5 Cara Efektif Untuk Mengatasi Kepikunan Dini

Daya ingat sangat dibutuhkan untuk menunjang semua aktivitas sehari-hari. Kepikunan dapat menimbulkan berbagai masalah dalam kehidupan. Semua rencana yang telah disusun dengan baik, dapat menjadi berantakan akibat ingatan yang jelek. Memori otak yang kuat diperlukan oleh semua orang, khususnya di usia produktif. Sayangnya kepikunan dapat dialami oleh seseorang di usia muda, yang seharusnya punya daya ingat yang baik.


5 Cara Mengatasi Kepikunan Dini
Penyakit mudah lupa menjadi sulit diobati, tanpa cara penanganan yang tepat. Kepikunan biasanya dialami oleh usia lanjut, namun kini tidak sedikit orang muda yang memiliki daya ingat yang rendah. Gaya hidup dan pola makan bisa menjadi faktor penyebab, apakah seseorang punya memori otak yang kuat atau sebaliknya. Artikel sebelumnya: Tips Efektif Melenyapkan Insomnia Dengan Mudah!

Penyebab umum kepikunan

Di bawah ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang kehilangan daya ingat di usia dini:

1. Kurang waktu tidur

Salah satu syarat dari pola hidup sehat adalah tidur cukup. Malam hari merupakan waktu ideal bagi tubuh untuk beristirahat, sehingga kinerja organ tubuh pulih kembali. Demikian pula otak akan lebih sehat dengan istirahat yang cukup. Namun bagi sebagian orang, malam hari justru dijadikan sebagai waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Begadang tidak baik terhadap daya ingat seseorang. Otak akan mengalami kekacauan untuk menyimpan informasi, sehingga memicu risiko kepikunan dini.

2. Stres dan depresi

Tekanan ataupun stres yang diderita oleh seseorang dapat menurunkan kemampuan berfikir dan daya ingatnya. Konsentrasi dan kemampuan otak dalam menyimpan memori dapat menurun akibat stres. Depresi dapat timbul karena masalah keluarga, pekerjaan, atau masalah pribadi lainnya.

3. Otak malas untuk berfikir

Ketika tertimpa sebuah masalah, sebagian orang malas memikirkan cara memecahkannya. Kebiasaan menghiraukan masalah dapat menurunkan kemampuan otak dalam berfikir, sehingga respon otak menjadi lambat dan lemah.

Solusi untuk masalah kepikunan sangat terkait dengan penyebab yang telah disebutkan di atas. Anda dapat memeriksa dan mencocokkan masalah yang terjadi.


5 Cara efektif untuk mengatasi kepikunan dini


Di bawah ini adalah cara menguatkan daya ingat sehingga terhindar dari penyakit kepikunan dini:

1. Mengasah ketajaman otak dengan terus belajar

Palajari pengetahuan baru yang disukai, sesuai minat Anda. Lebih bagus lagi jika terlibat dengan bergabung ke dalam grup yang memiliki minat sama. Diskusilah secara aktif di dalam komunitas tersebut. Alternatif lainnya adalah dengan rajin mempelajari berbagai informasi bermanfaat yang bertebaran di Internet.

2. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Selain mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, fungsi lain dari antioksidan adalah melindungi sel otak. Makanan yang kaya akan antioksidan seperti bayam, blueberry, kismis, bawang putih, strawberry dan buah berry lainnya.

3. Hirup Nafas panjang

Sesekali menarik nafas dalam-dalam akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Oksigen yang masuk ke dalam darah dan otak akan meningkatkan kemampuan berfikir. Darah yang kekurangan oksigen akan berakibat menurunkan fungsi otak. Lakukan olahraga pernafasan di luar ruangan. Jika memnungkinkan, lakukan latihan di area yang jauh dari polusi udara.

4. Melatih otak dengan permainan


Permainan yang bersifat tebak-tebakan seperti teka-teki silang ataupun sudoku dapat membantu meningkatkan daya ingat otak. Anda dapat melakukannya ketika memiliki waktu luang, di luar jam kerja.

5. Waktu tidur yang cukup

Seperti disebutkan di atas, kekurangan tidur dapat melemahkan kinerja otak sehingga memicu kepikunan dini. Durasi tidur yang proporsional menurut ahli kesehatan adalah sekitar 7 hingga 8 jam per hari. Cukupi waktu tidur Anda supaya kinerja otak terjaga, serta kemampuan otak meningkat.

Demikian cara menguatkan daya ingat dan mencegah kepikunan dini yang mudah dilakukan. Gaya hidup sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak Anda, demikian pula konsumsi makanan sehat.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "5 Cara Efektif Untuk Mengatasi Kepikunan Dini"

Posting Komentar