20 Manfaat Brojo Lintang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun brojo lintang seringkali disebut dalam ramuan obat tradisional. Apa sebenarnya manfaat brojo lintang bagi kesehatan tubuh? Seberapa hebat efektivitas tanaman ini dalam pengobatan terhadap penyakit? Berbagai literatur menyebutkan khasiat brojo lintang untuk mengobati sejumlah penyakit tertentu. Nah, untuk lebih jelasnya maka anda harus menyimak artikel ini dengan seksama.


20 Manfaat Brojo Lintang Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Brojo lintang merupakan tumbuhan semak yang sering juga digunakan sebagai tanaman hias. Nama latin untuk tanaman ini adalah Belamchanda chinensia, tergolong ke dalam keluarga Iridaceae.

Brojo lintang juga sering disebut bunga semprit, suliga, jamaka atau leopard lily. Tanaman ini mungkin berasal dari Cina, Jepang, atau India. Pastinya, bunga brojo lintang kini tersebar di seluruh penjuru dunia.

Ciri-ciri brojo lintang

Tinggi dari pohon brojo lintang dapat mencapai 1.5 meter. Tanaman tahunan ini tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi, hingga 2 km di atas permukaan laut. Daun brojo lintang berwarna hijau kebiru-biruan, dengan tepi yang rata. Bunganya memiliki kelopak berbentuk segitiga, warnanya ungu. Warna buahnya adalah hijau, dengan bijinya yang bulat pipih dan berwarna putih.

Kandungan daun brojo lintang

Zat kimia yang terdapat di akar brojo lintang seperti iridin, belamkandin, tectorigenin, tectoridin, dan glikosida skekanin. Daun dan bunga brojo lintang mengandung mangiferin.

Efek farmakologis dalam tanaman ini yang telah diketahui seperti antibiotik, anti virus, anti inflamasi, laksatif, peluruh dahak, antipiretik, dan melancarkan aliran darah. Tanaman ini memiliki sifat sejuk dan pahit.


20 Manfaat Brojo Lintang Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Hingga kini, penelitian tentang efektivitas brojo lintang terhadap kanker prostat masih berlangsung. Berikut ini adalah manfaat brojo lintang untuk mengobati beberapa jenis penyakit:

1. Sebagai penurun panas (antipiretik)


Ketika tubuh anak anda menderita panas, obati dengan bunga brojo lintang. Ambil 15 gram daun dan bunga brojo lintang, tumbuk hingga lembut. Balurkan pada tubuh anak, untuk menurunkan panas.

2. Mengobati radang amandel

Sifat anti inflamasi dalam tanaman brojo lintang, berguna untuk mengatasi peradangan pada penyakit gondongan. Cara membuatnya, siapkan 5 gram akar brojo lintang, 2 gram akar nyamplung, 1 gram buah adas, dan 2 lembar daun sirih. Rebus dengan 100 ml air hingga mendidih selama beberapa saat. Berkumur dengan airnya di pagi dan malam hari, dengan takaran 50 ml. Lakukan pengobatan selama 2 minggu.

3. Mencegah sembelit

Jika anda menderita gangguan perncernaan seperti sembelit, atasi dengan cara tradisional. Minum air rebusan dari daun brojo lintang dengan rutin setiap hari.

4. Mengatasi sakit pinggang

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita sakit pinggang. Gangguan kesehatan ini tentu saja cukup menyiksa dan mengganggu rutinitas harian anda. Daun brojo lintang efektif untuk meredakan sakit pinggang. Caranya, tumbuk daun brojo lintang dan adas pulosari, hingga kedua bahan menjadi lumat. Balurkan pada pinggang yang sakit.

5. Mengatasi sakit tenggorokan

Daun brojo lintang memiliki sifat anti radang, yang mampu mengurangi dan menghilangkan sakit tenggorokan. Caranya, cuci tanaman ini dengan air mengalir. Tumbuk dan peras untuk mengambil sarinya. Minum airnya untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

6. Mengobati asma dan batuk

Brojo lintang juga berguna untuk meredakan batuk dan mengurangi gejala asma. Caranya, sediakan 5 gram akar brojo lintang, 2 lembar daun sirih, 3 gram kayu masoyi, dan 5 gram daun kering patikan kebo. Rebus semua bahan bersama 110 ml hingga mendidih selama beberapa saat. Minum airnya yang hangat, 2 kali dalam seminggu.

7. Mengatasi demam nifas

Sifat antipiretik dalam brojo lintang berguna untuk mencegah dan menurunkan demam pada ibu setelah masa persalinan. Cukup dengan mengunyah akar brojo lintang, yang dicampur dengan daun sirih.


Manfaat Brojo lintang untuk kecantikan kulit


8. Mengobati dermatitis

Beberapa faktor eksternal dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit, atau disebut dermatitis. Untuk mengatasi gangguan kulit ini, gunakan saja brojo lintang. Caranya, cuci 900 gram tanaman brojo lintang dengan air yang mengalir dan bersih. Rebus dengan 16 liter air selama 60 menit, tambahkan 120 gram garam. Saat airnya masih hangat, gunakan untuk mencuci bagian kulit yang bermasalah.


Manfaat brojo lintang lainnya


Akar brojo lintang juga efektif untuk mengobati beberapa penyakit di bawah ini:

  • Gonore
  • Asma
  • TBC kelenjar
  • Pembengkakan pada limfa dan hati
  • Malaria
  • Luka yang terkena panah beracun
  • bisul
  • Peradangan paru-paru
  • Infeksi virus
  • Siklus haid tidak teratur
  • Laringitis dan pheryngitis
  • Batuk

Peringatan: Tanaman brojo lintang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Nah, itulah 20 manfaat brojo lintang untuk kesehatan dan kecantikan. Simak juga: 5 manfaat bunga Jotang bagi kesehatan dan kecantikan! Berbagai manfaat dan khasiat inilah yang menyebabkan tingginya permintaan pasar terhadap tanaman ini.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "20 Manfaat Brojo Lintang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar