda dengan air dingin. Keringkan wajah dengan tisu sambil menepuknya secara lembut. Baca juga: 9 ramuan alami untuk mengatasi kulit berminyak.


Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut


5. Memanjangkan rambut

Kini, banyak produk perawatan rambut yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk penyubur rambut. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Caranya, tumbuk lada dan biji jeruk nipis. Campur dengan 2 sdm minyak zaitun, hingga terbentuk krim. Oleskan krim ini pada kulit kepala dan rambut anda. Biarkan selama 20 menit, kemudian keramas dengan air bersih dan shampo.

6. Menebalkan rambut

Zaitun merupakan solusi terbaik untuk rambut tipis. Gunakan minyak alami ini untuk mengatasi kerontokan. Caranya, kocok 2 butir telur ke dalam mangkuk. Campur dengan secangkir minyak zaitun, biarkan selama 2 menit. Terapkan masker ini pada rambut anda, dari akar hingga ujungnya. Biarkan selama 10 menit sebelum keramas.

7. Merawat rambut kusut dan rusak

Untuk mengatasi rambut yang rusak, gunakan bahan alami. Caranya, masukkan minyak zaitun, ekstrak melati, dan kelopak bunga mawar ke dalam botol. Ambil penutup botol, kemudian dikocok sebentar. Simpan selama 24 jam. Ketika ramuan akan digunakan, cuci rambut anda dengan air hangat untuk membuka pori-pori di kulit kepala. Oleskan campuran di dalam botol pada kulit kepala anda secara merata, pijat dengan lembut. Biarkan selama 5 menit, kemudian cuci rambut anda dengan air mengalir dan shampo biasa.

Nah, itulah 7 manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit dan rambut. Minyak zaitun juga berkhasiat untuk menguatkan kuku dan mengobati kapalan (kulit yang menebal) pada telapak kaki. Pelajari juga: 9 Cara alami mengobati tumit retak dengan mudah! Kini, anda lebih cantik dengan cara alami.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "7 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut"

Posting Komentar