10 Tips Supaya Tidak Mudah Terserang Flu

Cara Natural Sehat - Cuaca yang tidak menentu kadang mendung kadang panas, membuat seseorang dengan imunitas rendah mudah terserang flu. Sistem kekebalan tubuh bekerja keras untuk beradaptasi dengan perubahan iklim. Daya tahan tubuh yang rendah sangat rentan terinfeksi oleh virus influenza.

10 Tips Supaya Tidak Mudah Terserang Flu
Supaya tidak mudah terkena influenza, anda harus melakukan upaya pencegahan termasuk menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Flu merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus, sehingga terjadi infeksi pada saluran nafas. Gejala influenza seperti bersin-bersin, pilek, demam, nyeri otot, dan sakit kepala. Meskipun penyakit ini tergolong ringan dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tapi gejala yang timbul cukup menyiksa penderita.

Pastinya anda merasa tidak nyaman ketika di tengah banyak orang, kemudian salah seorang bersin-bersin secara tiba-tiba. Akan lebih tidak nyaman ketika anda sendiri yang menderita flu.


10 Tips Supaya Tidak Mudah Terserang Flu


Untuk mencegah flu, anda dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti di bawah ini:

1. Cukupi kebutuhan gizi

Diet yang sehat dan seimbang berorientasi pada kecukupan gizi dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Cukupi asupan protein, vitamin, dan mineral. Tubuh yang mendapatkan asupan nutrisi secara memadai, akan lebih kebal terhadap infeksi virus termasuk influenza.

2. Hirup udara segar

Dua atau tiga kali dalam seminggu, pergilah jauh dari kebisingan kota. Berkunjunglah ke pegunungan atau tempat yang belum tercemar oleh polusi. Udara segar yang mengandung banyak ion akan membuat daya tahan tubuh anda meningkat.


3. Jangan malas untuk cuci tangan

Virus influenza dapat terbawa oleh udara, saat seorang penderita bersin dan batuk-batuk. Cairan yang keluar saat bersin dapat menempel pada benda di sekitarnya dan bertahan selama sekitar 24 jam.

Jadi, cuci tangan anda terutam setelah menyentuh benda-benda yang sering digunakan oleh umum. Gunakan sabun antiseptik dan air hangat untuk mencuci jari-jari tangan dan kuku.

4. Jauhi penderita flu

Hindari berdekatan dengan penderita influenza, apalagi saat penderita sedang bersin-bersin dan batuk.

5. Vaksin flu

Jika daya tahan tubuh anda sangat rendah, mungkin diperlukan vaksinasi flu. Konsultasi dengan dokter apakah tindakan pencegahan ini penting bagi anda atau tidak.

6. Perbanyak asupan vitamin C

Virus flu tidak mampu untuk hidup di dalam sel yang ternutrisi oleh vitamin C pada kadar tinggi. Cukup dengan minum secangkir jus jeruk setiap hari, maka kebutuhan vitamin C harian telah terpenuhi.

7. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan tubuh anda. Asupan air yang cukup berguna untuk menjaga kelembaban lapisan tipis dalam hidung dan tenggorokan, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi virus.

8. Hindari stres

Menurut studi ilmiah, seseorang yang mengalami stres maka imunitas tubuhnya merosot. Stres dapat menghambat produksi molekul cytokine, sehingga kekebalan tubuh menurun. Kelola suasana hati anda dengan baik. Salah satu cara mengatasi stres adalah selalu berfikir positif.

9. Cukupi waktu tidur

Menurut penelitian oleh Archives of Internal Medicine, kekurangan waktu tidur setiap malam secara berulang-ulang membuat tubuh rentan dengan infeksi penyakit pernafasan. Durasi tidur yang cukup dibutuhkan oleh tubuh untuk memulihkan sistem imunitas.

10. Buatlah tubuh anda bergerak secara aktif

Penelitian oleh University of South Carolina menunjukkan bahwa olahraga ringan secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus influenza. Berbeda dengan orang yang kurang aktif bergerak.

Nah, itulah tips supaya tidak mudah terkena flu. Jangan hanya dibaca, tapi segera praktekkan. Kebugaran tubuh menjadi modal utama untuk menjalani semua aktivitas harian anda. Semoga tetap sehat dan bugar. Untuk pengobatan flu silahkan baca: 13 Cara Menyembuhkan Flu Dan Pilek Secara Alami

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Tips Supaya Tidak Mudah Terserang Flu"

Posting Komentar