11 Manfaat Lempuyang Sebagai Obat Alami

Lempuyang merupakan salah satu rempah yang banyak tumbuh di pedesaan, sering digunakan sebagai minuman jamu maupun obat herbal, terkait senyawa penting yang terdapat di dalamnya. Rempah ini kaya akan minyak atsiri, yaitu limonen dan zerumbon (zat anti kejang).


11 Manfaat Lempuyang Sebagai Obat Alami
Lempuyang wangi sering juga digunakan sebagai campuran obat. Masyarakat jawa tentu tidak asing dengan jamu cabe puyang, minuman segar yang berbahan lempuyang. Manfaat lempuyang cukup dikenal di dunia herbal, untuk melawan sel-sel kanker dengan melakukan induksi apoptosis.

Sebuah studi di Jepang mengungkapkan bahwa ekstrak lempuyang efektif dalam menghambat tumbuhnya sel-sel melanoma.

Fakta Nutrisi Lempuyang

Senyawa bioaktif yang terdapat di dalam rimpang lempuyang telah diteliti sejak tahun 1944, sehingga identifikasi minyak esensial dari rempah ini didapat. Minyak alami ini banyak terdapat di akar seperti kamper, nerolidol, juga zerumbon yang ditemukan di daunnya. Nutrisi lain yang ada di dalam lempuyang seperti flavonoid, seskuiterpenoid, senyawa aromatik, vanili, kaempferol, fenolik, saponin, dan terpenoid

Sifat tanaman lempuyang

Anti-inflamasi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak rimpang yang larut di dalam air merupakan inhibitor yang kuat pada peradangan akut.

Anti-Asma

Senyawa yang dikandungnya dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh, pada penderita Asma.

Antipiretik / analgesik

Rimpang ini mengandung etanol, sehingga bersifat analgesik dan antipiretik. Cocok digunakan untuk menahan rasa sakit,

Anti Tumor / Anti kanker

Zat zerumbon yang ada di dalam rempah ini dapat menurunkan aktivasi Epstein-Barr virus.

Lempuyang dapat digunakan sebagai obat cacing, anti ketombe, anti mikroba, atau menghaluskan kulit.


11 Manfaat Lempuyang Sebagai Obat Alami


1. Meningkatkan nafsu makan

Sediakan 1 jari lempuyang wangi, parut setelah dicuci. Tuangkan secangkir air masak dan garam. Selanjutnya diperas dan disaring. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari.

2. Mengobati Sakit Empedu

Untuk mengatasi penyakit ini, cukup dengan menumbuk lempuyang kemudian diperas airnya. Minum airnya sekaligus.

3. Meredakan Diare dan Disentri

Ambil rimpang lempuyang secukupnya dan sedikit kapur, tumbuk dan tambahkan air. Peras, minum airnya. Baca: 7 Cara Mengobati Diare Dengan Cepat Dan Alami!

4. Mengobati kejang dan sakit perut pada anak-anak

Sediakan kunyit, lempuyang, dan bengle. Tumbuk ketiga bahan hingga halus, balurkan pada perut. Untuk pengobatan dari dalam, rebus semua bahan sampai mendidih kemudian minum airnya setelah dingin.

5. Mengobati Batuk Rejan


Campur lempuyang pahit dengan bawang merah yang telah dipanggang dan kayu manis cina. Selanjutnya, tumbuk dan peras untuk mendapatkan airnya. Minum air perasaan ini.

6. Mengobati gatal yang disebabkan alergi terhadap makanan laut

Rimpang lempuyang diiris-iris, seduh dengan air panas. Minum ramuan ini setiap hari sampai alergi hilang.

7. Membantu mengobati TBC

Sediakan segenggam akar lempuyang wangi untuk dicuci hingga bersih. Rimpang dipotong-potong, rebus bersama lima gelas air sehingga air menyusut setengahnya. Minum sebanyak dua kali sehari.

8. Mengobati Borok

Siapkan lempuyang, sedikit kapur dan menyan. Campur semua bahan, tumbuk hingga lumat. Tuangkan air bersamanya, minum untuk membersihkan darah dari dalam tubuh.

9. Mengobati malaria

Sediakan lempuyang seukuran jari tangan, haluskan. Ambil buah nanas, parut kemudian peras untuk mendapatkan airnya. Campur lempuyang yang telah lumat dengan secangkir air nanas. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari, masing-masing dua gelas. Ramuan ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap malaria.

10. Mengobati nyeri pada kaki akibat encok

Tumbuk lempuyang pahit, campur dengan abu dapur dan minyak kelapa. Oleskan ke area tubuh yang membengkak dan terasa sakit.

11. Meredakan sakit akibat Rematik

Lempuyang wangi dicampur dengan cabai jawa dan nasi kering, lumatkan. Tempelkan pada area tubuh yang merasakan sakit.

Itulah 11 Manfaat lengkuas sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa penyakit. Simak juga: 10 Manfaat adas pulosari sebagai obat herbal. Anda dapat berkunjung ke wilayah pedesaan untuk mengetahui wujud asli dari tanaman ini.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Manfaat Lempuyang Sebagai Obat Alami"

Posting Komentar