3 Manfaat Daun Anggrung Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun anggrung untuk kesehatan, selama ini memang belum dikenal banyak orang. Padahal, daun ini berkhasiat untuk mengobati penyakit tertentu dan gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh zat kimia yang ada di dalam daun anggrung. Sebelum membahas tentang manfaat kesehatan, maka kita akan kupas dulu ciri-ciri tanaman ini.

3-Manfaat-Daun Anggrung-Untuk-Kesehatan-Tubuh
Mungkin artikel ini tidak cocok bagi anda yang ingin sembuh dari penyakit secara instan. Bagaimana pun, semua jenis obat herbal memiliki efek penyembuh yang notabene cukup kuat tapi butuh waktu yang tidak singkat.

Berbeda ketika anda menggunakan obat-obatan kimia yang menimbulkan reaksi yang cepat, tapi sering menyisakan dampak pada jangka panjang. Jadi, semua itu tergantung kepada anda sebagai pengguna. Mau pilih obat-obatan tradisional, atau mengkonsumsi obat kimia.

Nama ilmiah untuk tanaman anggrung adalah Trema orientalis atau Celtis orientalis, tergolong ke dalam keluarga Ulmaceae. Tanaman ini memiliki nama lain seperti bengkire, mangkirai, bongkoreyon, tayapi, dehong, dan kuray. Mungkin anda memiliki sebutan lain untuknya?

Ciri-ciri tanaman anggrung

Warna dari daun anggrung adalah hijau kekuningan. Lebarnya sekitar 3 cm dan panjang daun sekitar 7 cm. Tinggi pohonnya dapat mencapai 10 cm, berwarna kecoklatan. Pohon anggrung memiliki akar tunggang, daunnya berseling-seling dengan bagian tepi tidak bergerigi.

Kandungan anggrung

Daun anggrung memiliki efek farmakologis yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit. Sifat penyembuh yang dimaksud adalah anti spasmodik dan anti diare. Khasiat ini berasal dari beberapa senyawa kimia yang tersedia di dalam tanaman ini, seperti saponin, polifenol, dan flavonoida.


3 Manfaat Daun Anggrung Untuk Kesehatan Tubuh


Mungkin para pembaca bertanya dalam hati, apa sih manfaat dan khasiat daun anggrung? Kenapa harus repot, jika banyak cara instan dapat dilakukan? Seperti uraian di awal, zat kimia yang berasal dari tanaman tentu lebih aman untuk digunakan dan tidak mengandung efek samping. Di balik kesederhanaan anggrung, ternyata tersimpan beberapa khasiat untuk pengobatan terhadap penyakit seperti berikut ini:

1. Meredakan diare


Tentu anda akan menjadi sibuk, saat diare menyerang. Dalam sehari saja, pulang pergi ke toilet tanpa terhitung berapa kali. Obati diare dengan daun anggrung. Ambil 8 gram daunnya, kemudian cuci dengan air bersih. Rebus daun ini bersama dua gelas air selama 20 menit. Minum airnya 2 kali dalam sehari, untuk menghentikan diare dengan segera.

2. Mengobati batuk

Suasana rapat atau pertemuaan akan terganggu, ketika salah satu dari peserta menderita batuk. Bukan hanya penderita yang merasa tersiksa, peserta lain pun turut terganggu kenyamanannya.

Nah, untuk mengatasi batuk secara alami, cobalah cara tradisional menggunakan anggrung. Siapkan 10 gram daun anggrung, cuci dengan air yang mengalir. Rebus bersama 3 gelas air selama ½ jam. Tambahkan madu murni dan jeruk nipis, minum di pagi dan malam hari.

3. Mengatasi disentri, masuk angin

Akar tanaman anggrung efektif untuk mengobati disentri. Ambil 5 gram akarnya, cuci dengan air hingga bersih. Rebus dengan 2 gelas air selama 25 menit. Minum airnya sebanyak segelas, di pagi dan sore hari.

Nah, itulah 3 manfaat daun anggrung untuk kesehatan. Cara tradisional biasanya menggunakan bahan alami yang aman digunakan. Adanya khasiat anggrung ini membuat daftar tanaman obat makin sulit untuk dihitung. Memang nyatanya, banyak tanaman yang tersebar di bumi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Menarik juga: 10 manfaat daun zodia untuk kesehatan! Jadi, selalu perhatikan tanaman yang tumbuh di sekitar anda.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "3 Manfaat Daun Anggrung Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar