Ramuan Herbal Menggunakan Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit

Ciplukan adalah tanaman perdu yang mudah dijumpai di ladang, sawah dan semak-semak. Ciplukan umumnya tumbuh di satu musim secara liar. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Physalis angulata, dengan ciri khusus buahnya tertutup oleh kelopak bunga. Daunnya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengatasi bisul, menurunkan kadar gula darah, meredakan sariawan, dan banyak lagi.

Ramuan Herbal Menggunakan Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit


1. Melawan Flu dan radang tenggorokan

Ambil beberapa lembar daun ciplukan untuk dipotong-potong, rebus bersama air hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya, setelah dingin.

2. Mengobati luka borok

Untuk mengeringkan luka borok, caranya tidak sulit. Tumbuk daun ciplukan menggunakan alu, oles pada luka yang meradang. Dengan cara alami ini dapat membuat borok cepat kering.


Ramuan Herbal Menggunakan Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit
foto buah ciplukan: koshkinsad.ru

3. Mengatasi Bisul

Daun ciplukan memeiliki anti peradangan, sehingga dapat mengobati bisul di kulit. Sediakan 20gram daun ciplukan, 1 sdt adas pulosari 1, 2 lembar daun sirih, dan garam secukupnya. Tumbuk semua bahan hingga halus, aduk dan oles pada bagian tubuh yang bermasalah.

4. Mengobati batuk rejan (Pertusis)

Nutrisi yang ada di dalam daun ciplukan dapat meredakan batuk rejan secara bertahap dan pelan, tapi tidak kambuh lagi.

5. Mengobati Sariawan

Di balik selimutnya, buah ini kaya vitamin C yang bermanfaat untuk meredakan sariawan. Konsumsi buahnya secara teratur, dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

Catatan : Ramuan yang diperoleh dengan merebus air daun ciplukan, harus diganti setelah 24 jam karena nutrisi di dalamnya telah rusak.


Manfaat Ciplukan Untuk mengobati penyakit berat


6. Menurunkan tekanan darah

Rebus 10gram ciplukan kering bersama 150 ml air selama ¼ jam. Saring airnya, biarkan dingin. Minum sebanyak 2 kali, di pagi dan sore hari.

7. Menurunkan kadar gula darah


Daun ciplukan juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis. Caranya cukup mudah. Jemur tanaman ciplukan di bawah sinar matahari. Ambil 20gram ciplukan kering, rebus dengan 3 gelas air sampai airnya mendidih selama beberapa menit. Angkat dan saring airnya, biarkan dingin. Minum ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari, di pagi dan sore hari secara rutin. Lakukan hingga kadar gula darah menjadi normal.

8. Menurunkan risiko Epilepsi

Air rebusan daun ciplukan juga efektif dalam menurunkan risiko penyakit epilepsi, jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan dengan minum airnya secara teratur, kemungkinan penyakit epilepsi untuk kambuh lebih kecil.

9. Meredakan Penyakit Paru-Paru Basah

Daun ciplukan juga sangat berkhasiat bagi penderita penyakit paru-paru basah. Cara menggunakan ramuan ini, dengan minum air daun ciplukan yang telah direbus hingga mendidih ketika dingin. Lakukan dengan teratur, untuk mengurangi sakit akibat paru-paru basah.

10. Mengatasi gangguan pada kelenjar getah bening

Minum air rebusan ciplukan dingin, dapat mengobati kelenjar getah bening yang bengkak. Konsumsi secara rutin diimbangi dengan banyak minum air, agar efektivitas ramuan bekerja secara maksimal.

11. Mengobati penyakit Gondok

Daun ciplukan efektif dalam meredakan radang, serta mengurangi nyeri akibat penyakit gondok. Penyakit ini menyerang kelenjar di bawah leher, sehingga membengkak. Rasa nyeri akibat penyakit ini dapat diredakan dengan minum air daun ciplukan yang telah direbus.

Itulah beberapa manfaat daun ciplukan yang sangat berguna untuk melawan berbagai jenis penyakit, ringan hingga berat. Konsultasi dengan dokter dan pakar herbal, untuk mengetahui dosis yang tepat terhadap tiap penyakit. Baca juga: 9 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Ramuan Herbal Menggunakan Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit"

Posting Komentar