20 Tips Supaya Anak Lebih Cerdas Dan Pintar

Setiap orang tua tentunya ingin anaknya lebih cerdas dan pandai dalam berbagai disiplin ilmu. Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor genetik sangat memengaruhi kecerdasan otak seseorang. Di samping itu, asupan gizi yang seimbang dan faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak. Jadi, bagaimana cara mendidik anak supaya lebih cerdas dan pintar?

Anak Cerdas Dan Pintar
Setiap ibu berharap supaya anaknya punya otak brilian. Tidak ada satupun yang ingin anaknya bodoh atau lambat dalam berfikir. Untuk mendidik anak supaya cerdas, bukan hanya tugas guru di sekolahan. Orang tua sangat berperan dalam hal ini.

Agar anak menjadi cerdas, pastikan ia berada di lingkungan yang kondusif untuk belajar. Kehidupan keluarga yang harmonis dan suasana ketenangan, akan menentukan perkembangan daya fikir seorang anak. Supaya anak lebih pintar dan pandai, upaya mendidiknya harus dilakukan sejak usia dini.


20 Tips Supaya Anak Lebih Cerdas Dan Pintar


Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua, supaya anaknya lebih cerdas dan pintar:

1. Berikan ASI eksklusif pada bayi anda

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI eksklusif cenderung memiliki imunitas yang baik daripada bayi yang diberikan susu formula. Bukan hanya kekebalan tubuh yang meningkat, tapi kecerdasan otak lebih tajam.

2. Tingkatkan perkembangan otak anak anda dengan minyak ikan

Minyak ikan kaya akan omega-3 dan DHA, yang baik untuk menunjang perkembangan otak. Omega-3 juga dapat diperoleh dari sumber nabati, seperti buah alpukat. Lebih lengkap: 15 Makanan Yang Mengandung Omega 3 Terbaik

3. Tumbuhkan sikap mandiri dan tanggung jawab

Terlalu memanjakan buah hati anda tidaklah baik bagi perkembangan kepribadiannya. Sikap khawatir adalah wajar, tapi jangan berlebihan. Biarkan anak belajar mengerjakan tugas yang menurutnya agak sulit, bantu ia ketika benar-benar tidak sanggup menyelesaikan tugas tersebut.

4. Sering berkomunikasi dengan anak


Jangan hanya mengandalkan guru di sekolahan, dalam upaya mendidik anak. Lakukan komunikasi secara aktif dengan anak, karena perhatian orang tua sangat menentukan perkembangan otak dan cara berfikir mereka.

5. Dengarkan pendapatnya

Jika anak terlatih mengeluarkan opini maupun ide, maka kondisi ini sangatlah baik untuk mengasah kecerdasannya. Jika anda tidak mendengar opini dan ide darinya, sifat pemalu dan minder dapat tumbuh dalam dirinya. Jadi, hargai gagasan yang muncul dari benaknya.

6. Sanjung anak anda saat berprestasi

Menyanjung anak atas keberhasilannya dalam pelajaran atau bidang akademik lain, akan menumbuhkan rasa percaya diri. Tindakan ini sangat penting untuk mengasah kecerdasan otaknya. Sebaliknya, membentak anak saat ia bersalah dapat merusak sel-sel otak.

7. Lingkungan yang tenang

Supaya anak menjadi cerdas dan pintar, jauhkan ia dari lingkungan yang bising dan ramai. Hasil penelitian di Jepang menyimpulkan bahwa anak kecil yang tumbuh di lingkungan bising lebih rendah daya ingatnya daripada mereka yang menetap di lingkungan yang sepi.

8. Sering bacakan buku cerita

Saat anak anda belum bisa membaca, bacakan buku dongeng yang memuat pelajaran baik. Dengan mendengar cerita yang anda baca, daya imajinasi dan kecerdasan anak akan meningkat.

