11 Tips Tetap Bugar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan

Hai, sobat kini sehat. Gimana kabar kalian hari ini? Apakah tetap sehat di hari ke sekian di bulan Ramadhan? Tubuh kita seharusnya tetap sehat dan bugar meskipun sedang berpuasa. Sayangnya banyak orang merasa tidak berenergi saat menjalani puasa. Tubuh terasa lemas lunglai, seolah otot dan tulang kehilangan kekuatannya.

11 Tips Tetap Bugar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan
Sebagian orang merasakan pusing dan pandangan kabur saat menjalani puasa di siang yang panas. Sebagian lagi justru mengalami penambahan berat badan secara drastis, karena mereka makan berlebihan saat berbuka puasa dan sahur.

Jadi, bagaimana puasa yang benar dan menyehatkan tubuh?

Puasa bukanlah sekedar mengubah jam makan saja. Jika anda menjalani puasa seperti itu, maka anda tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan dari puasa. Padahal, jika anda melakukan diet sehat ini dengan benar tentunya banyak manfaat akan anda peroleh.


11 Tips Tetap Bugar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan


Supaya tubuh tetap bugar saat menjalani puasa sebulan penuh, ikuti tips di bawah ini:

1. Makan sekali saja saat berbuka puasa

Jika anda makan terlalu banyak saat berbuka puasa ditambah lagi makan di tengah malam, maka sewaktu sahur anda akan kehilangan nafsu makan. Efeknya, tubuh akan merasa lemas sepanjang hari.

2. Hindari makanan yang terlalu lembek


Salah satu penyebab tubuh lemas saat berpuasa adalah makanan yang dikonsumsi terlalu lunak. Menu sahur dengan makanan lunak hanya akan membuat tubuh kurang energi di siang harinya.

3. Jangan kurangi aktivitas harian

Usahakan tetap menjalani rutinitas harian, tanpa bermalas-malasan. Dengan begitu, setelah bulan puasa berlalu maka tubuh anda lebih sehat dari sebelumnya. Aktivitas yang kurang di siang hari menyebabkan berat badan melonjak, karena lemak yang tersimpan dalam tubuh tidak dapat dibakar secara maksimal.

4. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah saat sahur

Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti mie instan, hanya akan membuat tubuh cepat lapar. Lebih lengkap: 13 Makanan yang harus dihindari saat diet

5. Cukupi kebutuhan serat harian anda

Jangan hanya menyantap makanan yang mengandung karbohidrat saja, saat sahur. Tambahkan juga buah dan sayur yang kaya akan serat. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat menjadi sumber serat yang baik. Asupan serat yang memadai akan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga tubuh berenergi sepanjang hari.

6. Minum jus buah

Pilih jus buah yang kaya akan vitamin C untuk diminum saat sahur. Vitamin ini sangat efektif untuk menjaga energi tubuh, sehingga anda tetap terlihat bugar selama berpuasa.

7. Penuhi kebutuhan protein

Kekurangan protein akan menyebabkan tubuh merasa lemas dan tidak berenergi. Perbanyak asupan protein saat makan sahur. Sumber protein dapat diperoleh dari telur dan ikan. Tempe dan tahu juga mengandung protein yang cocok dikonsumsi bagi vegetarian.

8. Lakukan olahraga ringan

Olahraga berguna untuk menjaga kinerja otot sehingga tidak menjadi kendur. Dengan olahraga ringan saat puasa, tubuh anda tetap bugar dan tidak kehilangan energi.

9. Sertakan juga lemak baik dalam menu sahur

Lemak baik atau disebut juga HDL dibutuhkan oleh tubuh untuk penyerapan gizi dari makanan. Sumber lemak baik dapat anda peroleh dari buah alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan minyak kelapa murni. Lemak baik juga akan diubah menjadi energi bagi tubuh.

10. Cukupi kebutuhan cairan

Perbanyak minum air putih saat berbuka puasa dan sahur. Selain untuk menjaga hidrasi tubuh, asupan air yang cukup akan menjaga energi tubuh selama puasa.

11. Kurangi asupan garam

Makanan asin akan membuat anda merasa cepat haus dan lapar. Bukan hanya itu, dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi. Dampak yang paling nyata adalah tubuh merasa lemas dan tidak berenergi.

Nah, itulah 11 tips tetap bugar dan tidak lemas saat berpuasa sebulan penuh. Jangan tinggalkan tarawih selama anda bisa, karena banyak manfaat kesehatan yang juga anda dapatkan darinya. Semoga anda lulus dalam menjalani diet sehat ini.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Tips Tetap Bugar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan"

Posting Komentar