Hindari 18 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak

Seiring perkembangan zaman, banyak bertebaran produk siap saji yang tidak sehat. Ditambah lagi kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari akan berdampak buruk bagi kesehatan di masa depan.

Hindari 18 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak


1. Begadang

Tidak diragukan lagi tentang bahaya begadang terhadap kesehatan, termasuk otak. Jika terpaksa melakukan aktivitas yang satu ini, sebaiknya penuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga stamina tubuh.


2. Sering makan sate

Makanan yang proses pembuatannya dengan dibakar seperti sate dapat memicu sel-sel kanker dan otak, disebabkan karbon yang timbul akibat pembakaran. Hindari konsumsi makanan seperti itu secara berlebihan, imbangi dengan makan mentimun sebelumnya.

3. Menggunakan botol bekas untuk wadah minum

Botol plastik umumnya terbuat dari bahan polyethylene terephthalate yang mengandung zat-zat karsinogen (DEHA). Botol ini boleh digunakan sekali saja, jauhkan dari sinar matahari secara langsung. Lapisan plastik yang mengandung zat karsinogen dapat masuk ke dalam air, jika dicuci secara berulang-ulang. Gunakan botol khusus untuk air minum.

4. Makan udang setelah konsumsi suplemen vitamin C


Kebiasaan buruk ini dapat menimbulkan racun Arsenik, yang merupakan racun yang bersifat fatal dalam hitungan beberapa jam. Konsumsi dua jenis makanan ini dapat mengganggu sel-sel stimulus otak yang pada akhirnya dapat menyebabkan IQ turun dan kebodohan.

5. Kemasan makanan

Bungkus makanan tidaklah selalu melindungi makanan, justru kebanyakan dari mereka terbuat dari bahan berbahaya. Cermatlah dalam memilihnya.

6. Sering makan Mie instan

Perhatikan mie instan yang sedang dimasak, tidak lengket datu dengan lainnya. Ini disebabkan lapisan lilin yang bersifat merusak kesehatan tubuh, dapat memicu risiko kanker.

7. Minum kopi secara berlebihan

Konsumsi kopi terlalu banyak adalah buruk bagi otak. Rekomendasi ahli kesehatan untuk minum kopi paling banyak sekitar 3 cangkir kecil setiap hari.

8. Makan secara berlebihan

Banyak makan dapat mengeraskan pembuluh di otak, sehingga memicu penurunan mental. Biasakan dengan porsi normal, berhentilah sebelum merasa kenyang

9. Tidak sarapan

Membiarkan perut dalam keadaan kosong hingga siang hari, akan menurunkan kadar gula darah. Otak akan kekurangan nutrisi sehingga kinerja menurun.

10. Konsumsi gula dalam jumlah banyak

Kelebihan asupan gula dapat menghamba penyerapan protein dan nutrisi lain, sehingga mengganggu perkembangan otak.

11. Kekurangan tidur

Hutang tidur yang terus-menerus akan melemahkan sel-sel otak, sehingga membuat otak merasa kelelahan. Kebanyakan tidur dapat menumbuhkan rasa malas. Durasi tidur yang proporsional berkisar antara 6-8 jam per hari. Baca: Alasan Kenapa Harus Tidur 8 Jam Setiap Hari

12. Polusi udara

Otak juga membutuhkan udara dalam jumlah yang tidak sedikit. Udara yang mengandung polusi akan berdampak menurunnya efisiensi otak.

13. Menutupi kepala dengan bantal saat tidur

Kebiasaan buruk ini sangat berbahaya, dimana karbondioksida yang terkonsentrasi sangat berbahaya bagi kesehatan otak.

14. Stimulasi otak yang kurang

Cara untuk melatih kerja otak adalah dengan berfikir. Otak akan menyusut jika jarang digunakan untuk berfikir. Perbanyak membaca, belajar, dan berpikir kreatif.

15. Memaksakan kerja otak untuk berfikir

Ketika kondisi fisik dengan tidak baik, berfikir keras akan menurunkan efektivitas otak. Perbanyak istirahat, jangan memaksa otak untuk terus berfikir keras.

16. Jarang bercakap-cakap

Tidak selalu benar, jika diam dianggap sebagai emas. Obrolan yang berkualitas dapat meningkatkan kecerdasan otak.

17. Kebanyakan menonton acara di televisi

Sering menonton TV, terutama acara yang tidak berkualitas akan menurunkan kemampuan otak.

18. Terlalu lama menggunakan telepon genggam

Menurut penelitan, telepon seluler dapat menimbulkan gelombang elektromagnetik yang mengganggu fungsi otak. Gunakan headset ketika menerima panggilan dalam durasi lama.

Itulah kebiasaan buruk yang merusak otak Anda. Gaya hidup sehat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan otak, demikian pula olahraga teratur dan konsumsi makanan sehat.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Hindari 18 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak"

Posting Komentar