10 Manfaat Olahraga Pagi Yang Menakjubkan

Olahraga di pagi hari sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Aktivitas seharian akan penuh energi, jika diawali dengan olahraga pagi. Berbagai jenis latihan dapat dilakukan seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda. Meskipun ringan dan sederhana, memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

10 Manfaat Olahraga Pagi yang Menakjubkan


1. Meningkatkan peredaran darah

Olahraga ringan di pagi hari misalnya berjalan kaki merupakan bentuk latihan kardio ringan, dengan meningkatkan detak jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh jaringan tubuh. Dengan latihan secara teratur maka sirkulasi darah lancar, mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol tubuh.

2. Meningkatkan stamina dan kekuatan otot

Dengan melakukan jogging setiap hari akan meningkatkan sirkulasi darah dan daya tahan otot, sehingga meningkatkan stamina tubuh secara total. Olahraga pagi secara teratur tidak menyebabkan lelah di siang hari.


10 Manfaat Olahraga Pagi Yang Menakjubkan
Foto: mirror.co.uk

3. Sistem metabolisme tubuh akan meningkat

Metabolisme di dalam tubuh mengalami perlambatan ketika tidur. Dengan aktif berolahraga pagi dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

4. Aktivitas harian lebih semangat dan fikiran lebih fokus

Olahraga di waktu pagi dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan dan rasa bahagia, sepanjang hari. Untuk memulainya memang perlu perjuangan berat, melawan rasa kantuk dan malas. Jika Anda telah terbiasa dengannya, bangun pagi selanjutnya akan lebih mudah dan bersemangat. Ketika sedang bekerja, fikiran pun menjadi lebih fokus.

5. Mencegah Hipertensi


Beberapa penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa dengan latihan di pagi hari akan meningkatkan suasana hati dan rasa bahagia secara total. Ini berarti juga mencegah tekanan darah tinggi, khusunya yang dipicu oleh stres. Efektivitas olahraga termasuk melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan jantung, sehingga mencegah risiko hipertensi kronis.

6. Meningkatkan Memori otak

Olahraga dengan teratur dapat meningkatkan kemampuan mental dan fokus, sampai  10 jam setelah melakukan latihan. Sebaiknya jangan lakukan latihan setelah bekerja, karena biasanya seseorang akan tertidur setelahnya.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Rajin berjalan di pagi hari mampu membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah penelitian oleh Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, menyimpulkan bahwa olahraga pagi sangat membantu memperbaiki kualitas tidur di malam hari.

8. Menjaga kadar gula darah

Cara terbaik untuk mencegah diabetes dan gangguan insulin, adalah berolahraga dengan rutin. Sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal American Medical Association menyebutkan bahwa dengan latihan di pagi hari secara rutin umumnya kadar gula darah di dalam tubuh menjadi normal.


Manfaat olahraga pagi untuk kecantikan


9. Menyehatkan kulit tubuh

Radikal bebas dan polusi udara dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Kulit tubuh butuh bernafas di udara bebas yang jauh dari polusi. Ini dapat diperoleh dengan berjalan kaki di pagi hari. Kabut pagi sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit, demikian pula vitamin D yang diserap oleh tubuh. Ketika tubuh berkeringat, pori-pori kulit akan terbuka dan menjadi bersih. Kondisi ini menyebabkan kulit lebih sehat, hanya dengan latihan teratur selama beberapa hari.

10. Menurunkan Berat Badan

Dengan berolahraga di pagi hari, lemak di dalam tubuh akan terbakar sehingga terhindar dari kegemukan. Awali dengan minum air ketika bangun tidur. Lakukan pemanasan ringan, kemudian jogging. Agar tidak membosankan, berlarilah ketika pulang ke rumah.

Itulah beberapa manfaat olahraga pagi untuk kesehatan maupun kecantikan. Semua orang tentu menginginkan memiliki tubuh yang bugar, kuat dan sehat. Baca: 9 Latihan Untuk Mengecilkan Perut Buncit. Jadi, hapus semua kemalasan yang membelenggu fikiran Anda.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Olahraga Pagi Yang Menakjubkan"

Posting Komentar