9. Temani anak anda saat nonton TV

Tidak semua program acara TV ditujukan untuk anak-anak. Pastikan acara televisi yang ditonton si kecil merupakan tayangan khusus untuk anak kecil. Anda dapat melihat tulisan di pojok layar monitor, apakah tayangan tersebut cocok untuk anak anda. Meskipun begitu, jangan biarkan anak berlama-lama di depan monitor TV, karena ia akan malas untuk belajar.

10. Sesekali, temani anak anda saat bermain

Saat anak bermain dengan temannya, sesekali dampingi mereka. Dengan cara ini, anda akan mengetahui potensi dalam dirinya.

11. Ajak anak anda bermain permainan edukatif


20 Tips Supaya Anak Lebih Cerdas Dan Pintar
Permainan yang dapat mengasah kemampuan otak seperti puzzle atau Sudoku. Permainan edukatif dapat membantu dalam mencerdaskan otak.

12. Olahraga teratur

Suruh anak anda untuk berolahraga, tidak perlu berat tapi harus rutin. Tubuh yang sehat dan bugar akan membuat daya fikir lebih jernih.

13. Bersikaplah interaktif dengan anak

Setiap anak kecil biasanya mudah penasaran terhadap hal-hal baru yang belum dipahami. Ketika mereka menanyakan suatu hal terkait pelajaran di sekolah atau dari lingkungan sekitar, berikan penjelasan dengan baik dan mudah dimengerti olehnya.

14. Sarapan dengan rutin

Biasakan anda untuk makan pagi dengan menu kaya protein dan serat. Gizi dalam makanan akan membuat otak lebih segar saat berfikir, tapi pastikan menu makanan yang seimbang.

15. Jangan biarkan anak anda mengalami stres

Ketika sikap anak berbeda dari hari biasa, tanyakan apa yang terjadi pada dirinya. Biasakan anak mengungkapkan masalahnya kepada orang tua. Bantu anak dalam menyelesaikan masalah yang membuatnya stres. Stres dapat menghambat kecerdasan pada seseorang, juga dapat terjadi pada anak kecil.

16. Jauhi jajan yang mengandung banyak bahan pengawet

Jangan biarkan anak anda sering makan jajanan yang tidak sehat, seperti junk food atau snack yang berbahan MSG. Penyedap rasa yang ditambahkan pada makanan ringan pada umumnya tidak baik untuk kesehatan otak. Ketahui juga: 14 Bahaya Pengawet Makanan Bagi Kesehatan Tubuh

17. Pastikan anak beristirahat cukup

Jangan biarkan anak begadang hingga larut malam, karena kebiasaan tersebut akan menurunkan konsentrasi saat belajar. Suruh anak anda untuk tidur selama 8 jam setiap malam.

18. Kontrol apa yang didapatkan anak anda saat bersosial

Biarkan anak bermain di lingkungan sekitar tempat tinggal. Mengekang pergaulannya dengan teman tidaklah baik. Tapi, pastikan apa yang dipelajari oleh anak bukanlah hal-hal yang buruk.

19. Sesekali, ajak anak untuk rekreasi

Belajar terus-menerus tanpa waktu unutk bersantai, dapat menyebabkan anak menjadi stres. Luangkan waktu anda, untuk berekreasi bersama seluruh anggota keluarga. Ajak anak anda untuk menikmati wisata alam.

20. Sertai dengan do’a

Usaha untuk mencerdaskan anak haruslah diiringi dengan do’a kepadaNya. Kecerdasan berasal dari-Nya, jadi berdo’alah setiap saat.

Nah, itulah 20 cara mendidik anak supaya cerdas dan pintar. Jika anda menerapkan semua poin yang disebutkan di atas, maka tidak mustahil jika anak anda kelak menjadi seorang yang brilian dan jenius. Semoga bunda berhasil dalam mendidik anak dengan baik. Penting untuk dipelajari: Hindari 18 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "20 Tips Supaya Anak Lebih Cerdas Dan Pintar"

Posting Komentar