7 Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi

Radang amandel merupakan infeksi pada amandel yang umumnya menyebabkan peradangan pada area amandel atau tonsil. Infeksi ini disebabkan oleh virus, sering menimbulkan demam dan sakit tenggorokan. Peradangan pada Amandel (tonsilitis) biasanya diderita oleh anak-anak, meski terkadang dapat terjadi juga pada orang dewasa.

7 Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi
Amandel adalah organ yang bertindak dalam menjaga imunitas tubuh. Nyeri atau peradangan yang terjadi pada amandel menunjukkan daya tahan tubuh yang lemah, sehingga tubuh mudah terinfeksi oleh bakteri.

Jika anak-anak terkena tonsillitis, maka mereka akan merasakan nyeri ketika menelan makanan. Pada kondisi menahun, tidak ada nyeri yang dirasakan kecuali jika peradangan yang terjadi sangat parah.

Penyebab tonsillitis

Amandel meradang dapat disebabkan oleh beberapa jenis virus seperti cytomegalovirus, virus RSV, herpes simpleks virus, virus HIV, dll. Penyakit ini juga dapat terjadi akibat infeksi oleh bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycoplasma pneumoniae, Streptococcus pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, Fusobacterium, pertusis, dll.

Sakit amandel terjadi akibat infeksi kelenjar getah bening yang berada di dekat tenggorokan. Penyakit tonsilitis disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat atau infeksi oleh virus dan bakteri. Gaya hidup yang tidak sehat termasuk:

  • Kekurangan asupan vitamin C.
  • Kurang minum air.
  • Mengkonsumsi makanan yang memakai bahan pemanis buatan, pengawet, dan bahan kimia.
  • Kurang menjaga kebersihan makanan.
  • Sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, dingin, pedas, dan asam.

Gejala Penyakit Radang Amandel

  • Tonsil berwarna merah
  • Kesulitan ketika menelan makanan dan bernafas
  • Pusing
  • Demam
  • Suara menjadi parau
  • Nafas menimbulkan bau
  • Mual

7 Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi



Sebelum menggunakan obat alami, periksakan ke dokter untuk mengetahui parah atau tidaknya radang tonsil. Operasi amandel dilakukan jika radang tonsil telah berada pada kondisi kritis. Berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi radang amandel:

1. Daun benalu

Radang amandel juga dapat diobati dengan daun benalu yang hidup di pohon jeruk nipis. Sediakan daun benalu dan adas pulo waras. Tumbuk kedua bahan sampai halus, seduh bersama air panas. Saring, tunggu sampai dingin kemudian minum airnya dengan teratur.

2. Jeruk nipis


Jeruk nipis dapat mengobati infeksi pada amandel dan mengurangi peradangan yang terjadi. Vitamin C di dalamnya juga dapat menjaga imunitas tubuh. Peras jeruk nipis sebanyak 2 buah, campur airnya dengan air kapur sirih. Minumlah campuran ini secara rutin pada waktu pagi, siang dan malam hari.

3. Bawang Merah

Bumbu dapur ini mengandung anti inflamasi, yang dapat meredakan radang dan rasa panas akibat penyakit radang amandel. Cukup dengan mengunyah bawang merah mentah, kemudian menelannya. Meskipun rasanya getir dan pedas, cara ini mampu mengobati peradangan yang terjadi.

4. Kulit Manggis

Sediakan kulit manggis kering sebanyak 15 buah, rebus ke dalam air hingga mendidih selama beberapa menit. Ketika air telah berubah menjadi hangat, gunakan untuk berkumur tanpa menelan airnya.

5. Mengkudu

Buah Mengkudu meski berbau kurang sedap, namun efektif dalam menyembuhkan penyakit radang tonsil. Peras buah mengkudu matang, kemudian saring dan campur  dengan madu murni. Minum air perasan mengkudu ini setiap hari.

6. Jahe

Jahe mengandung anti inflamasi yang mampu meredakan radang amandel yang diderita. Rebus jahe yang telah ditumbuk, tambahkan madu ketika air menjadi hangat. Minum ramuan ini dengan rutin setiap hari.

7. Madu

Madu dapat ditambahkan bersama salah satu dari bahan alami di atas. Madu bekerja membantu untuk mengatasi gejala radang amandel yang dialami.


Tips Pengobatan Radang Amandel


Selain menggunakan ramuan alami, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pasien seperti di bawah ini:

Jauhi makanan pedas

Hindari semua jenis makanan yang banyak mengandung lemak, pedas, dan makanan berminyak.

Perbanyak Istirahat

Dengan istirahat yang cukup akan memulihkan stamina dan daya tahan tubuh, sehingga penyakit tidak bertambah parah.

Pilih makanan yang lunak

Cobalah mengganti makanan yang bertekstur keras dengan jus buah dan sayur. Cara ini lebih melegakan bagi tenggorokan.

Perbanyak minum air

Dengan asupan air yang cukup akan mencegah dehidrasi tubuh dan kekeringan pada bagian tenggorokan. Penderita radang tonsil pun akan terhindar dari kelemasan.

Itulah Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi. Namun peradangan yang telah kronis harus tetap diperiksa oleh tim medis. Baca juga: 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami. Operasi mungkin menimbulkan risiko, namun pada kondisi parah maka harus dilakukan untuk mendapatkan kesembuhan.

foto via onsugar.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "7 Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi"

Posting Komentar