11 Cara Merawat Rambut Keriting Dengan Smoothing Yang Awet

Banyak wanita ingin meluruskan rambut dengan melakukan rebonding ataupun smoothing. Kedua perawatan rambut ini dapat membuat rambut lurus, lembut dan gampang diatur. Perlu diketahui tentang perbedaan rebonding dan smoothing. Jika rebonding bertujuan untuk meleuruskan rambut, smoothing berguna untuk melemaskan dan melembutkan rambut.


11 Cara Merawat Rambut Keriting Dengan Smoothing Yang Awet
Waktu pengerjaan rebonding lebih lama sekitar satu jam, dibandingkan smoothing. Rebonding menggunakan krim yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada rambut dan membuatnya lembut, kemudian dicatok. Sedangkan smoothing tidak menggunakan alat catok, hanya sisir biasa.

Rebonding akan menghasilkan rambut lurus secara permanen, namun terlihat kaku dan tajam seperti jarum. Sedangkan smoothing tidak terlalu lurus, sehingga dapat diubah bentuknya. Rebonding cocok untuk rambut ikal, sedangkan smoothing cocok untuk rambut yang agak bergelombang, mengembang, atau keriting.


11 Cara Merawat Rambut Keriting dengan Smoothing Yang Awet


Kali ini mengenai cara merawat rambut keriting / tidak lurus supaya menjadi rambut lurus dan cantik dengan teknik smoothing. Apalagi bagi wanita Asia, memiliki rambut lurus, hitam dan berkilau merupakan suatu impian. Apapun mereka lakukan, namun banyak wanita yang belum mengetahui cara merawat rambut keriting atau bergelombang dengan benar.

1. Terapkan masker rambut

Setelah bahan yang digunakan untuk smoothing meresap dengan sempurna ke rambut, silahkan keramas menggunakan shampo yang biasa anda gunakan. Menggunakan shampo khusus rambut lurus akan lebih baik. Keringkan rambut dengan handuk lembut dengan cara ditepuk, kemudian gunakan masker rambut. Oleskan secara merata dari batang sampai ujung rambut. Lakukan cara ini setiap seminggu, untuk memberikan nutrisi pada rambut. Biasakan untuk membilas rambut setelah masker menempel selama 10 menit. Baca: 9 Cara Membuat Masker Alami Untuk Kecantikan!

2. Tidak keramas setelah smoothing

Setelah selesai melakukan smoothing pada rambut, jangan mencuci rambut menggunakan shampo sebelum lewat 3 hari. Jika rambut terkena air, kemungkinan obat pelurus akan luntur sehingga rambut kembali ke bentuk semula.


3. Mencuci rambut setiap seminggu

Agar rambut tetap lurus dan lembut lebih lama, cuci rambut anda sebanyak 4 kali dalam 1 bulan. Pilihlah shampo yang cocok dengan jenis rambut Anda, untuk mencegah kerusakan rambut.

4. Hindari Mengikat atau Menjepit Rambut

Biarkan rambut anda terurai ke bawah, lepas dari ikatan ataupun jepitan. Dengan mengikat rambut, akan menimbulkan bekas berupa gelombang.

5. Hindari menggunakan Hair Dryer

Setelah mencuci rambut ataupun menggunakan masker rambut, jangan memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut Anda. Penggunaan alat ini justru akan merusak rambut. Gunakan handuk lembut, tepuk-tepukkan pada rambut hingga kering.

6. Lakukan trim pada rambut

Jika ada ujung rambut yang nampak bercabang dan kasar, lakukan pemotongan. Pangkas ujung rambut paling tidak sebulan sekali, namun jika rambut tidak bercabang biarkan panjang.

7. Hindari terlalu sering mencatok rambut

Dalam teknik smoothing, penggunaan alat catok tidaklah sesering rebonding. Mencatok rambut hanya akan membuat rambut menjadi rusak dan kering. Jika terpaksa mencatok rambut, selalu gunakan pelembab rambut (hair moisturizer).

8. Hindari sisir plastik yang rapat

Sisir yang bergigi rapat dapat menyebabkan rambut rontok atau patah, jadi gunakan sisir yang bergigi jarang. Penggunaan sisir yang terbuat dari plastik dapat menimbulkan efek listrik statis yang kurang baik bagi kesehatan rambut.

9. Rawat rambut dengan creambath

Dengan melakukan creambath, dapat memberikan nutrisi dan vitamin pada rambut, sehingga rambut lebih sehat. Lakukan perawatan ini seminggu sebanyak 2 kali.

10. Gunakan sarung bantal yang terbuat dari bahan satin

Bahan satin dapat mencegah kekusutan rambut. Dengan menggunakan bahan ini, rambut akan terlihat rapi dan tidak kusut ketika bangun tidur.

11. Hindari mewarnai rambut

Cat rambut umumnya mengandung zat kimia yang tidak cocok untuk rambut smoothing. Tunggulah sampai 3 bulan, jika ingin mengecat rambut Anda.

Demikian Cara merawat rambut bergelombang dengan tehnik Smoothing supaya bertahan lama dan awet. Baca juga: 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami. Tips kecantikan ini diharapkan membantu mengatasi masalah rambut bergelombang, keriting, ataupun kasar. Sehingga meningkatkan kecantikan rambut Anda.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Cara Merawat Rambut Keriting Dengan Smoothing Yang Awet"

Posting Komentar