10 Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Dengan Bahan Alami

Haid tidak teratur menjadi masalah serius bagi wanita. Menstruasi tidak lancar disebabkan oleh beberapa faktor yang mendasarinya, seperti perubahan hormon, kehamilan, atau penyakit tertentu. Jadi, untuk mengatasi kekacauan siklus menstruasi maka anda harus mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu.

10 Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Dengan Bahan Alami
Faktor penyebab haid tidak teratur

Setiap wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak sama tiap bulan, yaitu antara 21-35 hari. Siklus yang berlangsung 2 minggu lebih awal atau lebih lambat disebut tidak normal, apalagi situasi ini terjadi berulang-ulang dalam setahun. Perubahan siklus ini dapat dipicu oleh beberapa faktor umum seperti berikut ini:

Masa perimenopause

Wanita yang mengalami pra menopause akan terjadi perubahan hormon dalam tubuhnya, sehingga siklus haid menjadi tidak teratur.

Perubahan berat badan

Kenaikan berat badan yang drastis dapat menjadi indikasi terjadinya gangguan tiroid. Fungsi tiroid yang terganggu dapat menyebabkan lesu dan haid tidak teratur.

Demikian pula berat badan berkurang secara tiba-tiba akan berakibat kurangnya lemak untuk menghasilkan hormon haid. Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita anorexia dan bulimia.

Aktivitas berat

Rutinitas harian yang terlalu berat dapat mengganggu kelenjar hipotalamus, sehingga hormon menstruasi terpengaruh.

Stres berat

Seorang wanita yang mengalami tekanan berat akibat kejadian traumatis seperti dipecat dari pekerjaan atau situasi rumit lainnya dapat mengalami menstruasi tidak teratur. Pasalnya, hormon stres dapat memengaruhi produksi hormon menstruasi.

Kehamilan

Siklus haid yang terlewati menjadi pertanda umum bagi seorang ibu yang mengalami kehamilan. Kondisi ini biasanya juga terjadi pada ibu yang menyusui bayinya.

Penyakit kista dan diabetes

Kanker maupun jamur dapat menjadi penyebab siklus haid yang tidak teratur. Demikian pula kadar gula darah yang melonjak.

Gangguan pada rahim

Penderita polip atau myoma uteri sering mengalami menstruasi yang tidak normal. Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.


10 Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Dengan Bahan Alami


Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, terkait faktor penyebab yang mendasarinya. Untuk pengobatan secara tradisional dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan menstruasi yang belum parah. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati haid tidak teratur:

1. Jus labu

Datang bulan terlambat dapat diobati dengan minum jus labu secara rutin. Tentunya tidak ada penyakit tertentu yang anda alami.

2. Gel lidah buaya


Berbagai vitamin, asam amino, dan zat anti peradangan yang terdapat dalam lidah buaya efektif untuk mengatasi haid tidak teratur.

3. Cuka apel

Tambahkan cuka sari apel bersama salad, silahkan dikonsumsi secara teratur. Selain melancarkan haid, tubuh pun menjadi sehat dan pencernaan lancar.

4. Jus wortel

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, dengan minum jus wortel secara teratur akan mencegah siklus haid yang tidak teratur.

5. Pepaya

Untuk melancarkan siklus menstruasi, minumlah jus pepaya setiap hari selama seminggu sebelum periode bulanan.

6. Jeruk nipis

Untuk mengobati menstruasi yang tidak lancar, campur 2 sendok makan perasan jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni. Tuangkan ke dalam segelas air hangat, aduk sampai merata. Minuman ini untuk dikonsumsi di pagi, sore, dan malam hari.

7. Perbanyak konsumsi buah anggur

Vitamin dan mineral penting dalam buah ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, tapi juga mampu melancarkan siklus haid.

8. Wedang jahe

Seduh rimpang jahe bersama segelas air hangat, tambahkan madu. Minuman sehat ini membantu untuk melancarkan siklus menstruasi yang kacau.

9. Biji wijen

Rendam biji wijen selama semalam, minum keesokan harinya sebelum sarapan pagi. Lakukan selama 7 hari sebelum periode menstruasi.

10. Jintan hitam

Ramuan tradisional untuk mengatasi haid tidak teratur dapat dibuat dari beberapa bahan alami yang tersedia di sekitar kita. Siapkan daun dan bunga srigading, ¾ sdt jintan hitam, 2 bunga kusumba yang sudah dikeringkan, ½ sdt adas, air perasan dari 2 buah jeruk nipis, ½ jari pulosari, dan sedikit gula batu. Iris-iris semua bahan, kemudian rebus bersama 3 gelas air sampai mendidih selama beberapa menit. Tunggu sampai airnya dingin, minum 3 kali dalam sehari dengan takaran ¾ gelas.

Tips tambahan

Olahraga teratur sangat membantu dalam mengatasi gangguan menstruasi. Mulailah dengan jogging setiap pagi dan renang 2 kali dalam seminggu.

Berfikirlah positif dan kelola suasana hati supaya anda terhindar dari stres. Singkirkan dendam dan iri di dalam hati anda. Selesaikan masalah pribadi satu persatu, sehingga fikiran anda menjadi tenang dan sirkulasi darah lebih lancar.

Nah, itulah 10 cara mengatasi haid tidak lancar menggunakan bahan alami. Jika kondisi berlanjut, segera konsultasi dengan dokter untuk pengobatan yang lebih efektif. Pelajari juga: 7 cara mengatasi nyeri haid secara alami dan tradisional

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Dengan Bahan Alami"

Posting Komentar