13 Makanan Yang Mengharumkan Bau Badan Secara Permanen

Makanan Yang Mengharumkan Bau Badan Secara Permanen. Bau badan sering menghilangkan rasa percaya diri, terutama bagi wanita. Bahkan, penampilan yang menarik tidak mampu menutupi bau tubuh yang tidak sedap. Keringat bercampur kotoran menjadi sarang yang disukai oleh bakteri. Kondisi inilah yang menyebabkan bau badan menyengat.

13 Makanan Yang Mengharumkan Bau Badan Secara Permanen
Keringat diproduksi oleh kelenjar apocrine dan accrine. Kelenjar accrine menghasilkan cairan bening yang tidak berbau, dan bekerja sejak bayi.

Berbeda dengan kelenjar apocrine yang menghasilkan keringat pada area tubuh tertentu, yang biasanya ditumbuhi dengan rambut seperti seperti ketiak atau hidung. Kelenjar ini akan mengalami peningkatan produksi, khususnya pada masa pubertas. Keringat inilah yang rentan menimbulkan bau badan.


13 Makanan Yang Mengharumkan Bau Badan Secara Permanen


Beberapa jenis makanan dan bahan alami lainnya dapat membuat bau keringat menjadi harum dan segar. Berikut bahan-bahan alami yang mampu mengusir bau tidak sedap pada keringat:

1. Daun Beluntas (Pluchea Indica)

Meskipun daun beluntas terasa getir jika dimakan secara langsung, namun kaya akan alkali yang berperan sebagai antiseptik. Untuk mengharumkan bau badan, makan daun beluntas yang telah dimasak. Jika anda kurang menyukai cara ini, alternatif lainnya adalah minum air daun beluntas yang telah direbus. Cara ini benar-benar bekerja dan membuat bau badan menjadi harum.


2. Daun Kemangi (Ocimun Baliscium)

Selain mampu meningkatkan nafsu makan, daun kemangi juga dapat mengusir bau keringat disebabkan antiseptik di dalamnya. Makanlah daun kemangi sebagai lalapan, untuk menyegarkan bau badan anda. Jangan menggunakan cara ini, jika anda memiliki tensi yang tinggi.

3. Daun Sirih (Piper betle)

Daun sirih memiliki sifat antiseptik dan minyak atsiri yang mampu mengharumkan bau badan. Ada dua cara perawatan menggunakan bahan ini. Pertama, minum air rebusan daun sirih dengan rutin setiap hari. Cara kedua adalah perawatan dari luar, yaitu dengan mengoleskan campuran daun sirih dan kapur sirih pada biang keringat seperti ketiak dan lipatan kulit lainnya.

4. Cengkih (Syzygium aromaticum)

Cengkih adalah rempah yang sangat ampuh untuk mengatasi bau badan. Caranya, rendam cengkih hingga mengembang. Tambahkan gula merah, kemudian minum arnya secara teratur setiap hari.

5. Kayu manis (Cinnamomum verum)

Cara menghilangkan bau badan menggunakan kayu manis sangat mudah dan nikmat. Seduh kayu manis bersama air teh panas. Minum selagi hangat, di pagi dan sore hari.

6. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

Tanaman memiliki zat penting termasuk flavonoid, saponin, dan minyak atsiri. Ketiga senyawa ini ampuh untuk menghilangkan bau badan. Rebus irisan temulawak dan asam jawa ke dalam panci berisi segelas air. Biarkan airnya menyusut separuh, minum ketika dingin. Baca juga: 12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Juga Kecantikan.

7. Jeruk Purut (Citrus Bystrix) dan kencur

Minyak atsiri ypada kulit jeruk ini cukup melimpah, sehingga menimbulkan bau harum. Jeruk purut juga mampu mengharumkan bau badan anda. Tumbuk kulit jeruk purut dan kencur, minum air dari campuran kedua bahan ini.

8. Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)

Sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk, jeruk nipis telah lama digunakan. Sedangkan untuk mengatasi bau badan, jeruk nipis ternyata cukup efektif. Peras jeruk nipis, campur dengan kapur sirih. Gosokkan pada ketiak anda untuk meredakan bau badan yang tidak sedap.

9. Bunga Kecombrang (Nicolaia Speciosa)

Aroma tubuh akan menjadi wangi dan segar dengan mengkonsumsi bunga dan pucuk daun kecombrang secara rutin. Bunga ini kaya akan saponin, polifenol, dan flavoinoida.

10. Biji Pala (Myristica fragrans)

Minyak biji pala mengandung atsiri, yang sering digunakan sebagai bahan parfum dan sabun. Air rebusan biji pala juga berguna untuk mengharumkan bau keringat.

11. Mentimun (Cucumis Savitus)

Gosokkan irisan buah mentimun pada area tubuh yang sering menjadi biang keringat. Perawatan luar ini efektif dalam meredakan bau badan.

12. Jahe (zingiber Officanale)

Rimpang jahe memiliki sifat anti-radang, anti-tumor, antiviral, anti-jamur dan anti-bakteri. Berbagai senyawa penting inilah yang membuat jahe efektif untuk mengatasi bau badan. Cara menggunakan jahe untuk mengatasi bau badan dengan minum wedang jahe secara teratur setiap hari.

13. Jambu mawar (Syzygium jambos)

Jambu mawar atau jambu kraton memiliki aroma harum seperti bunga mawar. Selain efektif untuk mengobati bau mulut (halitosis), jambu mawar juga berkhasiat untuk mengharumkan bau keringat. Caranya cukup dengan mengkonsumsi secara langsung.

Demikian 13 makanan yang mampu mengharumkan bau badan anda. Di samping menggunakan bahan-bahan di atas, hindari menggunakan pakaian yang sulit untuk menyerap keringat.

foto via dihealth.net

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "13 Makanan Yang Mengharumkan Bau Badan Secara Permanen"

Posting Komentar