10 Manfaat Daun Zodia Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat tanaman zodia untuk kesehatan tidak diketahui oleh banyak orang. Daun zodia biasanya digunakan oleh orang Papua sebagai pengusir nyamuk, disebabkan aromanya yang sangat dibenci oleh nyamuk. Selain sebagai repellent, daun zodia ternyata juga berkontribusi di dunia kesehatan. Penyakit berbahaya seperti malaria dan kanker dapat diobati menggunakan racikan daun atau bunganya.

10 Manfaat Daun Zodia Untuk Kesehatan Tubuh
Ciri-ciri tanaman zodia

Nama ilmiah dari tanaman zodia adalah Evodia sauveolens, tergolong ke dalam suku Rutaceae. Dari Papua, tanaman ini kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia. Tinggi pohonnya dapat mencapai 2 meter. Daunnya berwarna kuning kehijauan, berbentuk pipih dan cukup lentur. Jika daun-daun ini bergesekan satu sama lain, akan timbul aroma yang khas.

Tanaman zodia sebagai tanaman hias sering juga disebut pohon nyamuk. Bau daunnya mampu mengusir nyamuk, efeknya tidak jauh berbeda dari akar wangi, lavender, geranium, serai wangi, dan bunga rosemary. Hal ini disebabkan oleh senyawa linalool yang terdapat di dalam daunnya.


10 Manfaat Daun Zodia Untuk Kesehatan Tubuh


Bukan sekedar tanaman hias atau repellent saja, ternyata ekstrak zodia mengandung berbagai zat aktif yang berguna untuk pengobatan. Beberapa senyawa di dalamnya termasuk a-pinene, rutaecarpine dan evodiamine. Berikut ini adalah manfaat daun zodia untuk mengobati beberapa jenis penyakit:

1. Melawan pertumbuhan kanker


Senyawa penting dalam daun zodia ternyata efektif untuk memerangi aktivitas sel kanker yang berbahaya di dalam tubuh. Bahkan, perkembangan tumor dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun zodia. Menarik: 5 jenis kanker kulit dan cara mencegahnya!

2. Mengobati sariawan

Luka sariawan tentu akan menurunkan selera makan, karena nyeri saat mengunyah makanan. Obati sariawan dengan minum rebusan daun zodia. Selain itu, perbanyak asupan vitamin C untuk mempercepat kesembuhan.

3. Mengharumkan bau badan

Bukan hanya daun sirih yang mampu menghilangkan bau badan tak sedap, zodia pun efektif untuk mengatasi masalah ini. Dengan rutin minum air rebusan daun zodia ternyata dapat menyebabkan bau tak sedap pergi dari tubuh anda. Orang Sentani biasanya menggunakan daun zodia sebagai parfum alami, dengan mengoleskan pada kulit mereka.

4. Membantu mengobati malaria

Senyawa aktif termasuk evodiamine dan rutaecarpine yang ada dalam daun zodia, mampu melawan infeksi virus penyebab penyakit malaria.

5. Meredakan demam

Daun zodia memiliki sifat sejuk sehingga dapat menurunkan panas tubuh yang terlalu tinggi. Ketika anak anda menderita demam, berikan rebusan air dari daun zodia.

6. Mencegah bau mulut

Untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, anda dapat mengunyah daun zodia yang masih segar kemudian buang ampasnya.

7. Meringankan sakit kepala

Jangan bingung mencari obat sakit kepala, cobalah ramuan tradisonal yang terbuat dari daun zodia. Cukup dengan merebus daunnya bersama air bersih selama beberapa menit, kemudian minum saat airnya masih hangat.

8. Mengatasi perut kembung

Gas yang menumpuk di lambung dapat menyebabkan perut kembung dan masuk angin. Daun dan bunga zodia dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi gangguan pada sistem cerna ini.

9. Mengobati diare dan disentri

Salah satu cara natural untuk menyembuhkan penyakit disentri adalah menggunakan daun zodia. Efek farmakologis dalam daun ini berkhasiat untuk melawan bakteri penyebab disentri.

10. Meningkatkan stamina dan energi

Ekstrak zodia juga berguna untuk mengembalikan stamina tubuh yang menurun, sehingga tubuh anda lebih berenergi.

Nah, itulah 10 manfaat daun zodia untuk kesehatan tubuh. Simak juga: 11 Manfaat daun wungu untuk mengobati penyakit berat! Anda pun dapat menanam bunga zodia di taman atau halaman rumah. Cukup dengan menaruh bijinya ke dalam tanah, atau menggunakan metode stek batang. Setelah bunganya tumbuh, pindahkan ke dalam pot-pot bunga.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Daun Zodia Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar