6 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Bahan Alami

Kesehatan rambut tidak dapat diabaikan, terutama bagi wanita. Semua orang tidak ingin mengalami rambut rontok, yang pada akhirnya menimbulkan kebotakan. Secantik apapun wanita, jika ketika rambutnya rontok setiap hari tentu akan khawatir kehilangan mahkotanya. Nah, bagaimana jika rambut menipis hari demi hari?


6 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Bahan Alami
Penyebab Kebotakan

Kepala botak disebabkan oleh rambut rontok yang berlangsung secara terus-menerus. Berikut beberapa penyebab umum kebotakan pada kepala:

Kekurangan asupan protein

Tubuh memerlukan asupan nutrisi terutama protein, salah satunya untuk menjaga kesehatan rambut. Rambut tersusun oleh keratin, salah satu jenis protein. Jadi, kekurangan asupan protein jelas sangat berpengaruh terhadap kekuatan rambut.

Stres

Tidak hanya orang tua, stres dapat menimpa di usia muda. Stres kronis akan mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang pada akhirnya menyebabkan rambut rontok.

Gejala penyakit tertentu

Beberapa jenis penyakit dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

Kebanyakan konsumsi nikotin

Nikotin dapat mengecilkan pembuluh darah, sehingga menghambat pertumbuhan rambut dan nutrisi yang dibutuhkan rambut tidak tersalurkan dengan baik.

Minuman keras

Penyerapan zat besi dan zinc akan terganggu oleh minuman keras. Padahal, kedua zat ini sangat diperlukan oleh rambut.

Cara mudah untuk mencegah kebotakan


  • Ketahui riwayat rambut Anda, apakah ada garis keturunan yang berkepala botak.
  • Berhenti untuk menyiksa rambut Anda, seperti mengikat terlalu lama atau menggunakan hairdryer terlalu sering.
  • Pilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan tipe rambut, seperti kondisioner dan shampo.
  • Penuhi asupan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung kesehatan rambut, seperti zat besi, zinc, asam folat, vitamin B1, provitamin B5, dsb.


6 Cara menumbuhkan rambut botak dengan bahan alami


1. Minyak zatun

Cukup terapkan minyak zaitun sebanyak 4 tetes pada rambut, untuk menjaga kesuburannya. Minyak zaitun efektif dalam menumbuhkan rambut yang rontok dan rapuh.


2. Biji kemiri

Khasiat minyak kemiri telah dikenal untuk menghitamkan rambut, serta meningkatkan kesuburan rambut. Untuk mengatasi kebotakan, ambil biji kemiri untuk dibakar sampai hangus. Giling biji kemiri yang telah hangus, usapkan ke rambut secara merata. Lakukan sebelum tidur malam, bungkus kepala dengan topi mandi untuk mencegah bantal menjadi kotor. Cuci rambut Anda keesokan harinya menggunakan shampo. Baca: 9 Manfaat Kemiri Untuk Mengobati Penyakit Secara Alami!

3. Kuning telur

Cara tradisional untuk menumbuhkan rambut yang mengalami kebotakan adalah menggunakan kuning telur. Aplikasikan kuning telur ke pangkal hingga ujung rambut, merata semua bagian. Pijat kepala dengan lembut, biarkan telur melekat selama 15 menit. Jangan lupa untuk mencuci rambut memakai shampo, supaya bau amis dari telur hilang. Perawatan ini baik dilakukan sebanyak 4 kali dalam seminggu. Hasilnya akan terlihat setelah beberapa bulan.

4. Kulit buah apel

Antioksidan banyak terkandung di dalam buah Apel. Beberapa zat penting di dalamnya dangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki kualitasnya.

5. Santan

Santan telah lama dikenal manfaatnya untuk menyuburkan rambut. Cara melebatkan rambut rontok akibat kebotakan, dapat menggunakan bahan masakan ini. Cukup dengan membasahi rambut dengan santan secara merata. Tutupi kepala dengan handuk hangat, biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih dan shampo. Perawatan alami ini bukan hanya meningkatkan pertumbuhan rambut, tetapi juga akan membuat rambut menjadi lembut dan bersinar. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, setidaknya 3 kali dalam seminggu.

6. Cuka

Manfaat cuka termasuk mencegah dan menyingkirkan ketombe dari kulit kepala. Ketombe merupakan salah satu penghambat pertumbuhan rambut.

Itulah 6 bahan alami yang dapat mengobati kebotakan. Menarik: 11 cara menebalkan rambut dengan bahan tradisional. Perlu diperhatikan untuk memenuhi asupan gizi dan menjaga pola hidup sehat. Hindari stres, perbanyak olahraga. Gaya hidup sehat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, juga rambut.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Bahan Alami"

Posting Komentar